• Beranda
  • ...
  • MotoGP
  • Di Pelopori Oleh Rossi, ini Alasan Pebalap Menurunkan Kaki Saat Mau Menikung!

salamsetirkiri
TS
salamsetirkiri
Di Pelopori Oleh Rossi, ini Alasan Pebalap Menurunkan Kaki Saat Mau Menikung!

Agan dan Sista yang sering nonton balapan motor sport seperti MotoGP, pasti sering ngeliat pebalap yang menurunkan kakinya ketika balapan. Biasanya ini dilakukan ketika akan menikung setelah melakukan hard braking. Kira – kira kenapa ya mereka ngelakuin itu? Masa iya gara – gara mereka takut jatuh jadi kakinya diturunin? Kayaknya bukan itu deh alasannya, kan mereka pebalap profesional.


Nah, sebelum nyari tau kenapa itu dilakukan oleh pebalap, Ane mau nginfoin dulu nih, ternyata aksi menurunkan kaki ketika akan menikung ini, pertama kali dilakukan oleh Valentino Rossi. Kala itu di tahun 2005, di sirkuit Jerez, Spanyol, Rossi menurunkan kakinya ketika akan menyalip Sate Gibernau. Saat The Doctor melakukan aksi tersebut, ia sempat kontak dengan Gibernau. Sejak kejadian itu, keduanya memiliki hubungan yang kurang harmonis.

Setelah itu, Rossi makin sering terlihat menggunakan teknik tersebut. Beberapa pengamat pun menamai teknik tersebut dengan istilah Leg Wave. Nah, menariknya GanSis, ketika Rossi ditanya apa tujuannya dia melakukan teknik tersebut, dia justru gak mau berkomentar banyak, ia hanya bilang “itu terasa wajar untuk dilakukan”.

Menurut mantan pebalap motor internasional dan insinyur MotoGP, Mark McVeigh mengungkapkan bahwa teknik Leg Wave sejatinya untuk membantu mengontrol dinamika sepeda motor. Ia juga menambahkan kalau kaki adalah bagian terberat dari anatomi tubuh manusia, untuk pengendara yang berbobot 70 kg dengan berat peralatan 14 kg, teknik ini akan sangat membantu mengontrol dinamika sepeda motor.

McVeigh menjelaskan, berkendara saat di tikungan dengan kecepatan tinggi adalah
tindakan penyeimbang. Saat kaki diturunkan, secara efektif memindahkan pusat
gravitasi lebih dekat ke tanah dan menuju bagian sudut yang paling dalam. Menurutnya teknik ini akan menciptakan momentum berbelok yang ideal.

Selain Rossi, ada banyak pebalap yang menggunakan teknik ini ketika balapan, seperti Dani Pedrosa, Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Cal Crutchlow, dan masih banyak lagi.



aygilagilitysuparyantien212700
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
14.8K
118
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
MotoGP
MotoGP
icon
1.5KThread2.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.