Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
10 Daftar Ikan Perenang Tercepat di Dunia Yang Perlu Diketahui

Hai Agan dan Sista sekalian semoga kita masih tetap dalam keadaan sehat dan tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi ini.

Thread kali ini masih membahas tentang dunia ikan di laut, yang akan dibahas adalah kecepatan alaminya yang luar biasa. Berikut sepuluh ikan tercepat dilautan dan ulasan fakta menarik dari ikan tersebut.

10. Tarpon, Kecepatan - 50 km / jam

Foto: dictio.id

Keluarga Tarpon memiliki 2 spesies yang dinamai sesuai habitatnya, Tarpon Indo-Pasifik dan Tarpon Atlantik. Mereka hidup di perairan beriklim hangat dan tropis pada kedalaman hingga 30 meter, dan terkadang memasuki perairan sungai yang terhubung kelaut.

Tubuh ikan yang bentuknya memanjang ini dan ditutupi oleh sisik-sisik besar ciri lainnya adalah memiliki warna kehijauan atau kebiruan di bagian punggung, dan putih keperakan di bagian samping dan perut. Tarpon adalah satu-satunya ikan laut yang dapat menghirup udara atau oksigen karena memiliki struktur khusus pada sistem pernafasan.

Ikan tarpon Atlantik dapat tumbuh hingga 2,5 meter dengan berat hingga 161 kg serta dapat hidup hingga 55 tahun. Kerabat tarpon Indo-Pasifiknya 2 kali lebih pendek dan hanya memiliki berat sekitar 18 kg dan umurnya dapat hidup hingga 44 tahun.

Tarpon hanya memakan zooplankton, udang, kepiting, herring, mullet dan ikan lainnya. Yang berenang jauh dari pesisir pantai, betina tarpon dapat bertelur hingga 20 juta telur.

9. Hiu Macan, Kecepatan - 55 km / jam

Foto: suara.com

Jenis Hiu ini biasanya ditemukan di perairan subtropis dan tropis di Samudra Dunia, hiu ini sering berenang di dekat bibir pantai di kawasan Amerika, India, Cina, Australia, Indonesia, Afrika.

Hiu macan umumnya bermigrasi mengikuti arus laut dan mampu berenang dengan jarak lebih dari 3 ribu kilometer dan dapat berenang di kedalaman 900 meter, ini adalah spesies hiu yang berbahaya bagi manusia karena sering menyerang penyelam.

Ciri-ciri hiu ini biasanya warnanya abu-abu di bagian belakang dan samping dan berwarna putih di bagian perut. Sisi-sisinya memiliki garis-garis melintang yang membentuk pola harimau. Rahang dan gigi hiu macan ini adalah senjata yang berbahaya karena memiliki kekuatan dan keruncingan dalam mengigit buruan atau mangsa, Hiu macan rata-rata memiliki panjangnya mencapai 9 meter dan beratnya lebih dari 1,5 ton.

8. Albula, Kecepatan - 60 km / jam

Foto: ceritapesisir.com

Ikan berukuran sedang ini hidup di bagian perairan hangat atau yang yang terpapar buas sinar matahari berbagi samudra di dunia, Albula lebih memilih tinggal di perairan dangkal dan diperairan hutan bakau di lepas pantai dan terkadang memasuki muara sungai.

Albula memiliki ciri tubuh memanjang yang diselimuti sisik kecil berwarna kehijauan di punggung dan sisik berwarna keperakan di bagian perut. Kepala dengan moncong lancip yang panjangnya sekitar 1/3 bagian panjang tubuhnya.

7. Hiu Biru (Blue Shark), Kecepatannya 69 km / jam
Foto: dictio.id

Predator mematikan ini ada hidup di mana-mana baik di perairan laut subtropis, hiu biru suka tinggal di laut lepas dan lepas pantai, hiu ini dapat berenang di kekedalaman 350 meter dan melakukan perjalanan ribuan kilometer untuk mencari mangsa.

Hiu biru mampu berenang dengan cepat berkat tubuhnya yang seperti torpedo dengan ekor yang kuat dalam mengayuh, sirip dan moncong yang lancip membuat hiu ini mampu mencapai kecepatan hingga 69 km / jam karena moncongnya dapat mengurangi hambatan air. Warna tubuh predator mematikan ini biasanya berwarna biru di bagian punggung dan putih di bagian perut. Panjangnya biaa mencapai 3,8 meter dan berat hingga 391 kg.

6. Ikan Tuna, Kecepatan - hingga 75 km / jam

Foto: aruna.id

Ikan tuna termasuk bagian dari keluarga mackerel yang hidup di perairan subtropis dan perairan tropis di Samudra laut. Ikan ini dikabarkan tidak pernah melakukan migrasi antar lintas samudra seperti spesies tuna lainnya. Tuna sirip kuning selalu berkumpul dalam kawanannya dan hidup di laut lepas pada kedalaman kurang lebih 150 meter.

