others
Batal
link has been copied
924
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5c9f90c8208415373902c3/holy-anda-bertanya-buddhist-menjawab---part-6
Inti dari seluruh ajaran Sang Buddha adalah Empat Kebenaran Mulia (cattari ariya sacca) Dengan mengerti Empat Kebenaran Mulia, dapat dikatakan seseorang telah mengerti agama Buddha. Ketika Buddha menjelaskan Empat Kebenaran Mulia, beliau mula-mula menguraikannya satu per satu, Empat Kebenaran Mulia ini yaitu: I. Kebenaran Mulia tentang Dukkha (dukkha ariya sacca) Hidup dalam bentuk dan kondisi apa
Lapor Hansip
21-08-2019 08:34

[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab

Inti dari seluruh ajaran Sang Buddha adalah
Empat Kebenaran Mulia
(cattari ariya sacca)

Dengan mengerti Empat Kebenaran Mulia, dapat dikatakan seseorang telah mengerti agama Buddha.

Ketika Buddha menjelaskan Empat Kebenaran Mulia, beliau mula-mula menguraikannya satu per satu,
Empat Kebenaran Mulia ini yaitu:

I. Kebenaran Mulia tentang Dukkha (dukkha ariya sacca)
Hidup dalam bentuk dan kondisi apapun adalah Dukkha (penderitaan),
- Lahir, sakit, tua dan mati adalah Dukkha.
- Berhubungan dengan yang tidak kita sukai adalah Dukkha.
- Ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi adalah Dukkha.
- Tidak mendapatkan yang kita inginkan juga merupakan Dukkha.
- Masih memiliki Lima khanda adalah Dukkha.

Dukkha dapat juga dibagi menjadi:
- dukkha-dukkha,
ialah penderitaan yang nyata, yang benar dirasakan sebagai penderitaan tubuh dan bathin, misalnya sakit kepala, sakit gigi, susah hati dll.

- viparinäma-dukkha
merupakan fakta bahwa semua perasaan senang dan bahagia --berdasarkan sifat ketidak-kekalan-- di dalamnya mengandung benih-benih kekecewaan, kekesalan dll.

- sankhärä-dukkha
lima khanda adalah penderitaan ; selama masih ada lima khanda tak mungkin terbebas dari sakit fisik.



II. Asal Mula Dukkha (dukkha samudaya ariya sacca)
Sumber dari penderitaan adalah tanhä, yaitu nafsu keinginan yang tidak ada habis-habisnya.
Semakin diumbar semakin keras ia mencengkeram.

Orang yang pasrah kepada tanhä sama saja dengan orang minum air asin untuk menghilangkan rasa hausnya.
Rasa haus itu bukannya hilang, bahkan menjadi bertambah, karena air asin itu yang mengandung garam.

Demikianlah, semakin orang pasrah kepada tanhä semakin keras tanhä itu mencengkeramnya.

Dikenal tiga macam tanhä, yaitu :
1. Kämatanhä : kehausan akan kesenangan indriya, ialah kehausan akan :
a. bentuk-bentuk (indah)
b. suara-suara (merdu)
c. wangi-wangian
d. rasa-rasa (nikmat)
e. sentuhan-sentuhan (lembut)
f. bentuk-bentuk pikiran


2. Bhavatanhä : kehausan untuk lahir kembali sebagai manusia berdasarkan kepercayaan tentang adanya "atma (roh) yang kekal dan terpisah" (attavada)

3. Vibhavatanhä : kehausan untuk memusnahkan diri, berdasarkan kepercayaan, bahwa setelah mati tamatlah riwayat tiap-tiap manusia (ucchedaväda).


III. Lenyapnya Dukkha (dukkha nirodha ariya sacca)
Kalau tanhä dapat disingkirkan, maka kita akan berada dalam keadaan yang bahagia sekali,
Sang Buddha dengan jelas dan tegas mengajar kita, bahwa kita dapat bebas dari penderitaan dan mencapai kebebasan dan kebahagiaan Nibbana.

