marilyn88Avatar border
TS
marilyn88
Dahsyatnya, Sebuah Teror Gempa Dalam 15 Tahun Terakhir
Belum lama ini publik kembali dikejutkan oleh hasil penelitian dari Tim Peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mengungkap jalur gempa atau disebut juga sebagai Seismic GAP yang ada di Samudera Indonesia bagian selatan Jawa menyimpan potensi bencana yang cukup besar.


Seismic GAP ini berpotensi menjadi sumber gempa besar yang disebut Megathrust yang dapat membangkitkan gelombang tsunami hingga ketinggian 20 meter di Pantai Selatan, Jawa Barat dan 12 meter di Pantai Selatan Jawa Timur.

Sudah bukan rahasia lagi jika wilayah Indonesia berada di titik pertemuan dari 3 lempeng besar bumi, dan titik pertemuan paling panjang terdapat di sepanjang Sumatera dan Jawa.

Dari titik pertemuan lempeng-lempeng bumi inilah suatu waktu gempa besar bahkan gelombang tsunami raksasa bisa terjadi kapan saja, dan salah satu yang paling terancam adalah wilayah Pantai Selatan Pulau Jawa.

Pada tahun 2018 badan meteorologi dan geofisika pernah menyebutkan  bahwa aktivitas gempa diseluruh wilayah Indonesia terus cenderung mengalami peningkatan sejak tahun 2013.

Tidak hanya di Indonesia pada 15 tahun kebelakang dunia juga dikejutkan dengan berbagai teror gempa bumi yang mengakibatkan banyak kehancuran, bahkan diantaranya tercatat sebagai gempa terbesar yang pernah ada dalam sejarah modern.


Quote:



Bencana alam seperti gempa bumi memang tidak akan pernah bisa di prediksi secara tepat dimana atau kapan akan menyerang. Yang paling penting adalah kita harus sadar bahwa kita memang tinggal di negeri yang kaya namun rawan akan bencana alam. Ketakutan bukanlah pilihan, justru kita harus menjadi masyarakat yang sadar akan mengatasi bencana.

Bagi Anda yang tinggal di daerah rawan, patuhilah peringatan dari pemerintah. Usahakan juga untuk membangun tempat tinggal Anda dengan standart keselamatan yang cukup, pelajari apa yang harus dilakukan jika bencana terjadi dan hendaklah selalu waspada serta menjaga alam disekitar kita.






Diubah oleh marilyn88 02-11-2020 08:11
emineminna
kireizaras
cor7
cor7 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.2K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.