Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8861d87e3a720dc83db1de/ask-tentang-mcb-pln
Ask tentang PLN .. Maap kalau salah kamar .. Jadi gini , ane kan bulan 3 kmaren buka laundry , ane cari2 org pln dapet lah 1 org namanya pak xxx (karyawan pln) Lalu stlh konsultasi , ane deal pasang listrik rt1 yg token 2 buah dengan daya @900 , Stlh pasang , ane pikir dayanya kuat untuk 2 mesin cuci , trnyta jeglek terus .. Ane telpon lagi lah pak xxx itu .. Beliau menawarkan usul , untuk menggan
Lapor Hansip
15-10-2020 21:51

Ask Tentang Mcb PLN

Ask tentang PLN ..
Maap kalau salah kamar ..

Jadi gini , ane kan bulan 3 kmaren buka laundry , ane cari2 org pln dapet lah 1 org namanya pak xxx (karyawan pln)
Lalu stlh konsultasi , ane deal pasang listrik rt1 yg token 2 buah dengan daya @900 ,
Stlh pasang , ane pikir dayanya kuat untuk 2 mesin cuci , trnyta jeglek terus ..
Ane telpon lagi lah pak xxx itu ..
Beliau menawarkan usul , untuk mengganti mcb nya resmi pln punya warna biru dengan daya 4ampere klo ga salah , dan segel resmi pln punya ..
Intinya daya 900 stlh di ganti mcb , untuk 4 mesin cuci , 2 sanyo , setrika listrik 2 dan kipas angin 1 ga jeglek gan ..

Nah pertanyaan ane , apakah ini legal ? Atau ini ilegal ?
Karna tanya si pak xxx , dia blg klo ada masalah tgl telpon dia aja klo ad yg tanya2 ..
Tapi ane takut aja ini masalah dan jadi bom waktu ..
Mohon untuk suhu2 yang sangat paham soal pln , untum bantu berikan jawaban ..
Thnk you
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ask Tentang Mcb PLN
15-10-2020 22:02
Mcb Yg sebelumnya berapa Ampere? ,,,,Setahuku utk 900watt butuhnya memang mcb 4 ampere
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
15-10-2020 23:20
Wah, TS pencuri listrik.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 03:36
kalo listriknya 900 mcb nya emang harusnya pake yang 4 amp gan.
ane malah curiga jgn2 agan dipermainkan sama pak xxx ini.
coba cek mcb yg sekarang gan, 4 amp apa bukan.
jgn2 dikasih yang 2 amp.
0 0
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 07:35
Kayaknya kenak tipu nih
0 0
0
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 07:42
Ketauan pln kena denda tuh emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 13:46
Alamat nya dimana bre? emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 14:27
P = v x I


Mcb yg ditawarin pak itu mungkin cuma labelnya doang 4 ampere padahal isinya gak segitu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 15:15
wah, mending konsultaasi langsung sama pihak terkait gan. lebih cepat lebih baik. Tapi jangan lupa di rumah saja ya gan, kalau bosan boleh ke thread ane ttg Brainwave, https://kask.us/iznRu.
0 0
0
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 15:37
ente nyolong listrik, ente secara ga resmi naikin daya listrik rumah ente dgn ganti mcb amper yg lebih besar
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 17:52
ilegal itu gan, yg resmi itu klw agan emang udah ajukan penambahan daya ke pihak pln.
mau resmi atw tidak mcb'y klw daya tidak sesuai tetap ilegal yg ujung2nya kena denda.
itu yg di foto mcbnya masih cl 4 yg artinya daya 900 gan.

sekedar info gan klw agan pasang listrik buat usaha harusnya ambil tarif b atw bisnis biar lebih murah. rt1 itu buat rumah tangga tarifnya beda
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 17:54
dari pengamatan ane itu pcb agan isinya bodong. tertulis cl4=900 tpi dalemannya daya gede.
kalau ketahuan pihak pln wassalam gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 18:04
baik'y agan tanya dulu aja sama yg pasang, itu daya sama mcb bener cocok atw ga, klw emang bener mcbnya bodong minta di benerin aja.
soal daya klw kurang tinggal ajuin ke pln buat tambah daya sekalian ganti tarif ke bisnis.

soal jebak2 menjebak itu tergantung orang'y, krna ada jg orang pln yg kelakuan bgtu buat dpat kepuasan konsumen yg imbasnya bnyak pelanggan baru yg ambil dari dia nantinya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 18:06
buat rincian harga agan bisa cek di webnya. ane ga hafal semua harganya gan krna cukup banyak list harga'y
0 0
0
Ask Tentang Mcb PLN
16-10-2020 18:16
wkwkwkw yowes klw gtu terserah agan aja, mngkin tukang plnnya jg udah menjamin keamanannya.
0 0
0
Ask Tentang Mcb PLN
17-10-2020 14:57
Kebetulan ane sedikit mengerti soal listrik dan kenal dgn bbrp instalatir listrik dan kadang suka ikut dalam pemasangan listrik instalasi rumah.
Itu kalau api 2x900va memang mcbnya 4a (4x220=880 = 900), Kalau menurut ane agan naikin daya secara resmi saja
soalnya menurut perhitungan ane:
4 mesin cuci (4x350watt) = 1.400 watt
2 sanyo-mesin air (2x500watt) = 1.000 watt
2 setrika listrik (2x300watt) = 600 watt
1 kipas angin (1x50watt) = 50 watt
menurut hitungan kasar ane, agan membutuhkan daya minimal 3.050 watt, sedangkan daya agan hanya 900wattx2= 1.800 watt, jadi tidak cukup.
Daya listrik yang tersedia di pln kebetulan tidak ada daya 3.050watt, adanya 2.200 atau 3.500 watt
Maka dari itu agan baiknya menaikkan dayanya ke 1x3.500 watt, atau 2x2.200 watt (harus lebih dari pemakaian),
Jika agan tidak menaikkan daya ya opsinya dengan MCB nakal(bahasa yang sering saya dengar dari instalatir listrik) agar tidak gampang jatuh mcbnya, tetapi dengan resiko
1. agan bisa terkena denda pln karena pemakaian agan melebihi batas maksimal tagihan (karena pln ada tabel batas tagihan maksimal untuk setiap daya yang diberikan pln, sedangkan jika agan menggunakan listrik sebesar yang diatas agan sudah pasti melewati batas tagihan listrik untuk daya 900) dan dendanya ini tidak kecil.
2. bisa beresiko kebakaran, karena MCB(miniature circuit breaker atau kalau ditranslate pemutus arus) fungsinya adalah memutuskan arus jika terjadi kelebihan beban dan juga korsleting dan jika kita menggunakan MCB bandel (ampere kecil tapi ga jatuh2 saat beban besar) akan meningkatkan resiko ini.
Menurut ane itu jg mcb palsu yang diberikan oknum tersebut, soalnya jika mcb asli standard pln biasanya sensitif untuk jatuh (gampang jatuh) jika terjadi kelebihan beban dan korsleting
begitu aja uneg2 dari ane
emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ask Tentang Mcb PLN
22-10-2020 00:35
Ga ngaruh sih gan kalo menurut ane, solusinya emang harus naik daya kalo pake mesin cuci dua begitu
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia