silents.Avatar border
TS
silents.
Gus Nur: Saya Merasa Benar, Jangan Harap Saya Jera!
Jakarta -

Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur jadi tersangka kasus ujaran kebencian karena ucapannya yang mengkritik keras Ormas Nahdlatul Ulama (NU) di akun YouTube MUNJIAT Channel. Meski demikian, dia tetap merasa benar dan tak mau menarik ucapannya. Kenapa?

"Kalau orang NU kritik NU itu namanya sayang, nggak mungkinlah menjatuhkan. Benci apalagi, ndak. Karena sayang," kata Gus Nur saat diwawancarai eksklusif oleh detikcom di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2020).

Gus Nur, yang mengenakan baju tahanan warna oranye dan peci warna putih, menjelaskan video yang menyeretnya jadi tersangka itu berdurasi 27 menit. Menurutnya, jika ditonton utuh dengan pikiran jernih, dia menyebut tidak ada ujaran kebencian di situ.

"Justru di situ saya menunjukkan darah ke-NU-an saya yang masih khitah, masih suci, saya ini NU yang kecewa dengan ormas yang sekarang ini. Kurang-lebihnya begitu," ujarnya.
Baca juga:
Gus Nur Akui Belajar Agama Islam Otodidak: Saya Nggak Mondok

"Jadi ini hanya persoalan sepele, internal. Dan NU itu dari dulu sudah biasa dikritik, sudah biasa dibangun, dibenahi, sudah biasa, dan saya pertanggungjawabkan itu ujaran saya dunia-akhirat, tidak saya cabut itu," sambung Gus Nur.

Dalam video yang ditayangkan di akun YouTube MUNJIAT Channel Gus Nur berbincang dengan Refly Harun. Video itu diunggah pada 16 Oktober 2020. Pada menit 03.45 di video tersebut, Gus Nur menyampaikan pendapatnya soal kondisi NU saat ini. Menurut Gus Nur, NU saat ini tidak seperti NU yang dulu.

"Sebelum rezim ini, ke mana jalan dikawal Banser. Saya adem ayem sama NU. Ndak pernah ada masalah. Nah, tapi setelah rezim ini lahir tiba-tiba 180 derajat itu berubah," ujar Gus Nur dalam video itu.

"Saya ibaratkan NU sekarang itu seperti bus umum. Sopirnya mabuk, kondekturnya teler, kernetnya ugal-ugalan. Dan penumpangnya itu kurang ajar semua. Merokok, nyanyi juga, buka-buka aurat juga, dangdutan juga," lanjutnya.

Gus Nur lantas menyebut sejumlah nama. Dia menyebut nama pegiat media sosial Permadi Arya atau Abu Janda, Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, hingga Ketum PBNU Said Aqil Siroj.

"Jadi saya kok pusing dengerin di bus yang namanya NU ini. Ya tadi itu, bisa jadi keneknya Abu Janda. Bisa jadi kondekturnya Gus Yaqut. Dan sopirnya KH Aqil Siradj. Penumpangnya liberal, sekuler, PKI di situ numpuk," ungkapnya.

Dikonfirmasi lagi, Gus Nur mengaku tidak ada yang salah dengan ucapannya tersebut. Dia menegaskan ucapannya itu sebagai kritik keras. Dia menyebut NU, juga Banser kini sudah berubah karena banyak disusupi tokoh-tokoh yang justru merusak.

"Saya merasa benar jadi jangan harap saya jera kecuali saya salah. Ini sudah menyangkut keyakinan kalau ngomong jera. Saya ulang, banyak org yang lebih sadis, lebih tajam kritiknya daripada saya. Banyak," ucapnya.
Baca juga:
Eksklusif Pengakuan Gus Nur: Saya Hanya Lulusan SD
Wawancara Eksklusif Gus NurWawancara Eksklusif Gus Nur (20detik)

Gus Nur menegaskan kritik tajamnya terhadap NU juga Banser sama sekali bukan untuk memecah belah. Dia menyebut dirinya sebagai pendukung Pancasila, sehingga tidak mungkin memecah belah sesama anak bangsa.

"Nggak usah diragukan Pancasila saya, bawa sini NU-NU itu yang ngaku-ngaku Pancasila adu sama saya. Saya ndak akan tidur selama ada tetanggaku yang kelaparan. Saya nggak akan tidur selama tetanggaku yang terjebak utang riba. Dan itu sudah saya buktikan. Tiap tahun saya buat program kirim beratus tangki air kirim ke tempat-tempat kekurangan air di Wonogiri sana, 5 kecamatan saya kirim air, saya borkan air. Seluruh nusantara, setiap Jumat saya selalu infak 100 orang minimal beras di seluruh Indonesia," klaim Gus Nur.

"Sudah banyak rumah fakir miskin yang saya bangun, masjid 96 di seluruh Indonesia sudah saya bangun. Itu artinya Pancasila dan nggak usah diragukan itu," sambungnya.

Gus Nur menambahkan lewat kritiknya itu dia berharap NU berubah kembali ke khitah.

https://news.detik.com/berita/d-5234...arap-saya-jera



Jiancuk!

xneakerz
abdulqadirz
irmanator
irmanator dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.