durenkampung
TS
durenkampung
Seruan Boikot Kencang, Ini Daftar Produk Prancis di RI


Sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang tidak akan menarik karikatur Nabi Muhammad SAW memancing emosi masyarakat di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim. Seruan boikot produk Prancis semakin keras terdengar di negara-negara itu.
Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar juga ikut protes terhadap sikap Emmanuel Macron. Indonesia sudah mengambil sikap melalui Kementerian Luar Negeri yang memanggil duta besar Prancis di Indonesia, Olivier Chambard.

Namun tidak ada seruan dari pemerintah Indonesia mengajak boikot produk Prancis. Meski begitu, netizen Indonesia ramai membahas gerakan boikot produk Prancis.

Terlepas dari ajakan boikot tersebut, bagaimana sebenarnya hubungan dagang Indonesia dan Prancis? Produk apa saja dari Prancis yang masuk ke Indonesia?

Melansir CNBC Indonesia, nilai ekspor produk-produk Prancis yang ke Indonesia mencapai US$ 1,68 miliar pada 2018. Di tahun berikutnya, nilai ekspor produk Prancis ke RI naik menjadi US$ 1,8 miliar atau setara dengan Rp 26,1 triliun (kurs Rp 14.500).

Hubungan dagang Indonesia dengan Prancis memang tidak sebesar dengan negara-negara Uni Eropa lainnya seperti Italia dan Jerman.

Produk Prancis yang paling banyak diimpor Indonesia adalah pesawat terbang dan komponennya yang mencapai lebih dari 45% dari total impor. Prancis sendiri memiliki perusahaan manufaktur pesawat terbang bernama Airbus yang bermarkas di Toulouse. Berbagai maskapai Indonesia menggunakan pesawat tersebut.

Selain itu ada juga produk medis yang diimpor dari Prancis hingga bahan baku industri terutama untuk mesin dan peralatan listrik. Tak hanya itu produk-produk konsumen seperti minuman beralkohol, air dadih hingga kosmetik dan perawatan diri juga didatangkan RI dari Prancis.

Untuk produk kecantikan asal Prancis cukup tenar di Indonesia, yakni L'Oreal hingga Garnier. Sementara untuk produk makanan ada merek-merek tenar seperti Danone hingga Kraft yang produknya banyak tersebar di jaringan minimarket dan supermarket di Indonesia.

Produk Prancis yang masuk ke Indonesia juga menyentuh sektor otomotif. Seperti Renault dan Peugeot. Ada juga Total dan elf di sektor energi.

Namun produk-produk Prancis yang sangat tenar di Indonesia adalah merek-merek high end seperti Louis Vuitton, Chanel, Hermes, Mont Blanch, Yves Saint Laurent. Ada juga merek fashion lainya seperti Lacoste, Pierre Cardin.

BPS mencatat sepanjang Januari-Juli 2020 nilai total impor dari Prancis ke Indonesia mencapai US$ 682 juta, turun 17% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Produk yang diimpor Indonesia antara lain, senjata dan peluru 282,029 Kg, senilai US$ 71,9 juta. Selain itu, pulp and waste paper 111,8 juta kg, senilai US$ 45,9 juta. Juga ada impor mesin dan motor termasuk suku cadang 699.281 kg senilai US$ 436 juta.

Tercatat juga produk kesehatan dan farmasi sebanyak 681.044 kg, nilainya US$ 33,9 juta. Produk lainnya yaitu kedelai 120.743 kh nilainya US$ 73.370. Indonesia juga mengimpor mentega 286.790 kg nilainya US$ 238 juta.

Sumber :

https://finance.detik.com/berita-eko...rancis-di-ri/1


Produk Perancis

1. Kraft (ini udah ganti nama deh).. Berarti keju, oreo, apalagi ya
2. Garnier dan L'oreal
3. Renault sama Peugeot (ga laku di sini)


Yang gede itu LV, Hermes, Dior emoticon-Big Grin

Mana nih suaranya sosialita yang suka pamer barang ini? Bakar donk emoticon-Big Grin

Atau paling ga, injek-injek gitu terus buang ke kali ciliwung.. Jangan cuma taro di lantai doank..

emoticon-Ngakak
darwinsilblangitnyabiruviniest
viniest dan 34 lainnya memberi reputasi
31
11.8K
349
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
668.8KThread39.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.