serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Seputar Wajib Militer di Korea Selatan


HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Buat para pecinta drama atau lagu Korea, pasti sudah tidak asing, kan, dengan istilah "wamil"? Ya, wamil--singkatan dari wajib militer adalah suatu kebijakan yang mewajibkan laki-laki di Korea Selatan untuk mengikuti pelatihan militer. Termasuk para aktor dan idol pria, mereka juga mengikuti wajib militer.

Hayo ngaku! Siapa yang galau ketika idola dan biasnya hiatus karena ikut wamil? Hehe.

Sebenarnya, wamil itu apa, sih? Terus siapa yang wajib ikut? Siapa yang bisa bebas dari kewajiban? Berapa lama? Nah, pertanyaan-pertanyaan itu akan segera terjawab di threadane kali ini. Simak sampai habis, ya!

Cekidot!

1. Sejak Kapan Wamil Diberlakukan?


Korean war ilustration

Pertanyaan yang mungkin bergelantung di benak para Kpopers adalah, "Emang sejak kapan, sih, pria Korea Selatan diwajibkan ikut pelatihan militer?"

Tahukah, Gansis? Dulu, Korea hanyalah satu negara loh. Yaitu, Semenanjung Korea. Namun, setelah kekalahan Jepang di Perang Dunia II, membuat negara superpower yang menjadi pemenang--Sekutu dan Uni Soviet--membagi Semenanjung Korea menjadi dua. Sekutu di Semenanjung Korea bagian selatan dan Uni Soviet di bagian utara.

Tahun 1948, Sekutu mengajukan permintaan kepada PBB untuk menentukan kedaulatan Korea. Hal itu pun diaminkan oleh PBB. Namun, sayangnya Uni Soviet menolak usulan itu. Akhirnya, pihak selatan membangun pemerintahannya sendiri di Seoul dan berdirilah negara Korea Selatan dibawah pimpinan Syngnam Rhee. Tak lama kemudian, pihak utara pun mengikuti jejak itu. Mereka menjadikan Pyongyang sebagai ibu kota dan Kin II Sung sebagai perdana menteri.



Sejak pemisahan itu, hubungan Sekutu dan Uni Soviet menjadi tidak akur. Hal ini pun menyulut perang saudara--antara Selatan dan Utara--yang sangat panas. Terjadi pada Juni 1950-1953, membuat sekitar 2,5 juta nyawa gugur karenanya. Karenanya, gencatan senjata pun dilakukan yang kemudian menyebabkan hubungan Korsel dan Korut jadi semakin renggang, dan kemudian menimbulkan perang dingin.

Hingga saat ini, perang dingin itu masih belum menemukan penyelesaian. Hal inilah yang menyebabkan Korea Selatan menerapkan wajib militer untuk setiap warga laki-lakinya--dimulai sejak tahun 1957--sebagai antisipasi, bila Korea Utara tiba-tiba melakukan serangan mendadak.

***

2. Siapa Saja yang Wajib Ikut Wamil?



Peraturan di Korea Selatan, seluruh laki-laki berkebangsaan Korea Selatan yang sudah menginjak usia 18 tahun, wajib ikut wamil. Namun, mereka boleh menundanya dengan alasan pekerjaan, pendidikan, atau belum siap. Namun ketika sudah menginjak usia 28-29 tahun, sudah tidak ada lagi penundaan. Mau tidak mau, mereka harus mengikuti kegiatan wamil.

Bagaimana jika tidak mengikuti wamil? Bila tidak ikut dengan alasan yang tidak jelas, maka mereka akan dipenjara. Namun, kalau alasannya jelas, bisa jadi diberikan penangguhan bahkan pembebasan wajib militer.

***

3. Siapa Saja yang Bebas dari Wamil?



Walaupun diwajibkan, akan tetapi ada loh, Gansis, beberapa kategori yang bisa membebaskan laki-laki Korea Selatan dari tugas aktif wajib militer. Siapa saja mereka?

Quote:


Sebelumnya, para atlet dan seniman klasik ini benar-benar bebas dari kewajiban wamil. Akan tetapi, karena terjadi kecemburuan sosial, maka aturannya dirubah.



Atlet dan seniman hanya diwajibkan untuk ikut latihan dasar wajib militer selama 4 minggu. Selanjutnya, mereka wajib berkarir di bidang olahraga atau seni (tergantung profesi) selama 42 bulan. Setelah masa itu habis, setiap tahun selama enam tahun berikutnya, para atlet dan seniman ini, mereka hanya diwajibkan menghadiri beberapa hari pelatihan wajib militer.

Khusus untuk yang sakit parah berkepanjangan, serta lemah fisik dan mental. Mereka benar-benar bebas dari kewajiban militer.

***

4. Berapa Lama Wamil Dilakukan?



Lamanya wamil, tergantung di mana para peserta wamil bernaung.

Tentara marinir 21 bulan. Tentara kelautan 23 bulan. Tentara udara 24 bulan. Itu adalah peserta dengan tugas aktif. Yaitu, pendaftar dengan kesehatan fisik dan mental yang sangat baik. Setelah latihan wamil selesai, mereka akan ditempatkan di daftar cadangan untuk melanjutkan masa dinas militer dan berikutnya, setiap tahun selama enam tahun berturut-turut, mereka diwajibkan untuk menghadiri 3 hari pelatihan militer tahunan.

Peserta untuk layanan tambahan--yaitu peserta yang kesehatan dan fisiknya tak terlalu baik untuk ditugaskan di tempat aktif, tapi mampu di layanan tambahan seperti pelayanan publik di Balai Kota, Instansi Pemerintah, dan tempat umum lainnya--wajib mengikuti pelatihan militer selama 21 bulan. 34 bulan untuk layanan tambahan di bidang seni, olahraga, dan teknik industri. 36 bulan untuk layanan tambahan bidang kesehatan masyarakat, advokat, dokter hewan, dan peneliti ahli.

emoticon-Army (S)emoticon-Army (S)emoticon-Army (S)

Nah, gimana tuhtadi, Gansis? Cukup berat dan lama juga, ya, kewajiban militer di Korea Selatan berlangsung. Makanya banyak para fans yang sedih ketika idola mereka hiatus dari layar kaca demi wajib militer.

Namun, ini belum seberapa lama, Gansis. Wajib militer di Korea Utara lebih lama lagi. Tak hanya laki-laki, wanita pun memiliki kewajiban militer selama masa tertentu. Israel juga sama. 32 bulan untuk laki-laki dan 24 bulan untuk perempuan. Berikutnya ada Singapura yang mewajibkan setiap laki-laki berkebangsaan Singapura ikut wamil selamat 24 bulan.

Nah, bagaimana menurutmu jika wajib militer juga diterapkan di Indonesia? Setuju atau tidak! Sertakan pendapat di kolom komentar, ya! Ingatlah untuk berkomentar yang sopan, jauh dari SARA, provokasi, dan kata-kata kasar.

Itulah thread ane kali ini!

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : Google image
Sumber : 1, 2

emoticon-Cendol Gan

Thanks For Reading






iissuwandi
agusrezapratam4
indramamoth
indramamoth dan 30 lainnya memberi reputasi
31
8.7K
274
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.