• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Momofuku Ando! Penemu Mie Instan, Sekaligus Pahlawan Anak Kos Akhir Bulan!

batzforum
TS
batzforum
Momofuku Ando! Penemu Mie Instan, Sekaligus Pahlawan Anak Kos Akhir Bulan!
Welcome To batzforum Thread!!! Enjoy!!!


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


Sumber Gambar

Siapa sih diantara kita yang tidak tahu Mie Instan? Pasti semuanya tahu dan sudah pernah mencobanya bukan? Saat ini Mie Instan dijadikan makanan penyelamat bagi anak-anak kos yang kelaparan diakhir bulan. Selain karena mudah dimasak, Mie Instan menjadi pilihan anak kos dikarenakan harganya yang terjangkau.


Sudah banyak merk-merk Mie Instan yang ada di dunia ini, baik yang berasal dari dalam negeri bahkan luar negeri. Selain itu, tak sedikit juga produk Mie Instan dari Indonesia yang mendunia loh. Tapi apakah agan dan sista tahu siapa orang pertama yang memiliki ide untuk membust Mie Instan? Nah simak berikut ini, ane akan membahas orang dibalik terciptanya Mie Instan.




Orang pertama yang memiliki ide untuk membuat Mie Instan adalah Momofuku Ando, seorang pria berkewarganegaraan Jepang. Berikut profil Momofuku Ando:
Spoiler for Profil Penemu Mie Instan:


Selain sebagai pencipta Mie Instan, Momofuku Ando ternyata adalah seorang penemu Chicken Ramen dan pendiri salah satu perusahaan besar yang terkenal saat ini yaitu Nissin. Kembali lagi ke topik, ane akan membagikan cerita tentang asal usul mengapa Momofuku Ando menciptakan Mie Instan, simak ya GanSis.




Awal mula ide Momofuku Ando dalam pembuatan Mie Instan muncul ketika pasca perang dunia II. Pada saat itu krisis bahan pangan terjadi di Jepang. Dimana pada saat itu, orang-orang Jepang disarankan untuk mengkonsumsi Terigu atau olahannya seperti roti. Hal ini tentu tidak lain dan tidak bukan dikarena krisis bahan pangan yang ane bilang tadi.


Karena krisis tersebut, Momofuku Ando memikirkan hal lain yang bisa dibuat menggunakan terigu selain roti, yaitu mie. Alasan mengapa Momofuku memiliki ide untuk membuat mie adalah karena penduduk Jepang rata-rata memang menyukai Mie, bahkan sudah menjadi tradisi masyarakat Jepang. Karena hal itu akhirnya Momofuku membuat kreasi sebuah Mie yang berbeda dari yang lain yaitu Mie Instan, mie yang bisa tahan lama jika dibandingkan mie-mie biasa.




Tapi membuat Mie Instan untuk pertama kali tentu tidak semudah yang kita bayangkan loh GanSis. Momofuku Ando saja memerlukan waktu sekitaran 1 tahun untuk menyempurnakan resep pembuatan dan pengolahan Mie Instan agar tahan lama.


Alhasil, Momofuku Ando memasukkan adonan Mie yang dia buat ke dalam wajan berisi minyak panas milik istrinya. Dan hasilnya apa? Mie Instan pun terbuat. Karena saat digoreng, Mie tersebut akan mengeras dan kaku sehingga satu-satunya cara untuk mengkonsumsi Mie tersebut adalah dengan merebusnya dahulu seperti yang kita lakukan saat ini. Seperti itulah asal muasal terciptanya Mie Instan yang kita kenal dan konsumsi sekarang.




Dengan penemuan besar ini, dunia dibuat kagum. Dan untuk pertama kalinya pada tahun 1950, Mie Instan dalam kemasan di perkenalkan, dan pada tahun 1978 Mie Instan dalam Cup juga ikut diperkenalkan. Bagaimana GanSis? Momofuku Ando sudah menciptakan makanan sejuta umat ini, jasa-jasanya sungguh berharga karena dia sudah menyelamatkan jutaan orang kelaparan dengan Mie Instan ciptaannya.


Kalau begini, Momofuku Ando bisa disebut sebagai pahlawan anak kos akhir bulan bukan? Karena tanpa dia, mungkin Mie Instan tidak akan pernah eksis di muka bumi ini.


Sumber Gambar

Sumber Referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan dari sini
Sumber Gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh batzforum 22-10-2020 06:32
aygilagilitysiapikacheria021
cheria021 dan 45 lainnya memberi reputasi
46
6K
191
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.