Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8bc5a6b840885a05151ea2/rekomendasi-6-novel-indonesia-terbaik-sepanjang-masa-untuk-agan-baca-versi-ane
Sebaliknya ada beberapa novel Indonesia yang sangat layak untuk dibaca karena ceritanya yang bagus dan juga mengandung makna yang cukup mendalam. Nah, berikut ini adalah beberapa novel Indonesia terbaik versi ane, dan ane rekomendasikan untuk agan baca.
Lapor Hansip
18-10-2020 11:33

Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Selamat datang kembali di thread ane.

Sebagai orang yang hobi membaca buku ane ingin sekali share tentang novel-novel terbaik yang sebaiknya agan baca. Manfaat membaca novel memang benar adanya tapi novel seperti apa dulu yang sebaiknya dibaca dan dihindari. Novel yang penuh adegan vulgar tentu saja kurang baik untuk dibaca, begitu juga dengan novel mainstream yang ceritanya tentang gadis miskin yang bertemu dengan pria kaya raya. Itu hanya untuk memuaskan hasrat manusia saja.

Sebaliknya ada beberapa novel Indonesia yang sangat layak untuk dibaca karena ceritanya yang bagus dan juga mengandung makna yang cukup mendalam. Nah, berikut ini adalah beberapa novel Indonesia terbaik versi ane, dan ane rekomendasikan untuk agan baca.

Quote:1. Laskar Pelangi (Andrea Hirata)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Sebelum adanya Dilan, Laskar Pelangi adalah novel Indonesia yang paling banyak dicari dan laris manis di toko buku. Novel karya Andrea Hirata ini menceritakan tentang sepuluh anak SD di pulau Belitung di era akhir 80an dalam menempuh dan berjuang dalam mendapatkan pendidikan di tengah ekonomi yang serba kurang. Novel ini sangat inspiratif dan patut dibaca oleh anak muda terutama bagi yang sedang dalam menempuh pendidikan. Filmnya juga sempat menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Laskar Pelangi adalah buku pertama dari empat buku Tetralogi Laskar Pelangi.


Quote:2. Bumi Manusia (Pramoedya Ananta)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Salah satu novel Indonesia yang cukup kontroversial yang peredarannya sempat dilarang di era orde baru. Novel ini mempunyai alur dan plot yang padat sehingga pembaca seperti merasa ikut masuk ke dalam cerita yang berlatar di era kolonialisme tersebut. Minke, tokoh utama dalam novel ini adalah seorang pribumi dari kelas atas dan menempuh pendidikan layaknya kaum Indo (blasteran) dia bersekolah di HBS yang pada waktu itu adalah sekolah khusus kaum elit. Cerita mulai menarik ketika Minke bertemu dengan Nyai Ontosoroh. Bumi Manusia merupakan buku pertama dari Tetralogi Buru.


Quote:3. Atheis (Achdiat Karta Mihardja)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Salah satu novel Indonesia terbaik dan menjadi salah satu karya sastra yang paling terkenal dalam sejarah sastra Indonesia. Atheis adalah novel karya Achdiat Karta Mihardja yang terbit pada tahun 1949. Novel ini menceritakan Hasan, seorang yang dibesarkan dalam berpegang pada Agama yang kuat. Namun dia mulai berubah semenjak bersahabat dengan penganut Marxisme-Leninisme dan penulis berpaham nihilisme. Hasan lantas mulai meragukan agamanya sendiri. Sama seperti Bumi Manusia, novel ini juga cukup kontroversial.


Quote:4. Supernova (Dee Lestari)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Jika agan ingin membaca novel yang isinya terdapat banyak tema kehidupan maka seri Supernova karya Dee Lestari adalah pilihan yang tepat. Terdiri atas enam buku, seri Supernova terdapat jalinan cerita dan tokoh yang lumayan banyak yang akhirnya bermuara pada buku keenam. Ane suka dengan gaya penceritaan yang disampaikan oleh Dee Lestari yang mengalir dengan pas, tidak cepat tapi juga tidak lambat. Adapun keenam seri ini adalah "Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh", "Akar", "Petir", "Partikel", "Gelombang", dan Intelejensi Embun Pagi". Yang paling ane suka adalah buku kedua (Akar).


