• Beranda
  • ...
  • Mojokerto
  • [COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!

anjaultras
TS
anjaultras
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!

Sumber




Hai Agan Sista
emoticon-Hai
Mojokerto memiliki banyak berbagai tempat wisata khususnya wisata sejarah. Berada di provinsi Jawa Timur yang dahulu menjadi wilayah dari berbagai kerajaan besar di Nusantara, sehingga saat ini banyak ditemukan berbagai situs kuno bersejarah. Salah satunya adalah Petirtaan Jolotundo yang berada di lereng gunung Penanggungan.



Sumber

Petirtaan Jolotundo apabila dilihat dari jauh mirip seperti candi, namun setelah didekati pengunjung akan melihat kolam air bertingkat dengan setidaknya ada 52 pancuran air. Pemberian nama Jolotundo inipun memiliki makna, Jolo berarti air dan Tundo berarti bertingkat sehingga digabungkan menjadi kolam air yang memiliki pancuran air bertingkat.


Quote:


Sarana Ibadah Umat Hindu

emoticon-Nyepi


Ritual oleh umat Hindu / Sumber


Suasana saat upacara Melasti / Sumber


Sebagai tempat wisata religi, Petirtaan Jolotundo banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Walaupun agak jauh, masyarakat Bali juga sering datang ke tempat ini untuk melakukan ritual mensucikan diri dan memandikan benda pusaka terutama saat Hari Raya Nyepi. Bangunan yang terbuat dari batu andesit ini memang bergaya arsitektur Hindu dan Jawa. Beberapa pohon di sekitarnya juga tampak dibalut kain Poleng, kain khas Bali berbentuk kotak hitam putih.

Pangunjung lain yang datang juga sering membawa galon atau tempat wadah air untuk mengambil air yang dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda. Uniknya air tersebut tidak pernah habis walaupun saat musim kemarau. Disamping itu airnya memiliki kandungan mineral yang sangat baik, bahkan terbaik kedua di dunia setelah air zam-zam.



Pengunjung mengambil air dari pancuran / Sumber

Selain bisa berendam di kolam, pengunjung juga bisa melihat banyaknya ikan yang terdapat di kolam paling bawah. Ikan-ikan tersebut tidak boleh diambil. Bagi yang ingin memberi makan ikan tersebut sudah banyak pedagang yang menawarkan pakan ikan di pintu masuk Petirtaan Jolotundo.





Pintu masuk Petirtaan Jolotundo / Sumber

Berwisata di tempat ini juga bisa menjadi pilihan menarik saat berkunjung ke Mojokerto. Suasana alam yang asri dan kesejukan udaranya membuat wisatawan bisa merasakan ketenangan diri dari hiruk pikuk perkotaan.
Lokasi: Biting, Desa Seloliman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.
Buka : Setiap hari, 24 jam.
Tiket : Dewasa Rp10.000, Anak-anak Rp7.500


*****

Demikian thread dari ane, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Agan Sista.
Terima kasih sudah membaca.

emoticon-terimakasih




18 Oktober 2020
Sumber Tulisan: Wikipedia dan Sumber lainnya

Diubah oleh anjaultras 18-10-2020 14:52
siapikarotten7070Elite.Forces
Elite.Forces dan 34 lainnya memberi reputasi
35
7.9K
81
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mojokerto
Mojokerto
icon
568Thread237Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.