mpmedianews
TS
mpmedianews
5 Pemain Keturunan yang Bisa Masuk Timnas Indonesia U-19


BolaSkor.com – Timnas Indonesia U-19/U-20 akan berlaga di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021 mendatang. PSSI akan melakukan banyak cara untuk mendapatkan prestasi pada gelaran tersebut, mulai dari mendatangan pelatih berkelas sampai dengan mencari pemain keturunan.

Cara ini dinilai PSSI dapat memberikan prestasi untuk Timnas Indonesia U-19 pada gelaran Piala Dunia U-20. Selain itu, ini juga bisa menjadi investasi jangka panjang untuk Timnas Indonesia ke depannya.

Selama melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC), manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah memanggil empat pemain keturunan. Mereka adalah Elkan Baggott, Jack Brown, Kelana Noah Mahessa, dan Luah Fynn Jeremy Mahessa.

BolaSkor.com mecoba mencari pemain keturunan Indonesia yang bisa dicoba oleh Shin Tae-yong pada TC selanjutnya. Ada lima pemain keturunan Indonesia yang dipantau PSSI dan bermain di Eropa, berikut penjelasannya:

1. Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers)

Justin Hubner merupakan pemain dengan posisi bek tengah. Pemain ini lahir di Belanda 14 September 2003 dan berpostur 185 cm. Justin Hubner diketahui memiliki hubungan darah dengan Indonesia dari pihak ayahnya. Bahkan kakek dan neneknya benar-benar berasal dari Jakarta. Justin Hubner juga memberikan informasi di akun instagram pribadinya bahwa ia memiliki darah Indonesia.

Saat ini pemain Wolverhampton Wanderers ini masih berusia 17 tahun itu bisa membela Timnas Indonesia U-19 untuk bermain di Pala Dunia U-20 nanti. Tapi sebelum sampai dengan saat ini ia masih belum memutuskan apakah akan membela Timnas Indonesia atau tidak.

“Tentu sangat menyenangkan jika Indonesia memanggilku. Meski lahir di Belanda, mungkin nanti suatu saat aku bisa bermain di Timnas Indonesia atau klub Indonesia (di Liga 1),” kata Justin Hubner.

2. Jim Croque (Vitesse)

Bernama lengkap Jim Roberto Croque, bomber belia itu lahir di Belanda 5 Juli 2004. Jim Croque datang dari keluarga dengan latar belakang campuran Belanda dan Indonesia. Data dari situs Transfermarkt, status kewarganegaraannya dituliskan dengan dua bendera, Belanda serta Indonesia.

Jim Croque berposisi sebagai penyerang, namun ketika bermain ia juga bisa ditempatkan menjadi seorang penyerang sayap. Saat ini pemain berusia 15 tahun tersebut ini bermain di salah satu klub besar Belanda, Vitesse Arnhem. Jim Croque pun berharap bisa jadi pesepak bola profesional di sana.

"Musim depan saya pindah ke Vitesse, klub profesional. Saya mendapat kesepakatan bermain satu tahun bersama Vitesse. Saya berfokus pada perkembangan karier saya, dan membuat langkah nyata menuju mimpi menjadi pemain sepak bola profesional," kata Croque.

3. Lorenzo Raharing (PEC Zwolle)

Lorenzo Raharing bisa saja masuk dalam pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk melakuka TC Timnas Indonesia U-19. Lorenzo Raharing merupakan pemain yang berposisi bek kanan yang saat ini bermain di PEC Zwolle.

Sebelumnya, Lorenzo Raharing bermain untuk tim akademi FC Twente sejak tahun 2018 lalu. Musim ini ia memilih pindah untuk bermain di klub yang lebih profesional. Selain bermain di posisi bek kanan, Lorenzo Raharing juga bisa bermain di posisi penyerang sayap kanan.

Dilihat dari situs transfermark Lorenzo Raharing memang memiliki dua kewarganegaraan Belanda dan Indonesia. Tapi hingga saat ini belum diketahui pasti, keturunan Indonesia yang didapat Raharing dari mana. Entah dari ayah, ibu, atau garis keturunan lainnya.

4. Jay Idzes (Go Ahead Eagles)

Jay Idzes merupakan pemain Go Ahead Eagles yang berposisi sebagai gelandang. Jay Idzes merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda. Namun saat ini status kewarganegaraan yang ia miliki adalah Belanda.

Jay Idzes memiliki darah keturunan Indonesia dari sisi ibunya. Pemain jebolaan akademi PSV Eindhoven ini memulai karir profesionalnya bersama FC Eindhoven di divisi kedua Liga Belanda atau Eerste Divisie. Debutnya untuk FC Eindhoven adalah pada tahun 2018 lalu, saat menjadi pemain pengganti di laga melawan TOP Oss.

Meski memiliki darah Indonesia namun saat ini Jay Idzes masih belum mau memikirkan bermain bersama Timnas Indonesia. “Saya belum berani mengatakannya. Kalau terjadi, itu akan jadi keputusan yang sulit. Karena, saya juga tidak tahu apakah saya juga harus punya paspor Indonesia,” ujar Jay Idzes.

5. Joseph Simatupang Ferguson

Joseph Simatupang merupakan pemain Blackburn Rovers U-18. Pemain berusia 18 tahun ini berposisi bek kanan. Joseph lahir di Manchester, 10 Agustus 2002. Jika melihat dari situs transfermark kewarganegaraanya saat ini adalah Inggris.

Joseph memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ibu yang berdarah Batak. Joseph juga besar di Indonesia tepatnya di Pontianak. Bahkan setiap dua tahun sekali, pemain berusia 18 tahun ini selalu menyempatkan diri untuk pulang kampung.

"Saya tahu pertanyaan ini bakal muncul. Tentu saja bermain untuk Timnas Indonesia akan jadi sesuatu yang besar buat saya. Mama saya dari Indonesia, saya sering ke Indonesia. Tapi, kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Jadi, kita lihat saja," ujarnya lagi.

"Belum ada panggilan seleksi. Saat ini saya sedang cedera, jadi fokus saja untuk pemulihan. Ada masalah dengan punggung bawah saya. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa bermain," kata Joseph Simatupang menambahkan.


Sumber: Link
0
3.9K
3
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Olahraga
Berita Olahraga
icon
15KThread4.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.