Quote:5. Sitti Nurbaya (Marah Rusli)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Buku ini merupakan novel angkatan Balai Pustaka yang paling terkenal dan dicetak berulang kali sejak penerbitannya pada tahun 1922. Sebagaimana diketahui novel Sitti Nurbaya merupakan roman yang bertema tragedi. Mengisahkan Samsubahri yang merupakan pemuda asal Sumatra Barat di era kolonalisme dan merantau ke Batavia untuk pendidikan dan meninggalkan kekasihnya, Sitti Nurbaya. Kemudian suatu saat Nurbaya menawarkan diri dinikahi oleh pria kaya raya dan kasar, Datuk Maringgih. Sebagai upaya agar orang tuanya terbebas dari hutang. Novel dianggap punya pengaruh yang cukup besar pada karya-karya lain setelahnya.


Quote:6. Negeri Para Bedebah (Tere Liye)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Ada banyak novel karya Tere Liye dan salah satu yang paling terkenal adalah Negeri Para Bedebah terbitan tahun 2012. Novel ini bergenre realis dan mengisahkan tentang usaha penyelamatan Bank Semesta oleh Thomas, konsultan keuangan profesional. Bank tersebut hendak ditutup karena suatu kasus. Pesan yang disampaikan dalam novel ini adalah betapa tamak dan rakusnya manusia.

Nah, ada novel Indonesia lainnya yang bagus dan disejajarkan sama novel-novel di atas enggak gan? emoticon-Big Grin

Quote:Referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Atheis_(novel)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:42
cuma baca novel garis waktu dan arah langkahdari f besari tapi gk keseluruhanemoticon-rainbow
Diubah oleh ardhian66
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:43
menarik
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:50
Ada juga novel bus sedan
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:55
Ane pernah baca Laskar Pelangi sama Ayat-ayat Cinta aja.. bagus kok dua-duanya
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:55
Novel ayat ayat cinta gan 🤭
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:58
Baru baca yg laskar pelangi sama bumi manusia.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:59
tetralogi bumi manusia dkk novel yg wajib dibaca sih.. serialnya tere liye yg negeri para bedebah dan lanjutannya negeri diujung tanduk jg bagus bgt..
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:03
Ane suka karya2nya Nh. Dini.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:05
Hmmm novel ya. Ntar gw coba emoticon-Smilie
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:08
Emang bagus baca novel daripada film adaptasi novel
Bagus lagi baca novel terbitan negara penulis karena beda bahasa beda arti
Pernah baca harry potter gof inggris dan Indonesia ada sedikit perbedaan yang merubah makna
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:12
Gile, keren semua. Laskar pelangi. Supernova. Atheis udah baca. Kecuali yang Tere Liye. Beneran deh, gue ogah baca.
profile-picture
profile-picture
voicer2357 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:16

Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk

Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Diubah oleh iwankeme198016
profile-picture
profile-picture
skull18 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:26
bumi manusia yah emoticon-Cendol Gan
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:29
Ane suka Supernova. emoticon-Ultah

Dari keenam serinya, cuma Petir doang yang gak punya bukunya emoticon-Sorry


Favorit ane, Gelombang. Tokoh favorit ane Alfa (Thomas Alfa Edison] alias Ichon emoticon-Kiss

Ane juga suka karakter Diva, cewek smart walaupun pekerjaannya sebagai pelacur. emoticon-Ngacir2
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:31
Ane,
tidak ada yang seseru novel danbrown...
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:34
Novel indo kagak ada yang bagus.....


Caeritanya banyak yang sok menggurui daripada mengebangkan ceritanya itu sendiriemoticon-DP
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:35
supernova akar emang sebagus itu sih. jadi inget blm nyelesein semuanya
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:35
kalo buat ane sih...balada si roy sama winnetou..Dr karlMay..emoticon-Toast
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:39
Rekomendasi novel pra sejarah terbaik dan sepanjang masa gan
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 12:50
ane dulu sempet baca beberapa novel dari tereliye isinya lumayan, ane juga ngikutin sosmednya, pasitu masih jaman jamannya pesbuk, di pesbuknya terliye apdet tentang bacotan kehidupan yang menurut ane ga relevan dengan kondisi orang banyak saat itu ane lupa bacotannya berisikan apa terus ane komen komen dipostingan itu, sempet debat dan menurut ane dia udah mentok kga bisa bales bacotan ane terus ane diblok, wkwk
ane mengkeritik bacotan itu dengan kata kata yang sopan dan santun
entah yang ngelola pesbuknya orang lain atau dia sendiri ane ga ngerti, mulai dari itu ane stop ngikutin dia,
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia