• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!

batzforum
TS
batzforum
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
Welcome To batzforum Thread!!! Enjoy!!!


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News




Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada Batak, Jawa, Papua dan masih banyak lainnya. Karena itu jangan heran jika negara Indonesia ini memiliki berbagai hal unik yang tentunya menarik.


Berbicara tentang suku dan budaya, kali ini ane akan membahas tentang salah satu suku yang ada di Indonesia tepatnya di Pulau Kalimantan (Borneo) yaitu Suku Dayak. Sekedar informasi, Suku Dayak itu bukan hanya satu loh, tapi Suku Dayak memiliki beberapa sub-suku atau rumpun suku.




Tercatat, Suku Dayak memiliki enam rumpun suku yakni rumpun Klemantan alias Kalimantan, rumpun Iban, rumpun Apokayan yaitu Dayak Kayan, Kenyah dan Bahau, rumpun Murut, rumpun Ot Danum-Ngaju dan rumpun Punan. Nah, kali ini ane akan membahas salah satu rumpun yang menarik bagi ane, yaitu Suku Dayak Iban.


Kenapa ane tertarik membahas tentang Suku Dayak Iban? Tentu karena ane melihat ciri khas atau kebiasaan Orang Iban yang sangat unik, yaitu Pemburuan Kepala. Mungkin terdengar menyeramkan, tapi memang begitu adanya. Tradisi berburu kepala yang dilakukan Orang Dayak Iban ini disebut sebagau Ngayau dimana dilakukan hanya pada saat adanya sebuah ancamam.




Meskipun perburuan kepala yang dilakukan Orang Dayak Iban ini menyeramkan, tradisi ini hanya dilakukan disaat kondisi terancam atau ada sesuatu (kelompok lain) yang mengganggu mereka. Jika orang Dayak Iban merasa terancam atau terganggu, maka mereka akan melaksanakan tradisi memburu kepala. Intinya sih kalau ada yg usik duluan ya dilawan, bahasa gaulnya "Lu jual, Gua beli"!


Tak hanya memburu kepala orang yang mengancam atau menganggu, Suku Dayak Iban bahkan akan memajang kepala dari hasil tradisi buruan mereka. Karena aksi suku inilah dunia mengenal dan menakuti Suku Iban. Pasalnya, Suku Dayak Iban menjadi suku yang memenggal ratusan kepala tentara Jepang pada masa penjajahan Jepang loh. Karena aksi itu, Suku Iban dijuluki sebagai "Head Hunter Indonesia", nama yang keren bukan?




Jadi, tentara-tentara penjajah Jepang yang dulunya menjajah Indonesia banyak yang kehilangan nyawanya di tangan Suku Dayak Iban. Maka dari itu Orang Iban banyak ditakuti, bahkan sampai ada sebuah buku yang menceritakan tentang tradisi unik Suku Dayak Iban ini loh.


Tapi kalian jangan takut, karena saat ini kondisi dunia sedang harmonis. Jadi tradisi Duku Dayak Iban ini belum dipraktekkan lagi mengingat perkembangan zaman mengubah semua hal.
Bagaimana tanggapan kalian tentang suku Dayak Iban ini? Apakah saat ini keahlian memenggal kepala miiki Suku Dayak Iban dibutuhkan? Jika iya, untuk apa hal tersebut?




Sumber Referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan dari sini
Sumber Gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Junmai92gpanditaiamputrabagus
iamputrabagus dan 40 lainnya memberi reputasi
39
18.1K
222
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.