partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Nyari Judul Lagu di Google Sekarang Bisa dengan Bersenandung!

Google terus berinovasi untuk mesin pencariannya. Yang terbaru, mereka mengeluarkan fitur “hum to search”. Fitur ini bisa digunakan untuk mencari judul lagu di Google, hanya dengan bersenandung, bersiul, atau menyanyi. Jadi gak usah ribet – ribet lagi nulis judul lagu atau penggalan lirik untuk mencari sebuah lagu. Kalau lupa judul dan gak hapal liriknya, pengguna bisa bersenandung untuk mencari lagu yang mereka pengen.


Fitur ini sekarang udah tersedia di aplikasi Google untuk Android dan iOS atau di Google Assitant. Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup tap ikon mikrofon di aplikasi Google atau panggil Google Asisstant dan tanya “what’s this song” atau bisa juga dengan cara klik tombol “search a song”. Dengungkan lagu yang pengen dicari, kemudian Google akan menampilkan hasil pencariannya berdasarkan persentase kemiripan lagu.

Fitur ini sekilas mirip seperti layanan yang ditawarkan Shazam yang memungkinkan pengguna untuk mencari judul lagu yang mereka lupa. Tapi fitur yang ditawarkan Google idak mengharuskan pengguna untuk memutar lagu tersebut dan cukup disenandungkan.

Google menyatakan fitur ini bekerja dengan memanfaatkan model machine learning untuk mengubah audio menjadi sekuens berbasis nomor yang mewakili melodi lagu, yang kemudian digunakan untuk membandingkan lagu yang ada.

Kualitas suara dan instrumen juga dihiraukan sehingga hanya fokus ke sekuens itu saja. Karenanya, fitur 'hum to search' ini bisa digunakan oleh pengguna yang tidak mengenal nada, atau mereka yang memiliki pitch sempurna. Jadi bagi Agan dan Sista yang gak bisa nyanyi, ini masih bisa dipake, gak usah berkecil hati...hahahaha


botzilla
farinamany
pakjendral2
pakjendral2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.