masramidAvatar border
TS
masramid
Mahfud Md soal Komparasi Kasus HRS-Reynhard Sinaga: Terserah Fadli Zon Saja
Mahfud Md soal Komparasi Kasus HRS-Reynhard Sinaga: Terserah Fadli Zon Saja

Danu Damarjati - detikNews



Menko Polhukam Mahfud Md (YouTube Kemenko Polhukam RI)

Jakarta - 

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Fadli Zon menyebut pemerintah memojokkan Habib Rizieq Syihab. Fadli Zon menyebut Mahfud Md via Twitter. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan itu santai saja menanggapi.

"Terserah Fadli Zon saja," ucap Mahfud saat dimintai tanggapan oleh wartawan via aplikasi perpesanan, Jumat (6/11/2020).

Sebelumnya, bantuan hukum dari pemerintah ini disoroti oleh Fadli Zon. Dia menyoroti ketidakadilan perlakuan pemerintah Indonesia terhadap Rizieq. Dia membandingkan dengan kriminal Reinhard Sinaga di Inggris yang tetap diberi bantuan hukum oleh pemerintah RI.

"Reynhard di Inggris yang jelas-jelas super kriminal dan memalukan Indonesia diberi bantuan hukum. Habib Rizieq Shihab (HRS) di Saudi Arabia malah dipojokkan pernyataan-pernyataan Menko @mohmahfudmd n Dubes RI di Saudi. Sungguh tak adil n ironis. Selamat datang HRS! #AhlanWaSahlanIBHRS @Menlu_RI," tulis Fadli Zon di akun Twitter-nya, @fadlizon, Jumat (6/11).

Habib Rizieq Syihab, Imam Besar FPI, sudah berada di Arab Saudi sejak April 2017. Rencananya, dia bakal pulang ke Indonesia pada 9 November dan sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada 10 November nanti.

Halaman berikutnya soal bantuan hukum dari negara ke Rizieq dan Reinhard.

Soal bantuan hukum ke Rizieq selama di Saudi, Kementerian Luar negeri pernah menyampaikannya pada 2018.

"Apabila ada WNI hadapi masalah hukum di luar negeri, kita akan berikan bantuan dan pendampingan dan kekonsuleran sesuai hukum berlaku di sana. Untuk memastikan bahwa hak hukum WNI di sana terlindungi. Hal sama kita lakukan terhadap Muhammad Rizieq Syihab," ucap jubir Kemlu Arrmanatha Nasir kepada wartawan di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, 8 November 2018. Namun tidak jelas betul apakah Rizieq menerima bantuan hukum atau tidak dari pemerintah RI.

Untuk Reynhard Sinaga, WNI yang merudapaksa 48 pria di Inggris, pemerintah RI memberikan bantuan hukum. Kemlu telah mengikuti kasus Reynhard Sinaga sejak 2017.

"KBRI London telah melakukan penanganan kasus WNI atas nama Reynhard Tambos Maruli Tua Sinaga (Reynhard Sinaga/RS) sejak tahun 2017-2020," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, Judha Nugraha, dalam keterangannya kepada wartawan, 7 Januari 2020.

(dnu/fjp)

https://news.detik.com/berita/d-5244...fadli-zon-saja
Diubah oleh masramid 06-11-2020 22:12
0
1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.