Istilah Nibbana secara harfiah berarti ‘padam’,
serta mengacu ke pemadaman api keserakahan, kebencian dan kegelapan-batin.


IV. Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha (dukkha nirodha gamini patipada)
Jalan-nya adalah Jalan Mulia Berunsur Delapan(Ariya Atthangika Magga)
Disebut ‘Mulia’ karena bila dilaksanakan, maka akan menuntun seseorang ke kehidupan yang mulia;
Disebut ‘Berunsur Delapan’, karena terdiri dari Delapan Unsur,
Disebut ‘Jalan’, karena seperti jalan pada umumnya, akan menuntun seseorang dari satu tempat ke tempat lain, dengan hal ini dari Samsara ke Nibbana.

Delapan Jalan Utama (Jalan Mulia Berunsur Delapan) yang akan membawa kita ke Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha, yaitu :

Wisdom ( Pañña )
1. Pengertian Benar (sammä-ditthi) Right view
2. Pikiran Benar (sammä-sankappa) Right intention

Sila
3. Ucapan Benar (sammä-väcä) Right speech
4. Perbuatan Benar (sammä-kammanta) Right action
5. Pencaharian Benar (sammä-ajiva) Right livelihood

Samädhi
6. Daya-upaya Benar (sammä-väyäma) Right effort
7. Perhatian Benar (sammä-sati) Right mindfulness
8. Konsentrasi Benar (sammä-samädhi) Right concentration


FB.Groups:
FB.Groups: Anda bertanya, Buddhist menjawab

Sutta-sutta:
Magga Vibhanga Sutta: Analisa Jalan
MN 109 PTS: iii M 15 Maha-puHHama Sutta: Kotbah Panjang Malam Purnama
Detail mengenai Kemelekatan [#1 #2]

[Pancasila Buddhist]
[DhammaCitta :: Tipitaka terjemahan Bahasa Indonesia]
Jika ada sutta yg kira-kira ingin di lampirkan di depan, mohon inform via PM

Meditation 101: The Purposes of practicing Kammatthana Meditation (Samatha Vipassana) [PDF]

Quote:Original Posted By Rules and Regulation
BAB 4: Ketentuan khusus mengenai Thread AGAMA.
Thread Agama
Penjawab:
1. Pi-One - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=156420
2. hollowmanz - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=421038
3. dharo - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=226722
4. avija - http://www.kaskus.co.id/profile/6668972
5. rock2titan - http://www.kaskus.co.id/profile/6674632
need suggestion dari mereka yang aktif dan perduli untuk membantu di "Penjawab"

"..."


Quote:[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6

Dīgha Nikāya
Majjhima Nikāya
Saṃyutta Nikāya
Aṅguttara Nikāya
Khuddaka Nikāya
Jātaka
Riwayat Agung Para Buddha

PDF Indonesia Download:
https://drive.google.com/folderview?...Sb-hGdrQJm_X6l
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egag dan 7 lainnya memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 21 dari 22
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
14-08-2020 22:15


sumber gizi bermutu tinggi..
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
27-08-2020 18:00
Kenapa orang Buddhist ngakunya ateis tapi nyembah nyembah patung?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
27-08-2020 22:23
jd gmn kelanjutan dharma pak nelayan kmrn menurut pandangan budis?
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
28-08-2020 10:43
Buddhist yang ngaku ateis atau nyembah nyembah patung di kelenteng sesat ya gan?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
28-08-2020 22:21
Semoga lo di anal debt collector dan bidadari surga feminist Anak sialan lo emoticon-fuck @androidiot
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
01-09-2020 11:52
Amitabha dan Awalokiteswara itu dewa dewa Buddhis atau Konghucu nih?
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
06-09-2020 00:03
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Buddhis itu non-theis, jika menyangkut konsep sosok Tuhan yang disembah dan dimintai permohonan.
Kelenteng itu tempat ibadah Konghucu.
Zaman dulu Konghucu dipaksa gabung ke Buddhisme.
Jadi penganut Konghucu agamanya di KTP Buddha tapi ritualnya Konghucu.


padahal di kolom ktp sekarang udah ada option kepercayaan kepada Tuhan yg boleh diisi apapun ajarannya...

