trikunprayoga
TS
trikunprayoga
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?

Hai apa kabar?

Entah kenapa gue mau bahas topik beginian. Tadi siang ketika asik browsing di internet dan menemukan sebuah topik mengenai, “Ditemukan bakteri yang berusia 3,5 juta tahun bernama Bacillus F.” Katanya bisa membuat seseorang menjadi berumur panjang. Oke, kita bahas secara ringkas saja.

 

Coba simak penjelasan berikut.

Pada awalnya bakteri ini temukan dibawah lapisan es di Seberia. Penemu bakteri ini adalah  Dr. Anatoli Brouchkov, kepala Departemen Geokriologidi Moscow State University. Bakteri tersebut tertanam di permafrost kuno yang dikenal sebagai Gunung Mammoth di Republik Sakha, juga dikenal sebagai Yakutia, wilayah terbesar di Siberia.





Bakteri serupa pernah ditemukan oleh ilmuwan Siberia Vladimir Repin di otak mammoth berbulu yang telah punah dan terawetkan oleh lapisan es.


Bakteri ini bahkan disebut-sebut sebagai, “Ramuan kehidupan.” Oleh Dr. Viktor Chernyavsky, seorang ahli epidemiologi Rusia. Dikarenakan bakteri ini bisa membuat apa yang disekitarnya menjadi hidup lebih lama.

Pada uji coba terhadap tikus, mendapatkan hasil yang menakjubkan. Dimana ketika di uji-kan kepada tikus-tikus tersebut, mereka bisa hidup lebih lama, dan kepada tikus yang sudah tua, masih bisa bereproduksi.




Dimasa depan, mungkin bakteri ini bisa menyebuhkan manusia dari kerusakan sel, karena bakteri ini mampu melakukan hal tersebut.


Apakah manusia bisa hidup abadi?


Oke disini gue mulai ngayal apakah manusia bisa hidup abadi dengan bantuan bakteri tersebut? Karena ada seorang ilmuan bernama  Dr. Brouchkov, ia menyuntikkan dirinya dengan bakteri, dan melihat apa yang terjadi. Dia bilang, kalo dia merasa lebih baik dari sebelumnya . Pada 2015, dia mengatakan dia tidak pilek atau flu dalam dua tahun sejak dia menyuntik dirinya sendiri. Dia juga melaporkan tingkat energi yang lebih tinggi.





Akhirnya gue nyoba cari-cari lagi apakah bakteri ini bisa bikin manusia hidup abadi, ya memang kematian tidak bisa dihindari. "Apakah bisa?" Jawabannya adalah tidak bisaemoticon-Ngakak, mungkin bakteri bisa menghambat kerusakan sel atau menyembuhnya. Tetapi tidak bisa menghentikan mutasi genetik. Telomer kromosom kita secara alami membusuk dan bermutasi lebih banyak saat mereka rusak seiring bertambahnya usia.


Quote:





Jika kita berandai-andai ingin hidup abadi, kita harus mencegah  namanya mutasi genetik pada Telomer kromosom. Jadi, sebenarnya kita tidak bisa hidup abadi. Namun dengan perkembangan teknologi dan research mengenai bakteri ini, mungkin bisa berguna untuk menghambat mutasi genetik pada Telomer dan membuat manusia mendekati namanya keabadian.

Kesimpulan


Untuk saat ini tidak mungkin bisa menciptakan obat yang mampu membuat seseorang menjadi abadi. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan perkembangan teknologi, bakteri ini mampu menyembuhkan sel yang rusak dan mampu menghambat mutasi pada Telomer, sehingga manusia bisa mendekati namanya keabadian.



 

Sekian terimakasih…



Diubah oleh trikunprayoga 02-11-2020 14:50
doobeyindramamothandihidayah36
andihidayah36 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
6K
105
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.