deniswise
TS
deniswise
Tahu Gaji di Indonesia Kecil, Bule Ini Beri Pertanyaan Menohok: "Kok Bisa Hidup ya?"


Dibandingkan dengan negara-negara lain, memang gaji di Indonesia bisa dikatakan relatif rendah. Hal ini pun membuat banyak Warga Negara Asing (WNA) heran dan sering kali bertanya-tanya bagaimana orang Indonesia bisa hidup dengan gaji yang sangat minim?

Baru-baru ini seorang bule asal Amerika Serikat sempat menjadi pemberitaan di media masa. Ia mengaku sangat terkejut dengan gaji UMP (upah minimum provinsi) di Indonesia yang berhitung kecil jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Tapi yang membuat mereka heran adalah, bagaimana orang Indonesia bisa bertahan hidup dengan cukup walau hanya digaji kurang lebih sekitar Rp 130 ribu per hari?

1.
Gaji karyawan swasta di Indonesia rata-rata 3 jutaan

Dilansir dari Tribunnews.com, bule bernama Edward (55) asal Amerika ini pernah mewawancarai beberapa karyawan di Bogor mengenai gaji mereka. Rata-rata gaji mereka adalah 3 jutaan per bulan.

Ia juga merasa kaget mendengar pernyataan tersebut, menurutnya gaji tersebut sangatlah sedikit. Ia juga bingung bagaimana orang Indonesia bisa bertahan hidup dengan gaji segitu.

"Rp3 juta per bulan itu sekitar 200 dolar AS lebih per bulan, aku enggak tahu bagaimana orang bisa hidup dengan gaji segitu,” ujarnya.

2.
Di Amerika Serikat Rp130 ribu adalah gaji per jam

Menurut pengakuan warga Amerika Serikat ini, di negaranya gaji Rp130 ribu adalah gaji per jam yang bisa didapatkan, bukan gaji per hari. Ia juga menambahkan angka gaji tersebut biasanya didapatkan oleh orang-orang yang bekerja sebagai karyawan di toko atau restoran.

"Di Amerika, gaji minimum itu 10 dolar AS per jam atau Rp130 ribu per jam, itu minimum, bekerja di toko,” ujar Edward.

Ia pun juga merasa sangat terkejut saat mengetahui masih banyak orang Indonesia yang mendapatkan gaji di bawah Rp3 juta rupiah.

3.
Edward mengaku harga makanan di sini jauh lebih murah

Walau sempat kaget dengan gaji UMP yang rendah di Indonesia. Tapi pria asal Amerika Serikat ini tidak malu untuk mengakui bahwa makanan di Indonesia sangat murah dibandingkan dengan negara-negara maju di luar sana. Pasalnya hanya dengan uang Rp10 ribu rupiah saja, ia sudah bisa membeli makanan dan cukup mengenyangkan.

"Beli makan di sini tak perlu keluarkan banyak uang, kau bisa makan dengan uang Rp 10 ribu (kurang dari 1 dolar AS), makanannya tidak mahal,” tutup Edward.

Memang UMP di Indonesia jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya cukup rendah. Hal ini pun membuat banyak WNA yang berkunjung ke Indonesia merasa terkejut. Tapi walau demikian, bule satu ini juga merasa diuntungkan karena di Indonesia biaya hidup cukup murah jika dibandingkan dengan negara lain.


https://keepo.me/viral/tahu-gaji-di-...bisa-hidup-ya/

Karena org Indonesia mangan ora mangan ngumpul, biar udh nikah & punya anak numpang sama ortu juga bisa
aygilagilityalfidangeragusn6778
agusn6778 dan 66 lainnya memberi reputasi
63
20.7K
510
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.