Merger2 agama begini kan bikin bias ajarannya, karena sampe sekarang pun gw masih menggangap son go kong dan tom san chong itu sebuah kebenaran emoticon-Busa

Pi, menurut lu usaha memufikasi diri sendiri itu bagaimana? acceptable atau tidak di ajaran lu? Gw heran kok orang Buddha doyan banget ya nyiksa diri sendiri? Ada lai ulamanya buddha (ga tau iistilah nya sorry) yg kgk boleh make duit sendiri, jd makannya klo ga dikasih orang ya mungut di hutan? itu knpa ya 😏

Lu sendiri vegetarian apa kagak, pi?
Diubah oleh batmanluck99
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
06-09-2020 11:17
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Mumifikasi itu ajaran asing, ukan dari Buddhisme.
Dan Buddhis gak menyiksa diri.
Mereka cuma melatih disiplin.
Mereka gak mencari kebahagiaan dari memuaskan nafsu.
Justru mereka mendapatkannya dengan melepas.

Bhikkhu melakukan pindapatta.
Menerima dana makanan dari umat.
Itu salah satu aturan dan tradisi bhikkhu.
Dan bagian disiplin mereka.
Bagi mereka makanan itu diperlukan tubuh untuk hidup.
Jadi apa yang diberi, itu yang dimakan.
Mau kodok rebus atau ikan goreng atau ayam kentucky.
Selama hewannya gak sengaja dibunuh untuk diberi ke mereka.
Bhikkhu diundang ke rumah atau restoran juga gak aneh, sebenarnya.

Gue gak vegetarian.
Toh bukan kewajiban.


tapi mumifikasi itu dilakukan pendets buddha yg uzur, udah mau mati. Klo ga salah caranya dng memakan biji2an selama 3 tahun untuk mengeluarkan semua cairan tubuh yg didapat dari hutan. Kemudian diem di gua selama 3 tahun sambil mukul-mukul kentongan sampai mati.. Orang sekitar nanti ngecek ke goa, klo suara kentongan masih ada berarti si bikkhu masih hidup, klo gada suara kentongan si bikkhu kemudian diambil dan jasadnya dipajang di kuil sbg. penghormatan... Di china itu adanya

nih ritualnya



o bikkhu yg pendapatta berarti ga vegetarian? trus yang vegetarian itu apa, gen? Kong hu cu juga klo ga salah gak Vegetarian wong mereka kodok aja dimakan mentah emoticon-Najis (S)


btw, Buddha ma Bikshu n Shaolin itu hubungannya apa? kenapa gada Bikshu Shaolin di Buddha Indonesia? Padahal klo ada keren emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh batmanluck99
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
06-09-2020 11:28
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Itu tradisi asing yang dimasukkan dalam Buddhisme China dan Jepang. Gak ada tradisi itu di tempat asalnya.

Bhikkhu theravada gak vegetarian. Mereka menerima apa yang dipersembahkan, meski ada beberapa jenis daging yang dilarang demi alasan tertentu. Aliran Mahayana dan Vajrayana vegetarian.

Shaolin itu kuil Buddha (Mahayana) di China.


satu lagi deh, ji... menurut lu ada yg salah kgk di ajaran Buddha ? Trus apa pendapat lu jika Buddha dimasukkan ke budaya, jd dikeluarkan sbg. agama? Toh buddha kan emang kepercayaan pada Tuhannya gak jelas, lu sendiri bilang Buddha ga mengajarkan ketuhanan hanya mengajarkan Dhamma

terakhir, menurut lu apa yg melatarbelakangi belakangi munculnya Buddha? Apa yg salah dari ajaran Hindu hingga Buddha memisahkan diri dari Hindu? pokok2nya Budha kan Hindu? Ya atau Tidak?

Thankyou
Diubah oleh batmanluck99
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
06-09-2020 11:59
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Konsep Ketuhanan dalam Buddhisme gak merujuk pada penyembahan pada sosok Tuhan personal, yang disembah untuk dimintai permohonan. Itu yang dimaksud saat gue bilang Buddhisme adalah non-theis jika ditinjau dari sisi itu.

