jawabanonlineAvatar border
TS
jawabanonline
5G Saja Sudah Luar Biasa, 6G Akan Datang Sebentar Lagi!
Jawaban.Online | Apakah kalian sudah puas menggunakan 4G? Jika belum maka sudah ada 5G yang tersedia. Yang luar biasanya lagi, 6G akan segera datang! Yuk simak lengkap informasinya bersama kami disini.

Saat ini kehadiran jaringan 5G komersial di seluruh dunia masih belum merata. Tapi ini tidak menghentikan Samsung untuk memulai penelitian tentang 6G.

Samsung Electronics baru-baru ini menerbitkan white paper berjudul 'The Next Hyper-Connectes Experience for All' yang menjabarkan visi 6G mereka. Dalam white paper ini, Samsung memperkirakan komersialisasi jaringan 6G akan dimulai pada tahun 2028 dan akan menjadi mainstream pada tahun 2030.

"Untuk 6G, kami perkirakan ITU-R akan memulai tugas mereka untuk mendefinisikan visi 6G pada tahun 2021," tulis Samsung dalam paper tersebut seperti dari Android Authority, Kamis (16/7/2020).

"Dengan mempertimbangkan percepatan pengembangan standar teknis untuk setiap generasi baru, kami berharap penyelesaian standar 6G dan komersialisasi bisa terjadi pada awal 2028, sementara komersialisasi besar-besaran dapat terjadi sekitar 2030," sambungnya.

Perkembangan teknologi jaringan dari generasi ke generasi memang membutuhkan waktu yang makin cepat. Butuh 15 tahun untuk mendefinisikan 3G dan delapan tahun untuk 5G, dan tren akselerasi ini akan berlanjut ke 6G.

Jaringan generasi baru ini juga akan 20 kali lebih ngebut dibanding 5G. Tidak hanya dari segi kecepatan tapi juga latensi yang lebih rendah.

"Sementara 5G dirancang untuk mencapai kecepatan data tertinggi 20Gbps, dalam 6G, kami bertujuan untuk memberikan kecepatan data tertinggi 1.000Gbps dan pengguna bisa menjajal kecepatan data 1Gbps," jelas Samsung.

Sedangkan untuk latensi, raksasa asal Korea Selaran ini menargetkan penurunan latensi dari 1 milidetik di 5G menjadi di bawah 100 milidetik di 6G. Latensi yang makin rendah ini akan membuat jaringan menjadi lebih stabil untuk layanan yang sensitif terhadap latensi seperti operasi jarak jauh.

Samsung mengatakan 6G tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh manusia, tapi juga bisnis dan mesin. Mereka pun menjabarkan beberapa use cases yang bisa memanfaatkan jaringan ini seperti extended reality (XR) yang lebih imersif, hologram high-fidelity dan teknologi Digital Replica.

Jaringan 5G memang masih jauh dari kenyataan, tapi Samsung bukan satu-satunya vendor yang mulai meneliti jaringan generasi keenam ini. Ericsson, Huawei dan Xiaomi juga telah memulai penelitian untuk pengembangan 6G.

[hr]

Nah bagaimana menurut kamu? Sudah siap menggunakan 6G sebentar lagi?

Simak informasi terbaru lainnya hanya di Jawaban.Online!

Diubah oleh jawabanonline 17-11-2021 17:20
botzilla
makiinun
thebavarian.90
thebavarian.90 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.