Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9f9e04dbf7647a8205340b/apakah-benar-australia-akan-kehilangan-timor-leste-digantikan-oleh-china
Timor Leste, menjadi negara yang carut marut ketika memilih pisah dari NKRI. Hutang negara menumpuk, masih ingatkah kalian bumi loro sae itu dikompori oleh Australia dan konco-konconya untuk referendum. Ketika sudah bebas dan merdeka apa yang terjadi? Timor Leste seperti bingung mengelola negara hingga kasus korupsi, dan hutang yang menumpuk membuat Timor Leste diambang kehancuran. Timor Leste pun
Lapor Hansip
02-11-2020 12:49

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

icon-verified-thread


Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

Timor Leste, menjadi negara yang carut marut ketika memilih pisah dari NKRI. Hutang negara menumpuk, masih ingatkah kalian bumi loro sae itu dikompori oleh Australia dan konco-konconya untuk referendum.

Ketika sudah bebas dan merdeka apa yang terjadi? Timor Leste seperti bingung mengelola negara hingga kasus korupsi, dan hutang yang menumpuk membuat Timor Leste diambang kehancuran.

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

Timor Leste pun gambling dan mulai mendekati China, tentu saja Australia mulai ketar ketir.

Bagaimana tidak, Timor Leste mendapat suntikan dana segar dari China untuk pembangunan infrastruktur mega proyek Tasi Mane. Yang mengkhawatirkan Australia pembangunan pelabuhan yang berada di Selatan berdekatan dengan Australia tepatnya Darwin dengan jarak 500km saja.

Jarak tersebut bila sekutu berperang dengan China akan tidak menguntungkan untuk Australia, konfrontasi yang terjadi antara Amerika dengan China selama ini membawa dampak yang ngeri-ngeri sedap, apalagi Laut China Selatan juga belum reda masalahnya hingga kini.

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

Gurita China mulai mengambil alih pengaruhnya di sistem ekonomi dunia membuat Amerika berang, bukan tak mungkin kalau akan terjadi perang. Tapi, sekali lagi kalau itu terjadi sekutu tak akan tinggal diam. Sedangkan China yang saat ini sedang berperang dengan India pun bisa menjadi awal mula pertikaian antar negara di dunia.

Kembali lagi ke Timor Leste, yang saat ini China mulai masuk untuk membantu negara tersebut. Jangan dikira bantuan itu gratis, tak ada makan siang yang gratis bung.

Apalagi imigran China ketika Timor Leste merdeka sudah ada 4000 orang yang menetap di Timor Leste untuk berdagang disana dan jumlah itu semakin bertambah, tahun 2016 kapal perang China juga merapat ke pantai Dili.

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

China mulai menguasai ekonomi Timor Leste, menarik ketika banyak orang berkata negara Timor akan bangkrut, menjadi negara miskin di dunia ternyata Timor bangkit dengan menggadaikan negaranya ke tangan China.

Jelas Australia akan gigit jari melihat hal ini, disini bila kita melihat secara sadar buruh dan pekerja kasar serta pengangguran di dominasi oleh warga lokal. Sedangkan China menjadi pemilik perusahaan, bahkan perdagangan retail secara kecil dan menengah juga mereka kuasai.

Walau Menteri Luar Negeri Timor Leste, Dionísio da Costa Babo Soares membantah hal itu, bahwa China dan Timor Leste adalah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan.

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

Tapi realitanya, jejak China di Timor memberikan ketergantungan hingga akhirnya secara tak sadar ekonomi Timor Leste di kuasai China. Bukan tak mungkin pangkalan militer China akan dibangun di Timor Leste.

Apalagi hutang yang besar kepada China menumpuk dan tak sanggup bayar, hasilnya seperti zaman kolonial yang terjadi di Indonesia dimana VOC yang awalnya berdagang mempunyai wilayah di tanah mitra kerajaannya.

Lantas apa yang terjadi selanjutnya tanah nusantara di monopoli VOC, pekerja lokal hanya menjadi buruh, mereka yang punya kedudukan hidupnya lebih aman tapi banyak warga yang tak merasa merdeka di tanahnya sendiri.

Bila China sukses menjadikan Timor Leste sebagai negara kolonialnya, Australia apakah tidak akan bertindak? Amerika apakah tidak akan geger?

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

Menarik melihat hal ini karena wilayah perebutan negara besar ini masuk perairan Indonesia, yo wes kita ngopi saja melihat negara yang katanya merdeka akan terus digoyang banyak pihak.

Untuk itu, apakah Indonesia juga ingin seperti Timor Leste? Stop berhutang, atau tepati pembayarannya agar negara tidak koleps, kalau negara bangkrut akan ada pemberontakan dan sayonara persatuan.

Sulitnya menjadi pemimpin itu ya seperti ini, hajat hidup orang banyak dia yang mengatur. Tapi kok banyak banget ya yang ingin jadi pemimpin? Aneh!

Saya, c4punk see u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star







Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uni214 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
02-11-2020 12:57
wow, keren sekali opini om Capung, sayangnya utang terus bertambah
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
02-11-2020 14:36
ekonomi timor lester skrg gmna
masih SDA atau udah industri
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
02-11-2020 17:51
kita tonton dan ambil hikmahnya untuk kemajuan negara Indonesia tercinta
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
02-11-2020 18:27
banyak urusan lain yg lebih penting. udah, dibiarin aja
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
02-11-2020 20:49
Kalau sampai china bikin pangkalan militer di timor leste, indonesia juga sedikit besarnya bakalan kena imbas
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
02-11-2020 20:50
Januari dikota Dili
profile-picture
profile-picture
langkasenenge dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
02-11-2020 23:07
Timor leste gak punya pilihan tuk tetap bertahan, salah sendiri ausi cm mikirin enaknya doang
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
02-11-2020 23:25
Ya udah lah biarin aja, wkwk. emoticon-Ngacir
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
03-11-2020 01:33
Mkny jg suka intervensi negara org
Antek2 asu
Sok2 membela ,pdhla nyusahin doank lo emoticon-fuck3
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
03-11-2020 11:29
Selamat ya leste.. emoticon-Smilie
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
03-11-2020 19:58
timor lesteee
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
03-11-2020 23:29
ngarep jadi singapore ke 2 emoticon-Ngakak
0 0
0
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
03-11-2020 23:45
Gercep jg ya cina lobby, yg timor leste kg salah mau ngarepin aussi kg ngasih duit
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
04-11-2020 14:09
emoticon-Wow bisa gitu emoticon-Matabelo
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Benar, Australia Akan Kehilangan Timor Leste Digantikan Oleh China?
05-11-2020 07:18
Timor leste kena batunya.berhutang ke bank exim china.untuk membeli saham perminyakan lepas pantai celah timor supaya menguasai saham mayoritas bermimpi sebagai dubai
Kena pandemi harga migas jatuh.timor leste kesulitan bayar angsuran
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia