Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
222
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8f1ac982d49553f5157700/mengenal-suku-dayak-iban-head-hunter-indonesia-di-masa-penjajahan-jepang
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada Batak, Jawa, Papua dan masih banyak lainnya. Karena itu jangan heran jika negara Indonesia ini memiliki berbagai hal unik yang tentunya menarik.
Lapor Hansip
21-10-2020 00:13

Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Welcome To batzforum Thread!!! Enjoy!!!


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!


Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada Batak, Jawa, Papua dan masih banyak lainnya. Karena itu jangan heran jika negara Indonesia ini memiliki berbagai hal unik yang tentunya menarik.


Berbicara tentang suku dan budaya, kali ini ane akan membahas tentang salah satu suku yang ada di Indonesia tepatnya di Pulau Kalimantan (Borneo) yaitu Suku Dayak. Sekedar informasi, Suku Dayak itu bukan hanya satu loh, tapi Suku Dayak memiliki beberapa sub-suku atau rumpun suku.


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!


Tercatat, Suku Dayak memiliki enam rumpun suku yakni rumpun Klemantan alias Kalimantan, rumpun Iban, rumpun Apokayan yaitu Dayak Kayan, Kenyah dan Bahau, rumpun Murut, rumpun Ot Danum-Ngaju dan rumpun Punan. Nah, kali ini ane akan membahas salah satu rumpun yang menarik bagi ane, yaitu Suku Dayak Iban.


Kenapa ane tertarik membahas tentang Suku Dayak Iban? Tentu karena ane melihat ciri khas atau kebiasaan Orang Iban yang sangat unik, yaitu Pemburuan Kepala. Mungkin terdengar menyeramkan, tapi memang begitu adanya. Tradisi berburu kepala yang dilakukan Orang Dayak Iban ini disebut sebagau Ngayau dimana dilakukan hanya pada saat adanya sebuah ancamam.


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!


Meskipun perburuan kepala yang dilakukan Orang Dayak Iban ini menyeramkan, tradisi ini hanya dilakukan disaat kondisi terancam atau ada sesuatu (kelompok lain) yang mengganggu mereka. Jika orang Dayak Iban merasa terancam atau terganggu, maka mereka akan melaksanakan tradisi memburu kepala. Intinya sih kalau ada yg usik duluan ya dilawan, bahasa gaulnya "Lu jual, Gua beli"!


Tak hanya memburu kepala orang yang mengancam atau menganggu, Suku Dayak Iban bahkan akan memajang kepala dari hasil tradisi buruan mereka. Karena aksi suku inilah dunia mengenal dan menakuti Suku Iban. Pasalnya, Suku Dayak Iban menjadi suku yang memenggal ratusan kepala tentara Jepang pada masa penjajahan Jepang loh. Karena aksi itu, Suku Iban dijuluki sebagai "Head Hunter Indonesia", nama yang keren bukan?


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!


Jadi, tentara-tentara penjajah Jepang yang dulunya menjajah Indonesia banyak yang kehilangan nyawanya di tangan Suku Dayak Iban. Maka dari itu Orang Iban banyak ditakuti, bahkan sampai ada sebuah buku yang menceritakan tentang tradisi unik Suku Dayak Iban ini loh.


Tapi kalian jangan takut, karena saat ini kondisi dunia sedang harmonis. Jadi tradisi Duku Dayak Iban ini belum dipraktekkan lagi mengingat perkembangan zaman mengubah semua hal.
Bagaimana tanggapan kalian tentang suku Dayak Iban ini? Apakah saat ini keahlian memenggal kepala miiki Suku Dayak Iban dibutuhkan? Jika iya, untuk apa hal tersebut?


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!

Sumber Referensi : Tulisan pribadi, dari sini dan dari sini
Sumber Gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamputrabagus dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 07:25
Dayak vs madura aje dame.... Masa lu pade nga bisa dame?

#MakeLoveNotWar#Peace#PrideParade#KisskissHughug


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 07:46
hutan kalimantan memang jadi neraka buat tentara jepang di masa penjajahan.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 07:58
Mantul! Salut banget emoticon-Shakehand2 emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 08:02
Panglimanya masih hidup kah?
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 08:03
lebih kejam penjajah menurut ane emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 08:25
Nah ini mantapnya suku dayak emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 08:32
😱😱😱😱😱
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 08:42
Kalau yang suka lempar tombak ke Mobil Pick Up yang lewat tu suku mana ya?
profile-picture
batzforum memberi reputasi
0 1
-1
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 09:01
keren kayak mafia
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 09:09
Ini artikel SUPER KEREN, gak kayak trit lain yang bahas video2 viral SAMPAH..!!!
+ informatif
+ jarang ada yang bahas
+ ngebahas tentang suku dindonesia

- Sayang cuma dikit, kurang banyak
- masih banyak yg kudu dibahas, perlengkapan untuk motongnya, digantung dimana tuh pala, tatonya, dll
Diubah oleh 1.3.3.1
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 09:18
nih henry golding yg main crazy rich asians juga keturunan iban Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 09:19
Nah akhirnya ada Trit yg berkualitas dikit
bosen KASKUS di penuhi trit Cebong VS Kadrun mulu kan anjim..emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 09:34
adu dombain dong EF PE I sama ni suku , pen liat Battle Royale nya kek gimana
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 09:47
baca kalimat head hunter aja ane udah ngeri2 sedap bacanya. namanya tradisi ya mau gimana lagi, cuma klo ane serem juga sih. sesalah2nya warga jepang pada masa itu, tapi tradisi suku dayak iban ini juga gak bisa dibenarkan sih
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 09:55
bet yakuzanya lokal ini.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 10:00
ohh berarti kasus konflik perang sampit yg dulu pernah booming antara dayak dan madura dan kabarnya banyak kepala manusia yg dipenggal itu dari suku dayak iban yaa..
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 10:05
Kenapa hanya tentara jepang saja yg diburu ?
Padahal ada juga tentara sekutu ??

Karena memang tentara jepang lebih kejam dibanding sekutu. Ada film dokumenter dimana suku dayak menolong pilot amerika yg ditembak jatuh oleh tentara jepang. Melawan tentara jepang bersama2 sampai membuat landasan pacu dari (semacam) bambu.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 10:15
:ceyem
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 10:25
Senjatanya apaan aja tuh gan?
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
22-10-2020 10:40
Semua Dayak adatnya seperti itu. Namun ya harus diakui, Jepang juga membantai suku di Kalimantan dengan sadis, banyak kuburan massal suku Kalimantan, baik Melayu Dayak cina. Secara pasukan tentara modern
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia