indrainiesta28Avatar border
TS
indrainiesta28
Hasil survei sebut masyarakat makin takut mengemukakan pendapat, ini respons istana
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, membantah, adanya anggapan masyarakat yang semakin takut menyampaikan pendapat saat ini.

Fadjroel mengklaim Presiden Joko Widodo menjalankan sumpah presiden dalam menjalankan konstitusi. Termasuk dengan menjaga kebebasan berpendapat di muka umum.

"Presiden Jokowi tegak lurus dan menegakkan sumpah presiden untuk menjalankan Demokrasi-Konstitusional UUD 1945 dan peraturan-perundangan demokratis seperti UU No.9/1998 tentang Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Muka Umum," ujar Fadjroel kepada wartawan, Senin (26/10).

Sebelumnya Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan mayoritas responden setuju dengan pendapat warga semakin takut menyatakan pendapat saat ini. Sebanyak 21,9% masyarakat sangat setuju.

Selain pada kategori sangat setuju, ungkapan kesetujuan juga terlihat dari kategori agak setuju terhadap pendapat tersebut yang mencapai 47,7%. Sementara yang menyatakan kurang setuju 22%, tidak setuju sama sekali 3,6%, dan yang tidak tahu sebanyak 4,9%.

"Ini alarming, ada situasi di bawah alam sadar masyarakat takut ngomong," ujar Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei secara virtual, Minggu (25/10).

Alarm tersebut berpengaruh pada kondisi demokrasi di Indonesia. Burhanuddin menambahkan bahwa dalam konsep demokrasi partisipatoris deliberatif, seluruh masyarakat harus didorong bersuara.

Seluruh pendapat harus diberikan hak yang sama. Burhanuddin bilang meski pun isi pendapat tersebut berkualitas atau tidak, mendukung atau menolak.

Survei tersebut juga dilakukan menanyakan mengenai tingkat demokratis pemerintahan saat ini. Sebanyak 36% menyatakan bahwa Indonesia saat ini menjadi kurang demokratis.

Angka tersebut lebih besar dibandingkan dengan yang beranggapan bahwa Indonesia menjadi lebih demokratis sebesar 17,7%. Sedangkan yang menyatakan tetap sama sebesar 37% dan tidak tahu 9,3%.

https://nasional.kontan.co.id/news/h...respons-istana

UU ITE dan Pasal penistaan agama emoticon-No Hope
pein666
nowbitool
nomorelies
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.