trikunprayogaAvatar border
TS
trikunprayoga
Malam Jum'at Horor?


Udah lama ga nge-thread wkwk.

Kayanya mau coba bahas topik yang ringan, mungkin juga sudah yang bahas sebelumnya. Oke langsung saja. Kita udah akrab dengan namanya malam jum'at, beberapa dari kita pasti terlintas sesuatu yang horor. Maka dari itu gue mau coba ngulik mengenai malam jum'at yang selalu dikaitan dengan hal mistis.

Entah kenapa gue malah kepikiran dan mulai mencari hal-hal yang berkaitan dengan pemikiran mistis mengenai malam jum'at, dan akhirnya gue menemu titik temu.

Oke, kita mulai.

Pertama-pertama kita tengok dari Budaya, ini berkaitan dengan budaya orang Jawa Konoyang suka melakukan ritual khusus tiap malam jum'at  terutama berkaitan dengan malam jum'at Kliwon. Orang dulu percaya kalau pada malam jum'at Kliwon, semua makhluk ghaib itu akan berkumpul. Sebagian besar pemikiran ini berasal dari budaya orang Jawa. Orang Jawa dulu, suka berpuasa. Mereka akan berpuasa sampai puncak puasa mereka pada malam jum'at Kliwon. Orang-orang Jawa dulu, berpuasa dengan niatan mendapatkan sesuatu. 
Hal lain yang membuat image malam jum'at horor adalah budaya menaruh sesajen ditempat-tempat yang dipercaya ada penunggunya.





Kedua, dari pihak media. Pasti pernah dong nonton Suzana, siapa sih yang ga kenal tokoh ikonik diranah perfilman horor Indonesia.  Ini adalah salah satu contoh peran media yang memberikan pola pemikiran mengenai malam jum'at. Salah satu judul film yang menurutku memiliki pernanan ini adalah "Malam Jum'at Kliwon" tahun 1986, yang dibintangin aktor berbakat Suzana. Mungkin adalah film lain yang bisa memberikan pola pemikiran mengenai malam jum'at yang selalu digambarkan horor.






Ketiga, sejarah yang gue maksud adalah masa kolonial Belanda, mereka tidak hanya menjajah, tetapi juga menyebarkan masalah kepercayaan mistis mereka, salah satunya adalah "Friday the 13th," mereka percaya kalau malam jum'at yang bertepatan dengan tanggal 13 adalah pembawa sial. Sehingga hal ini membuat pemikiran mengenai batapa horornya malam jum'at semakin kuat.




Well, dari semua ini memang tidak lepas dari peran Budaya, Media, dan Sejarah Kolonial Belanda.

Pendek amat yah pembahasan ini, sekian terimakasih.emoticon-Hai

sumber: 
https://www.minews.id
https://www.hipwee.com
https://www.kompasiana.com
https://kumparan.com










Diubah oleh trikunprayoga 30-10-2020 14:58
0
640
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.