0wlcelepukkkAvatar border
TS
0wlcelepukkk
Perubahan Provinsi Sunda, Manfaat atau Mudorot?
PR PANGANDARAN – Baru-baru ini ada usulan mengenai perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi bernama Sunda atau Tatar Sunda.
Sumber


Sumber

Ya itu adalah sepenggal berita dari wacana penggantian nama provinsi jawa barat menjadi provinsi sunda. Tentunya para tokoh sunda sudah memikirkan kenapa nama provinsi jawa barat harus diganti dengan nama sunda. Namun dari sini pun ane juga punya pendapat sendiri apabila nama provinsi jawa barat benar- benar diganti menjadi sunda

Dampak positif

1. Menimbulkan semangat kejayaan masa lampau
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dahulu kala didalamnya terdapat banyak kerajaan. Kerajaan kerajaan sempat berjaya pada masanya. Dimasa sekarang orang- orang masih terhanyut oleh kisah kejayaan pada masa lampau. Maka dengan mengubah nama suatu daerah dengan nama dimasa lampau akan menimbulksn semangat lagi untuk mengbalikan kejayaan tersebut.

2. Mempetegas identitas kedaerahan
Dengan mengubah nama dengan nama yang identik dengan jati diri kedaerahan / kesukuan maka identitas kedaerahan tersebut semakin tegas dan jelas hal ini semakin menunjukan keragaman indonesia. Tidak bisa dipungkiri dijaman sekarang jati diri kedaerahan seseorang sudah sulit untuk diidentifikasi.

3. Munculnya semangat menjaga kebudayaan daerah
Semangat untu melestarikan kebudayaan akan semakin tumbuh karena semakin jelasnya identitas kedaerahan hal ini sangat bagus guna terus memelihara kebudayaan agar tidak ditinggalkan oleh generasi muda.

Dengan penggatian nama daerah dengan nama yang baru tentunya diharapkan akan menimbuklan semangat yang baru. Namun tentunya tidak hanya dampak positif yang muncul, dampak negatif tentunya pasti ada. Adapun dampak negatif yang mungkin muncin antara lain:

1. Terjadinya sentimen kedaerahan
2. Mudah terjadinya perpecahan
3. Semangat nasiomalisme memudar

Tentunya ane berharap apapun keputusan yang diambil suatu daerah lebih banyak manfaatnya untuk daerah dan bangsa dari pada lebih banyak mudorotnya.

Seperti moto atau semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tapi tetap satu. Bhineka Tunggal Ika menunjukkan bukti keanekaragaman Nusantara yang patut dijunjung tinggi, serta saling menghargai perbedaan.


Bonus klik disini
amdar07
Junmai92
indramamoth
indramamoth dan 21 lainnya memberi reputasi
20
10.7K
264
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.