titisrahma
TS
titisrahma
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
Halo Gan Sis, ketemu lagi
Setelah kemarin ngomongin sampah organik, thread ane kali ini ngebahas seputar sampah tekstil.

Jujur, ane baru tau kalau sekarang sampah tekstil ternyata jadi masalah yang cukup serius.




Dari dua situs berita itu intinya saat ini limbah tekstil sudah mencemari lingkungan Gas Sis.

Dimulai dari maraknya industri fashion di Indonesia, gaya hidup komsumtif masyarakat terhadap fashion, ditambah lagi dengan banyaknya promo di toko online, jadi deh, arus jual beli pakaian semakin meningkat. Sebenarnya hal itu nggak jadi masalah besar. Yang bermasalah adalah sebagian dari kita memiliki pola beli, pakai, buang. Kegiatan membuang produk tekstil inilah yang menimbulkan penumpukan sampah tekstil.

Wacana yang mengejutkan dari situs berita yang ane paparkan di atas adalah jumlah sampah tekstil lebih banyak daripada sampah plastik. Hemmm, perlu diingat ya Gan, Sis, selama ini permasalahan sampah plastik sudah cukup pelik di planet kita.


Quote:



Ternyata sebagian serat kain saat ini dibuat dari bahan sintetis. Menurut pengetahuan ane, bahan sintetis itu lebih mudah diolah, dan menghasilkan barang yang lebih bagus daripada barang yang berbahan nonsintetis. Mikroba mana bisa menguraikan itu coba.

Nah, berhubung ane juga belum tau gimana caranya menanggulangi itu semua, ada baiknya kita kurangi sampah tekstil dari sumbernya. Caranya gimana?

Pertama, belanja kebutuhan fashion sesuai kebutuhan aja ya. Kalau modal pengen aja, mending tahan dulu Gan Sis. Lumayan, itung-itung hemat.

Kedua, jangan gampang buang-buang baju ke lingkungan, contohnya ke sungai. Kalau udah nggak dipake dan masih layak dipake, dikasih aja ke siapa aja yang membutuhkan. Ingat, untuk pakaian yang masih layak aja ya Gan Sis.

Ketiga, untuk pakaian yang udah nggak layak pakai, baiknya dijual atau dikasih ke pengepul kain perca. Mau didaur ulang tuh kayaknya.

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir.

Salam,,,
george.manuelerina79purbatien212700
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
7.6K
148
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.