• Beranda
  • ...
  • Buku
  • Review ATOMIC HABITS, Bangun Kebiasaan Kecil Dan Rasakan Hasilnya

AkhfiyaAyaAvatar border
TS
AkhfiyaAya
Review ATOMIC HABITS, Bangun Kebiasaan Kecil Dan Rasakan Hasilnya
Beberapa tahun belakangan, rasanya ane sering berpindah-pindah dari satu hobi ke hobi lainnya. Dari satu target ke target lainnya. Pura-puranya lagi nyari jati diri gitu la.

Tapi semuanya gak ada yang bertahan lama. Belajar menggambar cuma bertahan seminggu. Belajar membuat kerajinan tangan berupa bunga-bunga dari kantong asoy geboy juga cuma hitungan hari. Pernah juga belajar merajut, dua hari sudah K.O. Yang terakhir belajar menyulam. Adik ane sampai beli kain strimin, benang wol dan jarum jahitnya. Ane disuruh buat gambar sulaman doraemon.

Hasilnya? Gak ada yang terlaksana. Duh. Kata teman ane, ini penyakit yang sulit dicari obatnyašŸ’†. Susah istiqomah.

Berdasarkan curhatan kebanyakan para agan dan sista kenalan ane di dunia nyata, ternyata mereka punya kelakuan yang sama kayak ane. Ada yang bertekad hafal beberapa juz Alquran, lalu bersemangat menghafal dalam beberapa waktu. Tapi taunya gak tercapai target, karna berhenti di tengah jalan dengan banyak alasan. Yang anak mengganggulah, banyak job ini itu-lah, cucian numpuklah sampai gara-gara keasyikan buka medsos.

Ada pula para sista yang sudah memantapkan hati ingin diet. Seminggu dua minggu mencoba bertahan dengan beberapa teknik diet, mencoba untuk tidak tergiur ketika mendapati teman atau saudara ngemil, berusaha mengabaikan piring yang berisi sisa makanan anak-anak. Belum lagi di beranda sosmed berseliweran postingan iklan cemilan yang menggugah selerašŸ¤¤ Endingnya, ya gak tahan juga. Diet gagal.

Rupanya ada banyak kawan yang bernasib serupa tapi tak sama. šŸ˜Gemes gak sih gansis dengan perangai diri kita yang gak konsisten macam ini? Pasti dalam lubuk hati terdalam, gansis ingin bisa berubah sesuai dengan apa yang direncanakan dalam kepala selama ini. Ya, kan?


[URL=ane baca bukunya di gramedia digital]sumber gambar dari gugel[/URL]

Karna itulah, ane datang ngasi kabar gembira untuk kita semua. Ada buku bagus dari Om James Clear yang berjudul Atomic Habits yang akan memandu kita para pejuang in motion (sibuk berencana) untuk segera melakukan action lewat kebiasaan-kebiasaan yang mudah dan menyenangkan.

Sesuai dengan judulnya, Atomic Habits adalah kebiasaan-kebiasaan yang terkesan sepele untuk dikerjakan tapi akan menampakkan hasil yang luar biasa ketika kita sabar dan serius untuk melakukannya secara terus menerus, sedikit demi sedikit.

Sebenarnya bagi gansis yang muslim, ini sejalan dengan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam "Amalan yang paling dicintai Allah Ta'ala adalah amalan yang dilakukan secara kontinyu walaupun sedikit"

Jadi, di buku ini, kita akan dipandu untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik dan berusaha meninggalkan kebiasaan buruk. Kita juga akan disuguhkan kisah-kisah inspiratif dari orang-orang atau sebuah tim dengan latar belakang profesi dan pendidikan berbeda yang berhasil meraih sukses lewat kebiasaan-kebiasaan kecilnya yang dipandang sepele oleh orang lain.

Ada empat tips yang disajikan James Clear di buku ini agar kebiasaan yang ingin dibangun itu tidak layu sebelum berkembang.

1. Jadikan kebiasaan itu jelas dan nyata
2. Jadikan kebiasaan itu menarik
3. Jadikan kebiasaan itu mudah
4. Jadikan kebiasaan itu memuaskan

Penjelasannya lengkapnya bisa gansis baca di buku ini, ya.
Isinya bukan sekedar teori, tapi ada panduan langkah dan contoh-contohnya juga yang gak akan bikin kita bingung lagi gimana cara mempraktekkannya.

Juga dilengkapi solusi dan tips gimana cara menghadapi kendala yang muncul di tengah jalan saat kita sedang berusaha membangun kebiasan kecil itu. Entah karena suka menunda, terserang kebosanan, dll.

Seminggu ini ane bahkan udah jarang online karena sedang belajar menerapkan gagasan-gagasan dari buku ini. Ane belajar mengurangi kebiasaan buruk terlalu sering berinteraksi dengan medsos yang membuat banyak target terbengkalai. Karena setelah dikaji-kaji, kok kayaknya ane udah masuk tahap kecanduan gadget, gitu. Makanya sekarang jarang berbalas komen atau sekedar ninggalin cendol di thread gansis.

Ane juga belajar untuk rajin buka-buka buku lagi, walaupun gak banyak yang dibaca perhari. Dampak positif setelah baca buku ini adalah ... Alhamdulillah, seminggu ini bahkan ane udah menamatkan hampir tiga buku. Padahal beberapa tahun belakangan, bisa baca satu buku perminggu saja belum tentu bisa.

Semoga bisa istiqomah membangun kebiasaan baik setelah ini, bahkan, kalau pun nanti diserang rasa bosan, Ane akan selalu ingat perkataan James Clear bahwa yang membedakan profesional dan amatir adalah Profesional berusaha taat pada jadwal, sedang amatir berusaha melewatkan kewajiban.

Jadi, walaupun kita nanti merasa jenuh, lelah, malas dan ingin berhenti melakukan kebiasaan baik ini, kita tetap akan berupaya melakukannya, bertahan terus hingga kebiasaan ini menyatu dengan diri kita, menjadi identitas kita sehingga mudah saja untuk dijalankan di hari-hari selanjutnya.

Sudah jutaan orang yang membaca buku ini di seluruh dunia. Banyak juga yang merasakan dampak baiknya setelah sukses membaca dan menerapkannya dalam kehidupan. Intinya, buku ini sangat ane rekomendasikan untuk gansis baca.

Semoga kita bisa terus bersemangat menjalankan kebiasaan-kebiasaan sekecil apa pun, hingga bisa memetik hasilnya di masa depan nanti.[]
ceuhetty
NecroTorture
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.2K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThreadā€¢4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.