News
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9d3ecc82d49562e27eb484/nggak-ikuti-menaker-sultan-hb-x-naikkan-ump-diy-354
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menetapkan upah minimum provinsi (UMP) 2021. Sehingga UMP tahun depan naik 3,54% dari UMP tahun ini. "Pada hari ini Gubernur DIY telah menandatangani Keputusan Gubernur DIY nomor 319/KEP/2020 tentang Penetapan UMP DIY 2021 tertanggal 31 Oktober 2020," kata Ketua Dewan Pengupahan DIY, Aria Nugrahadi melalui keterangan tertul
Lapor Hansip
31-10-2020 17:39

Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%

Quote:
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%


Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menetapkan upah minimum provinsi (UMP) 2021. Sehingga UMP tahun depan naik 3,54% dari UMP tahun ini.

"Pada hari ini Gubernur DIY telah menandatangani Keputusan Gubernur DIY nomor 319/KEP/2020 tentang Penetapan UMP DIY 2021 tertanggal 31 Oktober 2020," kata Ketua Dewan Pengupahan DIY, Aria Nugrahadi melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (31/10/2020).

"Sehingga UMP DIY untuk tahun 2021 ditetapkan sebesar Rp1.765.000,- atau naik sebesar 3,54% dari upah minimum yang berlaku pada tahun ini," lanjut Aria.

Dia menjelaskan, keputusan Gubernur untuk menaikkan UMP tahun 2021 mempertimbangkan rekomendasi dari pihaknya pada hari Jumat (30/10/2020). Rekomendasi Dewan Pengupahan DIY, merupakan hasil sidang pleno dewan pengupahan DIY yang dihadiri oleh ketiga unsur Dewan Pengupahan.

Adapun ketiga unsur ini meliputi unsur pemerintah, unsur pekerja/buruh, dan unsur pengusaha, dengan mempertimbangkan peningkatan perekonomian bagi pekerja dan kelangsungan usaha pada saat pandemi COVID-19 serta untuk menjaga stabilitas dan menciptakan suasana hubungan industrial yang kondusif.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo juga memilih tak mengikuti Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang menetapkan UMP 2021 sama dengan tahun ini. Ganjar memilih menaikkan UMP Jateng sebesar 3,27%.

Lebih lanjut, hasil rekomendasi Dewan Pengupahan DIY yang disepakati berupa saran dan pertimbangan kenaikan upah minimum sebesar 3,33% berdasarkan kajian tenaga ahli menggunakan data BPS (pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional) dan sebesar 4% berdasarkan permintaan dari unsur pekerja/buruh.

"Adapun dari unsur pengusaha tidak berkeberatan atas kenaikan Upah Minimum sebesar 3,33% hasil kajian tenaga ahli," ucapnya.

"Berdasarkan pertimbangan rekomendasi di atas, Gubernur DIY menetapkan UMP DIY tahun 2021 sebesar Rp1.765.000,- dan berlaku mulai 1 Januari 2021," imbuh Aria.

Pengambilan keputusan Gubernur tersebut, merupakan kewenangan kepala daerah dalam hal penetapan UMP sebagai jaring pengaman, sesuai PP 78 tahun 2015. Hal tersebut mempertimbangkan kondisi perekonomian di masa pandemi COVID-19 ini.

"Keputusan Bapak Gubernur DIY untuk menaikkan UMP DIY didasarkan atas pertimbangan dan kebijakan yang mendalam, mempertimbangkan kondisi perekonomian di masa pandemi COVID-19, serta peningkatan perekonomian bagi pekerja dan keberlangsungan usaha," katanya.


SUMBER





MANTAB BETUL SULTAN emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
31-10-2020 22:21
rajanya kaya raya berlimpah harta dan tanah

rakyatnya ? bodo amat
profile-picture
UriNami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
31-10-2020 22:37
wuihhh sekali ngeluarin kebijakan nih... langsung yak mantab banget
0 0
0
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
31-10-2020 22:59
Akhirnya pendapatan orang Jogja lumayan ditingkatkan lagi. Anyway beberapa daerah sudah memutuskan untuk menaikkan UMP ya.
0 0
0
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
31-10-2020 23:19
Biaya hidup di Jateng memang murah jika hidup mereka nggak perlu beli barang barang dari minimarket..

Memang murah jika hidup mereka nggak perlu beli pulsa..

Mau gosok gigi pake abu gosok jangan pake pasta gigi..

Mau keramas pake merang jangan pake shampo..

Mau mandi jangan pake sabun..cukup gosok pake batu koral..

Mau komunikasi jangan pake telpon.. cukup pakai telepati..

Biaya untuk makan bolehlah rendah..tapi kan biaya penunjang hidup yg dibeli dari minimarket sama saja harganya dengan di kota kota besar lainnya..

Yiiihaaa
emoticon-Ngacir
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
31-10-2020 23:20
Hidup yogyakarta
Kota penuh kesopanan santunan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
31-10-2020 23:24
Smga aja bnar gan.wlau pun sdkit,tpi ttep naik.
0 0
0
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
01-11-2020 09:38
Yogya sih emang rendah banget upahnya.
0 0
0
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
01-11-2020 11:20
naik upah naik inflasi
0 0
0
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
01-11-2020 18:37
Sultan emang mantab ya, kan kebijakan soal upah minimum dan sebagainya kan masih kebijakan masing2 pemerintah provinsi kan yak, gak terlalu melulu terpaku sama omnibus law tuh.
0 0
0
Nggak Ikuti Menaker, Sultan HB X Naikkan UMP DIY 3,54%
13-11-2020 20:43
Pencitraan
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia