tipscantiktvAvatar border
TS
tipscantiktv
NGERI! 11 Fenomena Alam ini Indah Sekaligus MENGERIKAN.
              NGERI! 11 Fenomena Alam ini Indah Sekaligus MENGERIKAN.

Dunia ini menyimpan segudang misteri, seperti beberapa fenomena alam yang yang terlihat indah namun nyatanya mengerikan. Fenomena alam ini tidak terjadi karena hal-hal ghaib atau supranatural lainnya. Karena ternyata, seluruh fenomena alam ini dapat dijelaskan secara ilmiah. 
BERIKUT 11 FENOMENA ALAM YANG INDAH SEKALIGUS MENGERIKAN.

#1 TORNADO API



Ini mungkin terdengar seperti cerita fiksi, tapi faktanya kebakaran ekstrem akan bisa menciptakan sebuah tornado api yang sangat mengerikan.
Tornado api atau biasa disebut iblis api merupakan salah satu fenomena alam yang langka terjadi. Menurut definisi Oxford Dictionary, tornado api adalah udara super panas, abu, dan puing lainnya yang berputar dengan cepat di sekitar inti yang bercahaya dan berapi-api, biasanya menyerupai  angin puyuh tinggi, yang dihasilkan oleh turbulensi angin di atas massa bahan bakar.

#2 BOOKER SUPERCELL



Booker Supercell merupakan salah satu badai petir mengerikan dan berbahaya serta mempunyai daya perusak yang sangat besar dan kuat. Badai ini disebut juga sebagai petir yang berputar. 
Badai ini bisa terjadi dimana saja, namun badai ini paling sering terjadi di Tornado Alley, Amerika Serikat saat musim semi.

#3 UNDULATUS ASPERATUS



Undulatus Asperatus adalah sebuah formasi awan. Awan ini adalah awan ke dua setelah Lenticular Clouds. Undulatus Asperatus merupakan salah satu awan yang memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda dengan awan-awan lainnya sehingga mampu menarik perhatian masyarakat dunia.

#4 BIOLUMINESCENCE



Apa yang kamu lihat adalah pantai dengan air yang menyala warna biru. Nggak hanya dalam film fantasi aja gais, karena ini benar-benar ada di dunia nyata. Fenomena alam ini disebut Bioluminescence, yaitu emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Bioluminescence telah ditemukan secara alami pada banyak makhluk hidup seperti bakteri dan organisme lain di perairan.

#5 LENTICULAR CLOUD



Gambar ini bukannlah penampakan kedatangan UFO. Itu adalah awan bernama Lenticular Clouds. Awan ini berlapis-lapis dan terbentuk karena adanya udara lembab yang dipaksa mengalir ke atas di sekitar puncak gunung.  Para pilot pesawat akan sebisa mungkin menghindari terbang di dekat awan ini karena akan memicu turbulensi yang kuat.

#6 MORNING GLORY CLOUDS



Morning Glory Clouds adalah jenis awan yang sangat langka. Awan yang memanjang ini bahkan dapat meregang sepanjang 1000 km dan berada pada ketinggian hinggak 2 km.
Salah satu tempat yang cukup sering mengalami fenomena ini adalah Burketown, Queensland, dan Australia. Di sana, awan ini terjadi tiap musim semi. Awan ini dapat menyebabkan turbulensi yang hebat pada pesawat terbang.

#7 WATERSPOUT



Waterspout adalah tornado yang terbentuk di atas air. Waterspout dapat mencapai kecepatan hingga 305 km/jam.

#8 THE EVERLASTING STORM



Foto di atas memang cukup menyeramkan dan benar-benar terjadi. Dinamakan The Everlasting Storm, peristiwa alam ini terjadi di Venezuela, di Sungai Catatumbo. Petir ini terus keluar hingga 160 hari dalam setahun, 10 jam perhari dan 280 kali per jam.

#9 CROP CIRCLE IN WATER



Pola-pola seperti ini tidak berada di ladang jagung seperti crop circle pada umumnya, melainkan berada di salah satu dasar laut perairan Jepang. Ditemukan beberapa Crop Circle yang memiliki pola-pola berbeda-beda.
Temuan yang mengejutkan lainnya adalah, pola-pola ini ternyata diproduksi oleh ikan kecil yang memiliki panjang tidak lebih dari 5 inci. Pola-pola ini dibuat oleh mereka dengan tujuan menarik pasangan.

#10 UNDERWATER RIVERS



Sungai bawah laut ini tidak terjadi karena faktor supranatural. Fenomena ini sepenuhnya ilmiah. Terletak di Cenote Angelita, Mexico, sungai bawah laut ini terjadi karena beberapa zat seperti hidrogen sulfur menyatu dengan sebagian air. Air yang tercampur tersebut akhirnya jatuh dan membentuk aliran yang terpisah.

#11 FENOMENA BRINICLE



Fenomena yang satu ini memiliki julukan tornado es bawah laut. Kenapa dinamakan begitu? Karena fenomena ini memang terjadi di dasar lautan. Brinicle sendiri merupakan fenomena pembentukan es laut ketika air garam yang sangat dingin terjadi di dalam laut. Selama musim dingin suhu di dasar laut mencapai -20 derajat celcius sedangan suhu air laut -1,9 derajat celcius.
Panas yang cenderung mengalir dari udara hangat ke dingin menciptakan sebuah pipa es. Garam dalam es ini akan terkonsentrasi dan akan ditekan ke dalam saluran air garam. Sifat dingin dan asin membuatnya lebih padat daripada air di bawahnya. Hasilnya air garampun mengalami pembekuan dan tenggelam ke dasar laut. Proses ini selanjutnya membentuk lapisan es halus yang berkembang menjadi Brinicle.



Itulah gaiss, 11 fenomena alam yang indah sekaligus mengerikan, kalau kamu ada info menarik lainnya kamu boleh share di kolom comment, semoga bermanfaat and bye bye



Diubah oleh tipscantiktv 16-10-2020 02:43
asamboigan
m4ntanqv
mapaygawir
mapaygawir dan 55 lainnya memberi reputasi
56
8.6K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.