Ikan itu memiliki ciri tubuh yang berbentuk fusiform, bagian belakang berwarna biru tua dan bagian samping berwarna kuning, bagian perut berwarna perak muda. Sirip ekor berbentuk bulan sabit memungkinkan tuna untuk berenang lama di dalam air dengan kecepatan tinggi.

5. Ikan Wahoo, Kecepatan - hingga 80 km / jam
Foto: mediarabiggame.com

Wahoo termasuk juga kalangan ikan besar dari keluarga mackerel yang hidup di perairan laut lepas. Panjangnya dapat mencapai 2,5 meter dan berat hingga 83 kg.

Wahoo juga memiliki ciri warna belang yang khas disertai ada garis-garis biru melintang di bagian punggungnya. Wahoo adalah jenis ikan laut yang memiliki tubuh yang indah karena bentuk tubuh yang khusus dan tidak memiliki sisik. Ikan ini dapat berenang cepat bila tanpa halangan seperti kerumunan ikan kecil, terumbu karang.

Di mulut ikan ini ada gigi yang tajam yang digunakan untuk berburuh mangsa, mangsa dari ikan wahoo terdiri dari ikan kecil, cumi-cumi. Wahoo tipe bikan individual dan senang berburu dan hidup sendirian, ikan ini dapat berenang pada kedalaman 20 meter didasar air.

4. Horse mackerel, Kecepatan - hingga 80 km / jam
Foto: nioz.nl

Ikan ini banyak ditemukan di perairan Samudra Atlantik yang airnya hangat karena paparan sinar matahari dan lebih suka berenang di perairan dangkal seperti pesisir dan terumbu karang.

Horse Makarel dapat hidup secara sendiri-sendiri atau berkelompok dan ikan ini memiliki tubuh yang memanjang. Sisik hijau berwarna kebiruan di bagian belakang serta samping, dan sisik abu-abu keperakan di bagian perut,

3. Black Marlin, Kecepatan - lebih dari 85 km / jam
Foto: blackmarlinblog.com

Black Marlin biasanya hidup di lapisan atas perairan tropis Samudra Hindia dan Pasifik. Ikan ini memiliki ciri tubuh seperti torpedo yang ditutupi oleh sisik tebal dan bentuk tubuh memanjang.

Moncong black marlin yang runcing dan memanjang dengan pertumbuhan tulang dibagian moncong sehingga tampak seperti sebuah tombak.

2. Ikan Todak, Kecepatan - hingga 100 km / jam
Foto: ekor9.com

Todak hidup di perairan lepas permukaan laut, ikan ini mampu mempertahankan suhu tubuh dan organ lainnya pada perairan dingin seperti dipinggir bongkahan es. Pada otot mata ikan terdapat jaringan pembuluh darah yang padat, dimana darah bergerak berlawanan arah dan memanaskan darah arteri hingga suhu 10-15°C lebih tinggi dari suhu air di sekitarnya.

Kecepatan berenang ikan todak tidak diragukan lagi karena tubuh ramping seperti torpedo tanpa sisik, pada rahang atas dan struktur khusus insang yang mengeluarkan air sesuai dengan prinsip mesin jet. Ikan ini dapat mengontrol kecepatan gerak dengan cara mempersempit dan memperlebar celah insang.

1. Sailor Fish, Kecepatan - hingga 112 km / jam
Foto: davablog.com

Ikan sailor fish hidup di perairan tropis di samudra laut. Sailor Fish memiliki tubuh seperti torpedo, dan sirip kusus dibagian atas membantunya berenang dengan cepat dan dapat seketika mengubah arah. Sailor Fish dapat berenang dengan cepat dengan kecepatan mencapai kurang lebih 100 km / jam.

Sailor Fish adalah termasuk ikan predator yang memakan ikan kecil, moluska, ikan sarden, teri, dan ikan tenggiri. Sailor Fish umumnya hidup dengan berkumpul dalam aatu kawanan, mereka berburu dengan mengejutkan mangsanya atau menusuknya dengan moncongnya jika buruan cukup besar. Menurut kabar jika Sailor Fish mampu membuat lubang pada perahu kayu nelayan loh.

Ikan Sailor Fish dewasa memiliki panjang hingga 3,5 meter dan berat hingga 100 kg, dan sailor Fish betina memiliki kebiasaan bertelur di perairan khatulistiwa dan mampu bertelur hingga 5 juta telur dan ikan ini mampu hidup hingga 12-15 tahun.


Referensi: Top 10: What are the fastest fish in the world?
Diubah oleh Sambelterasi052 30-10-2020 14:03
orangemonkey
Junmai92
tien212700
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
14K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.