nabila978Avatar border
TS
nabila978
3 Varian dari Cemilan Telur Gabus yang Gurih
Cemilan telur gabus – Kamu pecinta cemilan tanah air? Pasti pernah melihat atau bahkan mencicipinya dan menjadikannya sebagai list cemilan favorit keluarga. Telur gabus, cemilan gurih yang susah buat kamu berhenti untuk memakannya. Telur gabus juga biasa disebut dengan roti gabus, masuk ke dalam salah satu kategori roti kering dengan rasa lidah tradisional. Renyah dan rasa gurih yang dirasakan ketika memakannya menjadikan cemilan ini sebagai favorit keluarga. Telur gabus juga banyak dijual toko oleh-oleh atau cemilan di berbagai kota Indonesia.

Kamu bisa menemukan cemilan telur gabus ini saat hari-hari besar, misalnya hari raya dan perayaan acara keluarga, apalagi ketika kamu mengunjungi rumah nenek di kampung halaman, sudah dapat dipastikan telur gabus mengisi meja di rumah.

Sering memakan telur gabus, pasti buat kita penasaran juga bagaimana cara membuatnya. Apakah sulit atau mudah? Ternyata prosesnya tidak sesulit yang kita kira, ada beberapa trik yang bisa kamu coba juga ketika membuat telur gabus. Yang pertama pastikan adonan benar-benar diolah menggunakan tangan langsung agar hasilnya bisa maksimal. Kemudian pastikan juga jumlah minyak goreng di wajan cukup banyak hingga merendam telur gabus secara keseluruhan agar hasilnya renyah dan matang secara menyeluruh. Kamu juga perlu mengontrol panas api ketika menggorengnya, agar tidak memercik, seperti saat kamu menggoreng ikan atau ayam. Ukuran wajan juga mempengaruhi proses penggorengan dari telur gabus ini. So,, perlu ketelitian dalam pembuatannya.

Berikut ada beberapa varian yang bisa kamu coba untuk membuat telur gabus di rumah.



1. Telur Gabus Rasa Keju – Cemilan Telur Gabus
Selain telur gabus gurih dengan rasa originalnya, kamu juga bisa mencoba membuat telur gabus dengan rasa keju yang semakin gurih di mulut. Apalagi jika keju menjadi favorit keluarga kamu di rumah, bisa dipastikan menjadi cemilan yang tepat ketika menghabiskan waktu bersama di depan televisi. Cukup persiapkan bahan-bahan seperti

-100 gram keju parut
-100 gram tepung sagu
-2 butir telur
-2 sendok teh margarin
-1 sendok teh garam, atur sesuai selera
-500 mil minyak goreng

Langkah pertama untuk membuat telur gabus, kamu bisa mulai mengadoni tepung sagu, keju parut, dan garam. Aduk dengan menggunakan spatula hingga tercampur. Kemudian kocok telur secara terpisah, dan masukkan telur secara perlahan ke adonan kering tadi, dan juga margarin sambil diaduk  oleh tangan. Uleni hingga adonan terasa kalis.

Setelah adonan untuk telur gabus dirasa sudah kalis, mulai bentuk adonan dengan ukuran lonjong kecil panjang, atau bisa sesuai selera kamu. Ketika sudah selesai dengan adonan, beralihlah untuk memanaskan minyak di wajan yang ukurannya cukup besar. Saat minyak sudah mulai panas, masukkan telur gabus tadi ke dalamnya, aduk perlahan agar tidak gosong.

Ketika warnanya sudah mulai kuning, angkat telur gabus dan this is it… cemilan gurih pun siap untuk dinikmati!!



2. Telur Gabus Rasa Balado – Cemilan Telur Gabus

Buat kamu yang suka dengan cemilan pedas, telur gabus rasa balado sangat cocok menemani waktu santaimu. Kamu juga bisa mencoba membuatnya di rumah bersama anak atau pasangan. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat telur gabus rasa balado.

-200 gram tepung ketan
-2 butir telur
-8 buah cabai merah besar
-6 siung bawang putih
-1 sendok teh garam
-¾ sendok teh garam
-75 ml santan cair
-1 sendok teh cuka
-120 gram gula pasir
-100 ml air putih atau mineral
-Minyak goreng secukupnya

Sekarang ayo mulai kita membuat telur gabus balado kesukaan kamu!! Pertama-tama campur tepung ketan, telur, garam, dan santan, aduk hingga semuanya tercampur rata. Setelah itu gulung-gulung kecil dan masukkan ke dalam penggorengan dengan minyak dingin. Setelah masuk, barulah kamu nyalakan api sedang, goreng hingga kering dan dinginkan.

Untuk bumbu balado dari telur gabus, kamu bisa menghaluskan cabai merah besar, bawang putih dan juga garam. Jangan lupa untuk campur cuka, gula pasir dan air. Masak semua bahan dengan api yang kecil hingga mengental. Kemudian masukkan telur gabus yang telah dingin ke dalam adonan balado. Aduk hingga rata, dan telur gabus balado pun siap disajikan.



3. Telur Gabus Dengan Toping Wijen – Cemilan Telur Gabus
Ada satu varian lagi yang tidak kalah enaknya dengan telur gabus balado dan keju, yaitu telur gabus wijen, menambah rasa gurih dari cemilan ini. Cukup siapkan bahan-bahan berikut ini

-65 gram tepung terigu
-300 gram tepung sagu
-3 butir telur yang sudah dikocok lepas
-60 ml air putih atau mineral
-10 gram biji wijen
-½ sendok teh garam
-Minyak goreng secukupnya

Setelah bahan-bahan selesai disiapkan, saat kita membuat telur gabus wijen. Langkah pertama dan menentukan, yaitu campur tepung sagu, terigu, dan telur kemudian aduk hingga merata. Jangan terlewat juga untuk memasukkan biji wijen yang sudah disiapkan tadi, aduk kembali hingga semua bahan menyatu. Tambahkan juga air dan garam, uleni hingga adonan menjadi kalis. Kemudian bentuk adonan sesuai seleramu.

Mari kita berlanjut ke tahap berikutnya dengan memasukkan minyak goreng ke dalam wajan, untuk mulai menggoreng adonan telur gabus yang telah dibentuk tadi. Panaskan minyak dengan api sedang, masukkan adonan secara bertahap. Goreng hingga warnanya kuning dan cantik, dinginkan serta keringkan dari minyak. Telur gabus wijen pun bisa kamu nikmati.
 
Yuk coba resep-resep varian telur gabus tadi bersama keluarga, and enjoy your time at home!!!
Rainbow555
cheria021
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.9K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
icon
9KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.