• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Motor Listrik Mulai Kenakan Pelat Nomor Khusus, Begini Bentukannya!

GENKBOL
TS
GENKBOL
Motor Listrik Mulai Kenakan Pelat Nomor Khusus, Begini Bentukannya!

Pada awal tahun 2020 lalu, pemerintah telah menyetujui bahwa pelat nomor kendaraan listrik akan mendapatkan sentuhan warna yang berbeda dari pelat nomor kendaraan konvensional. Dan sekarang pelat nomor khusus itu udah mulai digunakan. Pelat nomor kendaraan listrik mendapat sentuhan warna biru pada bagian masa berlaku Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). 

Pelat nomor khusus ini dibikin untuk pembeda dengan kendaraan konvensional, karena kendaraan listrik akan mendapatkan beberapa keistimewaan ketika di jalan. Motor listrik Gesits sudah mulai menggunakan pelat nomor khusus ini. Ini terlihat dari akun Instagram fanbase Gesits yang memposting pelat nomor khusus tersebut.




Meskipun mendapatkan sentuhan warna khusus, warna dasar pelat nomot tetap mengacu pada peraturan yang sudah ada. Misalnya, untuk kendaraan pribadi tetap di didominasi oleh warna hitam dengan warna biru dibagian masa berlaku pelat nomor. FYI, pemilihan warna biru ini merupakan rekomendasi dari forum Korlantas. Ini sesuai dengan program langit biru.

Masih di akun Instagram fanbase Gesits, terdapat postingan yang menampilkan STNK dari motor listrik tersebut. Pajak kendaraan bermotor (PKB) Gesits pun murah meriah. Tak sampai Rp 100 ribu, PKB Gesits yang dibayarkan saban tahun cuma Rp 63.000. Ditambah SWDKLLJ sebesar Rp 83 ribu. Coba detikers bandingkan dengan skuter matik (skutik) bermesin bensin. Skutik 110 cc saja pajaknya sudah lebih dari Rp 100 ribu per tahun.



orangemonkeyzeergytien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.8K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.