• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mercedes Benz Sprinter, Angkutan Premium DAMRI yang Mewah dan Berekelas

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Mercedes Benz Sprinter, Angkutan Premium DAMRI yang Mewah dan Berekelas
DAMRI menjadi perwakilan pemerintah di bidang transportasi, meski banyak pengusaha jasa transportasi swasta yang mulai mnejamur, namun demikian keberadaan DAMRI masih dibutuhkan. Untuk memberi pelayanan maksimal DAMRI selalu menghadirkan armada terbaru, salah satunya menggunakan produk otomotif asal Jerman.

Kali ini TS akan mengulas salah satu produk otomotif asal Jerman yang terkenal mewah dan nyaman, produk tersebut kini menjadi andalan DAMRI untuk memberi pelayanan maksimal kepada masayrakat Indonesia. Langsung saja kita mulai ulasannya gan sist.


Mercedes Benz Sprinter

Produk terbaru DAMRI kali ini berwujud mini bus (sebutan orang Indonesia), pihak pabrikan memasukan kendaraan ini ke dalam jenis van. Kendaraan van ini seingat TS mulai dikenalkan di Indonesia pada tahun 2013 bersamaan dengan dikenalkannya chasis bus premium O 5000 R 1836 (cmiiw). Mini bus dari Jerman ini menawarkan kemewahan serta kenyamanan, harga OTR-nya berkisar Rp 800 juta (belum termasuk interior).

Jika ingin menambahkan interior, para pembeli harus membawanya ke karoseri. Tentu biaya akan bertambah, karena setiap karoseri mematok harga yang berbeda-beda untuk pembuatan interior ini. Rata-rata pembuatan interior tersebut menghabiskan dana kurang lebih mencapai Rp 1 Miliar (cmiiw), harga mini bus ini sudah setara harga beli bus besar yang sudah dibuatkan body di karoseri.




Mercedes Benz Sprinter milik DAMRI, foto diedit oleh TS.

Sumber foto: instagram Sleman City Hall.


Keluarga Sprinter sendiri terdiri dari 3 varian utama gan sist, varian tersebut diberi kode sebagai berikut: CDI 315 A2 (standar), CDI 315 A3 (sedang), CDI 315 A4 (chasis panjang). Kalau dilihat rata-rata Sprinter milik DAMRI memakai varian A3 untuk kendaraan angkutan penumpang menuju bandara.

Beda dari 3 varian tersebut terletak pada panjang chasisnya, dimana varian A4 memiliki chasis yang paling panjang. Untuk lebih jelasnya kita lihat perbandingan foto dibawah ini.





Sprinter A2.

Foto ilustrasi dari mobil123.com

Seluruh keluarga Sprinter ini menggunakan mesin OM 651 DE 22 LA, mesin yang juga dipakai oleh dua varian lainnya gan sist. Panjang A2 sendiri mencapai 5.910 mm. Untuk lebar dan tingginya, ke tiga varian ini memiliki ukuran yang sama. A2, A3, dan A4 memiliki lebar 1.993 mm dan tinggi 2.820 mm.




Sprinter A3.

Foto Ilustrasi dari mobil123.com

Nah ini dia anak kedua dari keluarga Sprinter dengan panjang 6.961 mm, selisihnya gak begitu jauh gan sist dengan anak pertama. A2 dan A3 sama-sama bisa membawa 14 orang (termasuk sopir) untuk varian standar dari pabrikan. Namun untuk angkutan DAMRI atau Pariwisata biasanya konfigurasinya hanya untuk 11 orang (termausuk sopir).




Sprinter A4.

Sumber Foto Ilustrasi

Ini adalah varian ke tiga dengan kode A4, merupakan varian terpanjang dari keluarga Sprinter gan sist. Dengan total panjang mencapai 7.345 mm, selisih sedikit saja dengan varian A3. Kapasitas angkutnya mencapai 22 orang (termasuk sopir), gimana sudah tahu kan gan sist perbedaannya ?


Spesifikasi Sprinter Milik Damri

Sekarang kita balik ke pokok pembahasan, kali ini TS akan mengajak gan sist mengenal armada DAMRI tersebut dan juga keluarga Sprinter pada umumnya. Kita mulai dari eksterior dulu gan sist.

