Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
192
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f996f95b41d305b5703eeaa/tagihan-pdam-di-bawah-10-kubik-tetap-dibayar-10-kubik-ampun-dah
Ini terjadi di kota gw, kota Banjarmasin tercinta. Pemakaian air PDAM di bawah 10 kubik tetap harus dibayar 10 kubik. Entah di kota-kota lain. Mungkin beda lagi kebijakannya. Mungkin lebih sadis, mungkin juga lebih lunak.
Lapor Hansip
28-10-2020 20:18

Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Ini terjadi di kota gw, kota Banjarmasin tercinta. Pemakaian air PDAM di bawah 10 kubik tetap harus dibayar 10 kubik. Entah di kota-kota lain. Mungkin beda lagi kebijakannya. Mungkin lebih sadis, mungkin juga lebih lunak.

Kebijakan ini memang sudah lama, sudah lebih dari setahun yang lalu. Banyak yang ngomel. Sayangnya hanya sebatas omelan di tengah masyarakat saja, tidak sampai demo ke kantor PDAM, ke kantor Wali Kota atau ke gedung DPRD.

Kalau dipikir kebijakan ini rasanya tidak adil. Masyarakat disuruh berhemat. Gunakan air PDAM seperlunya. Masyarakat miskin pun nurut.

Air PDAM hanya digunakan untuk minum dan memasak. Selebihnya untuk mandi, cuci piring, cuci pakaian, bersih-bersih rumah, bersih-bersih setelah buang air menggunakan air sumur atau air sungai.

Air PDAM yang digunakan mungkin hanya sekitar 4 sampai 6 kubik, tapi masyarakat tetap harus membayarnya 10 kubik. Apakah ini logis?

Seperti halnya yang terjadi pada teman gw. Dia membeli rumah baru yang agak besar. Rumahnya yang dulu tidak didiami. Sekali-sekali dia datang menjenguk. Air PDAM hanya digunkan untuk cuci tangan. Paling banter dalam 1 bulan habis 2 kubik.

Tapi tetap saja dia harus membayar 10 kubik. Saking kesalnya, kepada tetangga sekitar dia mempersilakan untuk menggunakan air PDAM miliknya.  "Kan mubazir, dipake gak dipake tetap saja dihitung 10 kubik," kilahnya.

Teman gw yang lain beda lagi. Ibunya meninggal. Rumah yang didiami ibunya seorang diri kosong. Karena merasa tidak menggunakan air PDAM, dia dan saudara-saudaranya lupa untuk membayar tagihannya.

Tiga bulan kemudian aliran PDAM tersebut diputus. Teman gw kemudian datang ke kantor PDAM untuk melunasi tunggakan. Dia pikir hanya bebannya saja yang dibayar. Dia hanya membawa uang seratus ribu, dia pikir pasti cukup. Setelah muncul tagihannya dia kaget.

Tagihan yang dibayar tidak hanya beban, melainkan penggunaan air yang dihitung 10 kubik perbulan selama tiga bulan. Total tagihan itu sekitar tiga ratus ribu. Tentu saja uang di sakunya tidak cukup. Dia gusar. Dia ngomel. Customer hanya bilang langsung saja ke pimpinan.

Untung pimpinannya tidak ada. Kalau ada mungkin dia akan ngamuk diruang pimpinan.

Ini bukan masalah uang, tapi lebih pada penipuan. Atau bisa juga semacam bentuk pemerasan gaya baru. Kita menggunakan air PDAM sama halnya kita membeli air dari PDAM. Uang yang kita bayar harusnya sesuai dengan jumlah air yang kita beli. Jika air yang kita gunakan cuman 2 kubik, apakah logis jika kita harus membayar 10 kubik?

Gw heran. Anggota DPRD Kota khususnya, yang katanya berjuang untuk rakyat, di mana mereka? Kenapa mereka diam saja? Jangan-jangan mereka juga ikut menikmati hasil dari pemerasan ini.

Memang, masyarakat miskin bisanya cuman pasrah. Meski ditpu pemerintah, diperas pemerintah rakyat cuman bisa bilang, "Yah udah nasiiib... "



Sumber: Pengamatan sekitar dan opini pribadi.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
28-10-2020 20:18
Pesan tempat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
28-10-2020 20:30
Di ganti perusahaan swasta baru sadar tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
28-10-2020 22:21
Kalo tempat ane, gantibpake sumur bor.
Swadaya 1 blok, lebih hemat dr pdam.
Bayar pajek jug murah sunuyr bor karn bukan u/ industry.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
genstiwa dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
28-10-2020 22:55
Susah ngomong. PLN, PAM, Pertamina dan BUMN lainnya itu pake sistem monopoli semua. Lu mau? Bayar. Gak mau? Ya pergi sana luh, ntar juga balik lagi
emoticon-Ngakak begitu kira2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
29-10-2020 00:09
bukannya aturan itu udah lama ya gan?
di tempat ane juga bgitu. ane di jateng.
seingat ane dulu waktu pasang baru ada pemberitahuan juga soal itu kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
29-10-2020 00:26
Geram gimana ya
Mau protes susah
Giliran nanti ada alternatif ganti perusahaan swasta malah ngemis² ppppffft emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
29-10-2020 00:42
Sama bray di kota ane juga gitu.. tapi kayaknya kalo untuk rumah tangga dengan ada minimal 4 orang aja sebulan itu bisa lebih kok sekitar 11 kubik jd itu nilai minimal so kalo emang gak nyampe ya udah... Biasanyya juga nilai mjnimal 10 kubik gak mahal2 amat di kota ane kali 19 kubuk ke bawah cuman 40 rebuan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
29-10-2020 02:03
Ane d jabar emang gitu kok gan, ane udah ngeh itu dari 2010..istilahnya kaya "abodemen" nya PLN buat listrik pascabayar atau tagihan jaman telkom ada telpon rumah..
Ini kemungkinan si pdam ngitung biaya operasional + perawatannya ya minimal segitu..akhirnya ditagih 10 liter itu+biaya peminjaman meternya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
29-10-2020 05:33
Udah ga pake itu sejak 10tahun lalu..
Karena tau sendiri dah.. kayak apa bagus dan profesional nya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
29-10-2020 09:27
TS KATROK... sudah jaman dahulu kala ada tarif abodemen.

Artinya pake ga pake bayar minimalnya sudah dtetapkan. dlm kasus itu mungkin abodemennya 10 kubik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
29-10-2020 09:39
ada istilah mau pake engga mau ya udah emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
30-10-2020 00:30
Wkwk, pake air tanah aja dah. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
30-10-2020 09:46
lounge brasa surat pembaca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
30-10-2020 15:53
Untunglah tempat ane masih pake sumur jadi rada ngiris eeey
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
31-10-2020 17:45
Ini yang rumitnya berurusan dengan BUMN dan juga monopoli, kita hanya bisa bergantung kepada hal itu, ckckck.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
01-11-2020 13:07
Segala hal yg berbau pemerintahan ora ada yang beres....emoticon-Coblos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
01-11-2020 13:09
Pasal 33 bre.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
01-11-2020 13:13
Akibat tidak ada persaingan dan merupakan kebutuhan primer makanya semena2...emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
01-11-2020 13:13
ilovePDAM
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tagihan PDAM di Bawah 10 Kubik Tetap Dibayar 10 Kubik, Ampun Dah!
01-11-2020 13:14
sekarang sumber aer su dekat
untung ane tinggal di gunung di mana air tak perlu bayar

emoticon-Cool
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia