• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Desainer Yamaha Kesambet Apa? Motor Ini Pasti Jadi Calon Dibenci

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Desainer Yamaha Kesambet Apa? Motor Ini Pasti Jadi Calon Dibenci



Belum lama ini Yamaha baru saja merilis lineup motor anyar. Bukan kelas sembarangan, motor yang mereka keluarkan tersebut yaitu moge 900cc bernama New Yamaha MT09. Siapa sih yang gak tahun MT Series…clan MT dikenal memiliki kepanjangan Master of Torque, semua lineup yang ada di clan MT Series ini termasuk ke dalam genre motor naked.

Sesuai dengan karakter motor naked kebanyakan, MT Series memang mengunggulkan segi torsi atau tarikan bawahnya. Karakter motor bertorsi ini biasanya memiliki gas yang sangat responsif, bahkan jika angka torsinya cukup besar, sekali buka throttle full motor sampai bisa terangkat ban depannya.


Kembali ke pembahasan, New Yamaha MT09 pertama kali diperkenalkan di wilayah bagian Amerika Latin. Ketika sosoknya muncul ke permukaan, banyak yang gak menyangka kalau sosok motor ini merupakan generasi penerus dari Yamaha MT09. Kenapa? Coba deh lihat desainnya.

Yap, MT Series dikenal memiliki desain yang mirip seperti predator. Tarikan matanya sangat tegas dan tipis. Formasi lampu MT Series selalu menggunakan dua buah headlamp, satu untuk low beam sisi satunya untuk high beam. Tetapi model anyar ini menggunakan model lampu depan single headlamp.


Bahkan desainnya jauh dari kesan MT Series, dan cenderung terlihat gempal serta membulat. Desain batok lampu seperti ini mengingatkan kita kepada generasi pertama Yamaha MT 03 yang masih mengusung mesin 650cc single silinder. Motor ini memiliki karakter yang unik, seperti headlamp single, shock belakang model menyamping, mesin cuma single silinder dan formasi knalpot yang nyeleneh.

Selain desain yang baru, Yamaha mengklaim jika mesin yang digendong sudah menyesuaikan emisi Euro 5. Meskipun secara spec dan jeroan masih sama seperti mesin sebelumnya, yakni CP3 890cc 3 silinder DOHC.



Mereka hanya melakukan tunning ulang pada bagian piston, connecting rods, crankshafts, camshafts, dan bahkan crankcases. Alhasil tenaganya jadi lebih besar dari 114PS menjadi 118PS. Usut punya usut, ternyata frame atau rangka New MT09 ini juga baru, menurut informasi rangka tersebut memiliki keunggulan jauh lebih ringan, material yang digunakan CF aluminum die-cast material. Bahkan bobotnya bisa terpangka 2,3kg dari generasi sebelumnya.

Desain velg ternyata juga diperhatikan, alhasil pengaruhnya berat velg jadi berkurang 700 gram. Knalpot tetap mengikuti ciri khas underbelly, tetapi desainnya berubah mengejar standar Emisi Euro5.

Nah gimana menurutmu, desainnya aneh atau keren?

Referensi : https://www.iwanbanaran.com/2020/10/...s-sungkem-cak/


ahhdd
X3N0NX
tien212700
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
17
18.1K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.