brina313
TS
brina313
Lotek, Makanan Tradisional Favorit yang Masih Bertahan Sampai Sekarang


Halo Agan dan Sista. Selamat sore, bertemu lagi di trit kesayangan Brina rasanya sangat rindu karena sudah lama tidak menulis di Kaskus tercinta kita ini. Apa kabarnya? Semoga rakyatnya sehat selalu, tak seperti negaranya yang kian tak menentu.



Sebagai generasi muda Aku Tidak Malu masih menyukai makanan tradisional karena rasanya yang kaya akan rempah-rempah itu membuat tubuh kita menjadi kuat sehat bugar dan sesuai dengan yang kita harapkan kan salah satunya adalah lotek. Makanan yang bikin kenyang tapi tidak membuat gendut karena rendah kalori.



Kali ini aku akan membahas tentang sebuah makanan tradisional yang sangat murah Harganya namun rasanya luar biasa makanan satu ini terdiri dari sayur-sayuran yang direbus lalu disajikan dengan saus kacang.

Agan dan Sista pasti sudah tahu yang namanya lotek atau di tempat Agan dan Sista biasanya ini hampir mirip dengan yang namanya gado-gado.

Namun apa sih yang membedakan antara lotek dan gado-gado nah perbedaannya dan Sis Kalau lotek ini bumbu kacangnya dibuat dengan mendadak yaitu diulek sedangkan bumbu gado-gado itu sudah disajikan dan sudah matang seperti bumbu batagor gitu.


Apa saja sih sayur-sayuran yang biasanya ada di dalam lotek? Nah, sayuran yang paling favorit adalah toge, labu, kacang panjang, kol putih, irisan timun, irisan tahu atau lontong. Nah kesemua sayurannya direbus, kecuali lontong atau irisan tahu.

Yang aku kenal ada dua macam yaitu lotek mentah dan lotek matang yang dikatakan lotek mentah adalah sayurannya itu tidak direbus terlebih dahulu tapi disajikan dengan segar dan sedangkan sayuran yang matang itu sayuran yang direbus dulu tidak ada ada-ada and yang cukup jauh karena masih sama. Tergantung selera masing-masing.



Setelah itu bumbunya terdiri dari kacang tanah yang sudah digoreng atau disangrai kemudian gula garam cabe sesuai selera pedasnya lalu ditambahkan 2 iris ubi atau kentang tujuannya agar Saus Kacang itu terlihat kental lalu tambahkan sedikit air agar sausnya banyak. Cukup hitungan kira-kira kental saja.



Setelah bumbunya jadi maka masukkan lah sayur-sayuran tadi lalu diaduk rata lebih nikmat kalau kemasukan sayuran itu masih di dalam cobeknya ya seperti pada gambar. Lalu setelah itu lotek pun siap untuk disajikan Selamat menikmati.

Lah Gan Sis aku kalau makan lotek biasanya ditambahi dengan yang kriuk kriuk yaitu kerupuk berbagai jenis kerupuk bisa kita gunakan untuk menambah kenikmatan lotek tersebut. Tak lupa diberi taburan bawang goreng ya sist!

Biasanya harga satu porsi lotek dijual dengan Rp. 8000,- murah di kantong tapi bikin perut kita jadi kenyang. Pas banget deh buat aku yang segini-gini mulu badannya.

Gimana GanSis? Apa kalian tertarik untuk makan lotek? Setelah ini jangan lupa kalian cari di aplikasi go send kalian pasti ada deh dengan berbagai rasa dan isian berbeda. Aku yakin kalian juga pasti suka.

Salam makanan tradisional dari bocah labil yang lagi doyan makan dari kemarin. Pokoknya aku suka banget makanan yang mengandung banyak rempah-rempah dan serba alami.

Quote:


Salam sehat semuanya. Baik-baik disana yaaaa.

Sumber : Opini dan Pengalaman Pribadi
Gambar : Dokumentasi Pribadi
noerselgiuarNovellaHikmiHastien212700
tien212700 dan 69 lainnya memberi reputasi
70
7.6K
336
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.