ukhtyfit81Avatar border
TS
ukhtyfit81
Cobalah Pahami Apa yang Anak Suka, Bukan Apa yang Kita Inginkan!
Pertumbuhan Sang Buah Hati



Anak adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada setiap orang tua, kebahagian menjadi sempurna berkat hadirnya sang buah cinta mereka menjadi pengobat duka lara bahkan rasa lelah cape seharian bekerja akan hilang seketika saat melihat sang buah cinta.

Masa kecil buah hati adalah masa-masa yang tidak boleh dilewatkan oleh orang tua, berikan kasih sayang, perhatian, cinta untuk sang buah hati. Karena masa kecil mereka tidak akan pernah kembali lagi, jangan sampai menyesal ketika anak sudah beranjak dewasa sebagai orang tua tidak menemaninya.

Ingat Penyesalan itu datangnya belakangan, karena kalo duluan namanya pendaftaran bukan penyesalan. Wkwkwk. Bener gak?

Limpahkanlah kasih sayang kepada mereka selagi kita bisa, jangan pernah mengabaikannya karena kasih sayang dari orang tua mempengaruhi tumbuh kembang sang buah hati.

Cobalah Pahami apa yang anak suka, bukan apa yang kita inginkan!

1. Pahamilah emosi anak ketika bersedih



Biarkan ia menangis untuk meluapkan emosinya, setelah ia mulai tenang rangkul lah ia dan berikan pelukan hangat untuk menenangkannya. Bukan malah memarahinya, karena ketika anak di marahi ketika menangis ia bukannya tenang malah semakin menjadi rewel. Karena ia hanya butuh dekapan dan kasih sayang.

2. Jangan pernah membandingkan anak



Ketika anak di banding-bandingkan dengan orang lain, si anak akan merasa terkucil kan serasa kemampuannya tidak di hargai oleh kita orang tuanya. Karena rasanya di banding-bandingkan itu gak enak gansist. Sakitnya tuh di sini.

Cobalah lihat keunikan yang ia miliki dan kita sebagai orang tua harus bisa mengembangkan dan menyalurkan nya. Karena setiap anak punya keunikan dan kemampuan yang berbeda-beda.
Jadi kalau kalian membandingkannya dengan orang lain akan membuat hatinya menciut.

3. Berusahalah memahami hobi nya



Berusahalah menuruti hobi yang ia sukai dari pada menekan anak untuk yang tidak ia sukai, karena dengan kita mengasah kemampuannya dengan hobi yang ia sukai maka anak akan cepat tanggap. Karena hal menyenangkan menurutku kita tidak selalu menyenangkan untuk anak.

4. Momen kebersamaan



Menyempatkan waktu untuk kebersamaan bersama anak itu penting loh! Momen-momen yang menyenangkan bersama anak tidak akan pernah terulang kembali, jadi jangan sia-siakan semua itu. Karena kalau anak sudah beranjak dewasa ia tidak akan bermanja-manja seperti waktu dulu kecil.

5. Jangan tekan mereka dengan keinginan kita



Dukunglah anak dengan segala kemampuan yang ia bisa, jangan pernah memaksakan kehendak yang kita mau, karena semakin anak tertekan maka anak akan susah terkendali.
Berusahalah menerima semua yang ia mampu dan bisa, kembangkan lah kemauannya lewat hobi dan cita-cita yang ia inginkan.

Kita sebagai orang tua harus berusaha memahami sang buah cinta, jangan pernah menekan mereka, memarahi dengan berlebih, memarahi boleh tapi jangan tersulut emosi. Ketika anak salah tegurlah ia dengan cara yang halus, pahamilah emosi dan tingkah lakunya. Karena dengan begitu anak akan menurut kepada kita.

Apa yang di ajarkan orang tua kepada anaknya akan terekam dalam memori otak anak, yang baik ataupun yang buruk akan melekat di otak. Karena otak anak ibarat kertas putih jika kita menuliskan yang baik makan akan baik pula untuk anak begitupun sebaliknya

Jangan pernah menyalahkan anak ketika anak menjadi nakal atau sering berkata kasar, tapi koreksi lah diri kita, karena anak adalah duplikat dari orang tuanya.

Nah bahaimana menurut kalian GanSist? Jika ada yang salah dengan opini Ane atau kalian mau menambahkannya silahkan berkomentar dengan bijak dan santuy,jangan lupa cendol segar, rate dan share kali berkenan.


Belajar Bersama Bisa dan Terima Kasih


Sumber gambar: klik
Opini pribadi
mahirbro
teddy992
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.6K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.