ygkausakiti
TS
ygkausakiti
Riau Pesisir, Calon Provinsi Baru Di Indonesia??


Perjalanan panjang Kerajaan kerajaan besar dan kecil di Riau memberikan warna warni tersendiri tentang masa depan riau itu sendiri, setelah berakhirnya kerajaan terakhir diriau yaitu kerajaan Siak dan bergabung dengan Republik Indonesia di tanggal 28 November 1945 mengikuti jejak ibu Pertiwi.



Pada 15 Maret 1999 Terjadilah Pergejolakan masyarakat Riau tentang ketidakadilan pemerintah pusat terhadap terhadap pembagian keuntungan sebagai provinsi minyak di Indonesia. di deklarasikan Gerakan Riau Merdeka. seingat ane nih yee gerakan Riau merdeka sampe 2006-2007 masih ada yg teriak atau bahas tentang ini.

Sebagai Penghasil Minyak Cakupan Daerah riau cukup luas untuk menambang Minyak bumi dan gas alam daerahnya meliputi
Duri, Riau
Dumai, Riau
Minas, Riau (~15 miliar, gabungan dari ladang minyak Duri, Dumai, dan Minas)
Kotabatak, Riau
Bekasap, Riau
Zamrud, Riau
Petani, Riau
Ampuh, Riau
Petapahan, Riau
Pedada, Riau
dan Terakhir Bangko Riau.

Pembentukan Provinsi Riau Pesisir

Setelah bertemunya tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari 5 kabupaten dan kota yang akan bergabung di provinsi baru ini.

Mantan Gubernur Riau Annas Maamun kembali mengungkit isu pembentukan Provinsi Riau Pesisir yang sudah lama diwacanakan. Bahkan ia memperkirakan provinsi tersebut akan terbentuk 3 bulan ke depan.

Hal itu diungkapkan Annas Maamun yang baru bebas dari penjara dalam kasus suap alih fungsi lahan di Riau, saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Rokan Hilir dalam rangka HUT ke-21 Kabupaten Rohil, Minggu (4/10/2020).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR), Dr drh Chaidir MM kepada melihat tidak ada masalah dengan pernyataan mantan bupati Rokan Hilir 2 periode tersebut.

"Tidak masalah (pembentukan Provinsi Riau Pesisir). Karena secara prinsip tidak ada yang salah dengan pernyataan pak Annas Maamun. Karena wacana Riau Pesisir itu pernah diputuskan dalam rapat paripurna DPRD Riau. Dan itu sudah disetujui oleh DPRD," kata Chaidir, Minggu (4/10/2020) dikutip dari cakaplah.

"Artinya pembentukan provinsi baru itu akan mempercepat pembangunan di daerah pesisir, yang otomatis akan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ujarnya.

Selain itu, lanjut Chaidir, dengan terbentuknya Riau Pesisir, maka akan terbuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat.

"Kemudian pembangunan infrastruktur akan lebih cepat. Kalau infrastruktur bagus, maka investasi akan banyak yang masuk," terangnya.

Namun dalam konteks ini, Chaidir menegaskan bahwa isu pembentukan Riau Pesisir bukan bentuk kekecewaan provinsi Riau.

"Jadi bukan itu, ini perlu saya tegaskan. Tapi semata-mata untuk percepatan pembangunan," tegas mantan Ketua DPRD Riau ini.

Chaidir mencontohkan, pemekaran Riau Pesisir ini sama seperti pemekaran Provinsi Kepulauan Riau dulu.

"Waktu Kepulauan Riau belum dimekarkan, sangat lambat sekali perkembangan di wilayah kepulauan sana. Ternyata setelah dimekarkan cepat sekali pembangunan di sana," ucapnya.

"Jadi tidak ada yang salah dengan pernyataan pak Annas. Karena kalau pemekaran Riau Pesisir ini yang diuntungkan masyarakat. Kalau mengenai waktunya, saya tidak tahu kapan bisa terwujud provinsi Riau Pesisir ini," ucapnya.


Akhir Kata~ Menurut ane pribadi pembentukan Awal Riau Pesisir udah di canangkan ketika Atuk Annas Maamun masih mencalonkan diri sebagai Gubernur ditahun 2014 waktu itu masih SMA Kalo ga salah. namun ditahun 2020 di bahas lagi. Yang penting semua daerah maju. korupsi dikurang kurangi. hahaha

Nah Gimana menurut Agan agan semua??
Layak ga berdiri Provinsi Riau Pesisir


Pemandangan pelabuhan Kota Bengkalis

Pasar di Selat Panjang

salah satu air terjun di Pasir Pengaraian

Kegiatan Air Pacu Jalur di Taluk Kuantan

Klenteng tertua di Bagansiapiapi

Salah Satu Jembatan Kota Siak Sri Indrapura

Pelabuhan Kota Dumai

Kota Duri, Bengkalis

pemandangan di Kota Pangkalan Kerinci

Pantai Solop di Kabupaten Indragiri Hilir

Yang mau camping monggo ke Rengat, Indragiri Hulu

Asia Barn Pekanbaru
Diubah oleh ygkausakiti 27-10-2020 18:31
indramamothatamleeNikita41
Nikita41 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
7.2K
210
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.