Jika kita perhatikan pada bagian depan terlihat grill milik Sprinter ini cukup lebar, grill tersebut ditambahkan tiga buah garis melengkung. Kemudian pada bagian tengahnya terdapat logo Mercedes Benz dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa emoticon-HammerSelain itu pada kap mesin bagian atas, dekat dengan spion. Masing-masing dibuatkan dua buah tambahan kisi-kisi udara, selain itu ada tambahan anetena juga.

Untuk bagian lampu utamanya sudah memakai LED, namun begitu kebanyakan Sprinter yang digunakan untuk Pariwisata atau angkutan penumpang tidak memiliki lampu kabut. Sepertinya keberadaan lampu kabut ini hanya opsional gan sist (cmiiw).




Tampak depan dari Sprinter.

Sumber Ilustrasi Foto


Untuk spionnya juga dibuat lumayan besar untuk menunjang ukuran body yang cukup bongsor ini. Sementara itu pada bagian samping bodynya ditempatkan masing-masing 3 buah lampu sein berbentuk kotak kecil.

Untuk pintu penumpang sendiri adalah jenis pintu geser dan hanya ada disebelah kiri, dimana pengoperasiannya bisa dilakukan secara otomatis melalui tombol pada dashboard atau bisa juga dibuka secara manual dari luar. Pada setiap rodanya juga dibuatkan sedikit lekukan pada bagian spakbornya.




Tampak samping DAMRI Sprinter.

Ilustrasi foto dari jogjatribunnews.com


Beralih ke belakang, pada pintu belakangnya terdapat logo Mercedes Benz pada bagian tengah, serta tulisan kode nama Sprinter dan 315 CDI pada sisi setiap pintu. Pada bagian bumper bawah diberikan lampu kucing berwarna merah. Untuk lampu belakangnya dibuat vertikal memanjang ke bawah.

Untuk membuka pintu belakangnya ke arah samping gan sist, unit DAMRI ini dibuatkan sedikit ruang untuk bagasi dibagian belakangnya. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat foto dibawah.




Tampak bagian belakang.



Bagasi belakang DAMRI Sprinter.

Ilustrasi foto: Screen Shoot Youtube New Damri


Puas melihat ke belakang kita lihat interiornya gan sist, dimulai dari kabin pengemudi. Kabinnya terasa lega, apalagi tuas persenelingnya ditaruh di dashboard, tidak seperti merek sebelah yang menawarkan kabin luas namun tuas persenlingnya masih berada di jok tengah.

Di bagian dashboardnya gan sist, mini bus ini memiliki banyak tempat rahasia untuk menyimpan barang atau gawai milik kita. Bagian penyimpanan ini juga cukup luas menurut ane, sudah TS beri angka untuk tempat penyimpanannya. Coba lihat ilustrasi di bawah.




Foto editan TS.

Foto ilustrasi dari mobil123.com


Pada angka 1 diatas, jika kita buka maka kita akan melihat ruang penyimpanan disana. Kemudian pada angka 2, 3 dan 4 juga terdapat wadah menyimpan barang yang cukup dalam. Letaknya persis diatas dashboard gan sist, terbagi menjadi 3 tempat mulai dari sisi kiri, tengah dan kanan (di depan setir).

Selain itu persis di dekat persenelingnya jika kita buka akan ada tempat menyimpan barang "lagi", juga terdapat cup holder disini. Pada atap kabinnya juga ada tempat barang gan sist, letaknya tepat diatas sopir dan penumpang.




Nah ini kalau kita buka ada semacam cup holder dan tempat barang "lagi".

Foto: Screen Shoot dari Youtube Mas Wahid.


Pada kabin depannya sudah dibekali fitur mp3 player, radio, power window, serta beberapa tempat penyimpanan. Di bawah mp3 playernya terdapat beberapa tombol untuk pengaturan AC serta pintunya. Panel speedometernya terlihat biasa saja, namun hal ini tidak mengurangi kemewahannya.




Speedometer Sprinter.

Foto ilustrasi dari mobil123.com


Untuk varian Sprinter ini, standar pabriknya dilengkapi intercom dan sekat kaca. Namun Sprinter milik DAMRI tidak dilengkapi dua hal tersebut. Sekat kaca ini digerakkan dengan cara otomatis, dengan menekan tombol yang ada dikabin penumpang, tepat dibelakang sopir. FYI hanya penumpang yang bisa mengaktifkan sekat ini gan sist.