Agama adalah istilah yang terlalu sempit untuk Buddhisme, tapi budaya pun jelas tak mewakili Buddhisme. Dana akan merepotkan jika penganut Buddhisme dipaksa numpang ajaran lain, seperti ajaran lain mesti numpang di Buddhisme dulu.

Kenapa Buddhisme muncul
Karena ajaran lain saat itu tak menjawan apa yang dijari Buddha Gautama, sehingga beliau harus mencari jalan sendiri. FYI, ajaran saat itu tak cuma Hindu, tapi juga ajaran lain seperti Jainisme.

Gue gak bisa bicara soal Hindu saat gue gak tahu banyak soal ajaran itu, tapi Hindu sendiri mungkin kumpulan dari berbagai ajaran berbeda.


ok makasih, salam ma kemenyan emoticon-Hai

Cya emoticon-Traveller
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
07-09-2020 12:13
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
@roh.ingya Gak ada.
Kalau maksudnya pelimpahan jasa, itu bukan lu berbuat baik lalu lu ngasih jasanya pada yang lain. Itu untuk membuat mereka yang dilimpahi jasa mengembangkan pikiran baik dan jadi lebih berbahagia.


komen dimari ji https://www.kaskus.co.id/show_post/5...0f7c550b39e681
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
17-09-2020 13:34
Ga masuk akal. Kalo gitu kenapa cuma yg nerima aja yg bisa jadi bahagia?

Padahal makna aselinya juga bukan ikut bahagia tapi terima kasih.
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
21-09-2020 19:33
bagaimana bentuk dunia setan dalam agama budha ?

apakah para setan juga menikah dan melahirkan anak setan ?
apakah dalam dunia setan juga ada mengenal peradaban seperti pengetahuan teknologi, ekonomi, sosial budaya, agama, pemerintahan, dll ?
apakah para setan bisa mati karena kelaparan dan kehausan ?
apakah para setan juga minum air dan makan makanan manusia ?
Diubah oleh kecapbasi
0 0
0
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
22-09-2020 22:12
iki pisan, ndak onok sing pokro rah wes kah
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
18-10-2020 23:06
jd gmn pertanyaan gw ttg lagu jasa nelayan kmrn?
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
23-10-2020 05:12
@.jenaka
Dh tau kan? Gimana bodohnya tuh orang..
Jelas jelas terpampang,nama "Buddhis menjawab"..di katakan nyari buddhis jangan disini emoticon-Cape d...

Ooo..mungkin maksudnya disini gk ada budis tp adanya buddhis ya?emoticon-Cape d...
Kesalahan Gue emoticon-Leh Uga emoticon-Traveller
Diubah oleh egag
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
24-10-2020 10:46
kenapa dewa Brahma dan Indra yang sering disebut dalam naskah Buddhist?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
24-10-2020 12:05
@shinhikarugenji

berarti bukan dewa Brahma hindu ya pi?

bukannya Indra disebut Sakka pi dalam ajaran Buddha?

gue cuma heran Brahma disebut tapi tidak dengan Siwa dan Wisnu padahal kedua dewa tersebut yang pengikutnya banyak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
25-10-2020 17:22
Ada yang bikin ngeganjel selama gw pelajarin Buddha.

Buddha lebih ke filosofi dan cara bagaimana manusia hidup di Bumi. Ajarannya ngga seperti layaknya Agama pada umumnya kaya agama Abraham/Ibrahim.

Lantas apakah Buddha ini lebih pantas sebagai filosofi atau agama, semoga ini bukan bikin orang lain tersinggung. Cuma numpang nanya karena penasaran.
0 0
0
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 6
26-10-2020 00:07
Pi lo punya diagram lengkap g soal loka loka dlm Buddhism? @shinhikarugenji

Tentang kamadatu rupadatu arupadatu brahmaloka and beyond?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 21 dari 22
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
sfth-the-third-eye-tamat
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia