dispenserrAvatar border
TS
dispenserr
pengepungan leningard : upaya genosida satu kota oleh hitler
"Leningrad harus mati karena kelaparan"

kata Hitler dalam pidato di Munich pada 8 November 1941. Dan itulah yg terjadi utk 3 tahun kedepan di leningard dengan korban jiwa satu juta jiwa lebih.

Sejarah mencatat, 8 September 1941-8 januari 1944 selama Perang Dunia II, pengepungan Leningrad mungkin adalah salah satu pengepungan paling mengerikan.

Rencana Hitler adalah untuk memutus semua rute pasokan makanan ke kota yang saat ini bernama St Petersburg, Rusia, menyiksa dua setengah juta penduduknya pada masa itu.

Di musim-musim selanjutnya, estimasi ratusan ribu sampai satu juta orang mati kelaparan dan kedinginan didalam rumah maupun dijalanan.

Pada November 1941, Leningrad mulai kekurangan makanan. Masyarakan dibagikan kupon makanan supaya distribusi stok bahan makanan yang menyusut tetap merata. Selama musim dingin pertama pengepungan, sekitar 780 ribu penduduk meninggal karena kedinginan dan kelaparan,ini setara 1/3 penghuni leningard,dan ditshun berikutnya 500 ribu korban jiwa lainnya menyusul.

Namun byk jg dr mereka berhasil bertahan.bagaimana caranya?

memakan apa saja dan membakar apa saja



Aleksandra Liubovskaia,pada diary nya menulis.."laki laki dan perempuan sudah tidak ada bedanya lagi,dada perempuan menyusut,perut membuncit,tangan dan lengan mereka hanya tulang dibalut kulit dengan kerutan"

pada awalnya anjing dan kucing dijalanan menghilang.pembatasan rasio makanan dilakukan,namun jauh dari cukup.


kupon jatah makanan

setelah tidak ada lagi makanan layak,Orang-orang berusaha dengan sisa kekuatan mereka untuk tetap hidup dengan makan serbuk gergaji,Lem, selulosa, jarum pinus, sol sepatu, ikat pinggang kulit, dan banyak lagi — segala hal yang mengandung sesuatu yang organik dan dapat dikonsumsi digunakan sebagai makanan selama pengepungan.

Produk-produk tersebut pada awalnya diselamatkan dari beberapa pabrik dan tanaman kota: lemak babi dan vaseline yang digunakan untuk menggosok slipway kapal, lem tulang dan tepung tulang, bahkan semir sepatu organik — orang menemukan cara untuk memasak semua ini.

Lem direbus selama berjam-jam di atas api kecil (baunya tak tertahankan), lalu garam, merica — bumbu apa pun, cuka, dan moster ditambahkan untuk menutupi bau busuk.

cara terakhir adalah kanibalisme...Daniil Granin, seorang yg selamat dari pengepungan leningard menceritakan seorang ibu memotong mayat anaknya yg berumur 3 tahun,sebagian demi sebagian,yg ia letakan di luar jendela selama musim dingin,utk memberi makan anaknya yg lain.diketahui ada 1000-2000 kasus kanibalisme di leningard saat itu,meski dilarang secara resmi.

Saat mencoba merebut Leningrad, orang Jerman, pertama-tama membom pasokan air kota. Pada 1942, air keran terputus, sehingga air diperoleh di kanal dan sungai.

"Kami berlutut di dekat lubang es dan mengambil air dengan ember .... Saat Anda menyeret ember kembali ke rumah, air membeku. Kami membawanya pulang dan mencairkannya. Itu kotor, jadi kami merebusnya,” kenang seorang korban pengepungan.

“Sedikit untuk makanan, sedikit untuk mencuci. Kami harus sering mengambil air. Dan itu sangat licin, menyusuri pantai ke lubang es sangat sulit. Karena orang-orang lemah (karena kelaparan): mereka dapat mengambil satu ember penuh air, tetapi tidak dapat mengangkatnya kembali. Kami saling membantu untuk naik, sementara air tumpah."

dan ketika kondisi semakin memburuk,penduduk harus mengumpulkan air dari retakan-retakan aspal di Nevsky Prospekt yang disebabkan tembakan artileri.

selain itu byk penduduk leningard membakar hampir seluruh harta benda mereka utk menghangatkan diri,buku,furniture,dll.

jalan kehidupan(danau ladoga)

Danau Ladoga adalah satu-satunya penghubung kota tersebut dengan dunia luar,danau ini menjadi rebutan jerman soviet,krn menjadi Akses pengiriman logistik oleh soviet.pada musim panas,danau dilalui kapal yg mengirim logistik sekaligus mengevakuasi lansia,dan pada musim dingin danau membeku..cukup beku hingga bisa dilalui truk logistik sekaligus cukup berbahaya utk dilintasi.



truk truk logistik soviet yg melintas danau ladoga tidak memiliki pintu,sehingga apabila ada tanda tanda es nya retak dan menenggelamkan truk,si sopir bisa segera melompat menyelamatkan diri.hanya di dua minggu pertama saja ada 157 truk logistik tenggelam ke bawah permukaan es.

rokok

Ketika kekurangan makanan dimulai, rokok menjadi sangat berharga — merokok menahan rasa lapar dan diyakini dapat menyembuhkan orang dengan penyakit kudis (penyakit akibat kekurangan vitamin C). Karena tidak ada cadangan tembakau besar di kota, pabrik tembakau setempat mulai menambahkan daun dan hop kering ke tembakau. Pada 1942, sebungkus rokok sama berharganya dengan dua hingga tiga jatah roti harian. Hebatnya, pabrik tidak berhenti bekerja selama pengepungan.

Rokok bisa membelikanmu pakaian, sepatu, sayuran — selama pengepungan, rokok lebih berharga daripada uang. Hampir semua anak-anak belajar merokok untuk memerangi kelaparan dan kelemahan, dan sebagian besar korban yang selamat terus merokok di kemudian hari melalui kebiasaan.

https://id.rbth.com/sejarah/82223-mi...-leningrad-wyx

https://id.rbth.com/sejarah/81171-tu...-leningrad-wyx

https://www.dw.com/en/st-petersburg-marks-75-years-since-nazi-siege-of-leningrad/a-47254112

https://www.theguardian.com/world/2016/dec/24/siege-of-leningrad-diaries-only-skeletons-not-people-second-world-war

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Effe...e_on_Leningrad

video pengepungan leningard :
Diubah oleh dispenserr 25-10-2020 07:37
indramamoth
muslim26
go.gone
go.gone dan 48 lainnya memberi reputasi
49
9.3K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.