Sementara untuk intercom berfungsi sebagai media komunikasi penumpang dan sopir ketika sekat tersebut sudah ditutup sepenuhnya, jadi nanti dibelakang sopir juga ada intercom untuk penumpang gan sist. Bentuk intercomnya mirip seperti telepon rumah, hal itu terdapat pada varian standar yang biasa dipakai oleh penyedia jasa pariwisata atau travel.




Ilustrasi intercom Sprinter.



Ini sekat yang TS maksud, milik DAMRI tidak dipasangi sekat ini.

Foto: Screen Shoot Youtube Mas Wahid.


Kembali ke Sprinter DAMRI, pada kabin belakangnya dibuatkan motif kayu untuk lantainya. Sedangkan bagi penumpang dibelakang disediakan TV LCD yang cukup besar untuk hiburannya. Selain itu sprinter sendiri juga sudah dilengkapi USB charger.

Bangkunya bisa diatur sesuai keinginan kita dan setiap bangku juga sudah dibekali sandaran kaki, untuk pengaturan posisi bangku sudah menggunakan mekanisme otomatis. Setiap bangku juga sudah dilengkapi sabuk pengaman.




TV LCD.



Bangku dengan sandaran kaki.



USB charger.

Foto: Screen Shoot Youtube New Damri.


Sebagai penutup TS akan sajikan spesifikasi mesinnya, 3 varian Sprinter ini memakai mesin yang sama. Mesin tersebut bernama OM 651 DE 22 LA, mesin ini telah lulus uji emisi Euro 3. Tenaga yang dihasilkan mesin itu mencapai 150 hp pada 3.800 rpm, dengan torsi 330 Nm pada putaran mesin 2.400 rpm.

Tenaga tersebut lantas dikimpoikan dengan dengan transmisi manual ECO gear 360 dengan 6 kecepatan. Terdapat dua pilihan transmisi gan sist, yaitu manual serta otomatis. FYI karena sudah Euro 3 mesinnya, Sprinter wajib minum Solar Dex gan sist agar mesinnya mampu bekerja optimal.

Untuk fitur keamanannya antara lain terdiri dari Anti Lock Breaking System, EBD (Electronic Brake Distribution), Vehicle Stability Control System. Selain digunakan sebagai Shuttle DAMRI serta kendaraan travel, Spinter juga bisa digunakan sebagai ambulance. Di luar negeri terdapat versi Sprinter 4 WD (penggerak empat roda), namun untuk pasar di Indonesia sendiri tidak diberikan versi 4 WD tersebut.




Sprinter A2 versi ambulance.

Sumber Ilustrasi Foto


Harga bekasnya sendiri ada dikisaran angka Rp 400-500 juta untuk Sprinter tahun 2016 ke bawah. Untuk harga barunya sekitar Rp 2 M++, sudah termasuk pembuatan interior di karoseri gan sist.

Kalau harga OTR-nya berkisar Rp 800-900 juta saat ini seperti yang TS tulis tadi diawal, harga ini belum termasuk interior kabin penumpangnya. Agan dan sista perlu membawa ke karoseri untuk merombak interior bagian kabin penumpang serta kabin depannya.

Dengan harga tersebut TS rasa cukup "worth it" gan sist, dengan segala fitur yang ditawarkannya. Mengingat chasis Sprinter adalah tipe chasis monocoque yang tentunya lebih ringan dan memberi perlindungan lebih baik. Chasisnya sendiri murni dibuat untuk mini bus, bukan chasis truk yang dipaksa menjadi mini bus seperti produk dari Negeri Sakura.




Sumber Ilustrasi Foto


Tarif yang dikenakan untuk Shuttle DAMRI ini antara Rp 20-30 ribu, cukup murah kan gan sist ? Dengan harga tersebut kita bisa merasakan naik kendaraan mewah, selain melayani Shuttle, Sprinter DAMRI juga melayani rute menuju ke beberapa tempat wisata.

Salah satu rute wisata itu adalah UGM-Candi Borobudur, itu salah satu rute yang dilayani Sprinter saat yang TS tahu saat ini. Selain dioperasikan oleh negara, Sprinter juga banyak digunakan oleh beberapa PO bus serta jasa travel.

Demikian cerita panjang mengenai Sprinter kali ini, semoga bisa menambah wawasan serta referensi baru buat kita semua. Apakah gan sist teratrik membeli kendaraan ini atau tertarik mencoba layanan DAMRI ? Jangan lupa nanti komen dibawah. Sampai jumpa lagi, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image]
isu152orgbekasi67tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.4K
61
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.