• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengapa Daun Telinga Khabib Dan Mc Gregor Aneh? Apa Semua Petarung MMA Begitu?

rukminiirawan
TS
rukminiirawan
Mengapa Daun Telinga Khabib Dan Mc Gregor Aneh? Apa Semua Petarung MMA Begitu?
Nama Khabib Nurmagomedov masih hangat diperbicangkan hingga saat ini, terlebih saat Minggu (4/10) kemarin, saat berhasil menumbangkan Justin Gaethje tepat di ronde kedua. Pertandingan yang digelar di Abu Dhabi tersebut sekaligus merupakan laga terakhir Khabib, sebab ia memutuskan untuk pensiun setelahnya. Berkat kemenangannya ia berhasil mengamankan rekor 29 kali menang, 0 seri, dan 0 kalah, waw sebuah prestasi yang sangat gemilang diraihnya.

Tapi kali ini, saya tidak akan mengulik lebih jauh soal prestasi maupun sepak terjang dalam pertarungan-pertarungannya di Mixed Martial Arts (MMA). 

Kemarin-kemarin saya sempat lihat foto Khabib saat beradu hadap dengan Mc Gregor, dalam pose tersebut perhatian saya tertuju pada bentuk daun telinga keduanya yang kompak seakan seperti ‘kembang kol’, atau mereka memiliki daun telinga yang tidak seperti orang-orang kebanyakan. Apakah mereka pernah cidera yang sama? Ataukah itu syarat agar bisa mejeng di MMA?

Ternyata oh ternyata bentuk daun telinga mereka didapatkan dari cidera karas saat berlaga. Hal ini wajar saja, oleh karena MMA memperbolehkan memakai berbagai teknik dalam pertarungan, boleh membanting, memukul, menyikut bahkan menendang dan mengunci lawan, tetapi tidak boleh menyerang pada bagian belakang leher, belakang kepala, dan area sepanjang tulang belakang. Belum lagi tangan yang dipakai menghantam dilapisi sarung tinju yang tebal.

Telinga yang tidak sengaja kena bogem mentah berkali-kali dari lawan mengakibatkan trauma pada bagian luar atau daun telinga, sehingga darah berkumpul dan mengakibatkan daun telinga seperti kembang kol.


Dalam istilah medis, cacat telinga ini dinamakan Cauliflower Ears. Telinga luar terdiri tulang rawan yang lunak dan keras, apabila mengalami cidera maka pembuluh darah akan memasok darah ke tulang rawan, hingga telinga yang sering mendapat bogem mentah tersebut akan membengkak hingga darah kental akan terperangkap pada area yang sering menerima pukulan. Jika tidak segera di atasi, maka darah tersebut akan akan mengeras dan bentuk daun telinga seperti kembang kol akan menjadi permanen


Sebenarnya Cauliflower Ears dapat diatasi dengan perawatan secepat mungkin, jika gumpalan darah sudah mulai mengeras dan Cauliflower Ears terbentuk maka pembedahan atau operasi korektif dapat dilakukan, dan memerlukan waktu 6 minggu untuk benar-benar pulih.

Hanya saja dalam dunia pertarungan, mereka lebih memilih membiarkan ‘cacat’ telinganya menjadi permanen. Bentuk Cauliflower Ears pada telinga adalah sebuah kebanggaan sekaligus menjadi tropi hidup baginya, maka semakin besar Cauliflower Earsnya maka semakin besar pula rasa bangganya karena ketangguhan dalam bertarung.

Selain Khabib Dan Mc Gregor yang mempertahanan bentuk daun telinganya, juga ada Alexander Gustafsson , BJ Penn, Frankie Edgar dan lain sebagainya J


Ngeri banget ya, kebayang bagaimana kerasnya pukulan sampai membentuk daun telinga demikianemoticon-Shutup





sumber :
thread by rukminiirawan, dan beberapa referensi artikel lainnya :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/f...ower-ear/#gref
https://www.honestdocs.id/cauliflower-ear

seluruh gambar : Google
Diubah oleh rukminiirawan 29-10-2020 12:37
abdulqadirzCahayahalimahfan.kui
fan.kui dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.4K
50
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.