• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Para Pemain Manchester United Nomor Punggung 7, Siapakah Terhebat?

anjaultrasAvatar border
TS
anjaultras
Para Pemain Manchester United Nomor Punggung 7, Siapakah Terhebat?

Sumber

Kenyataannya, apakah kutukan nomor tujuh masih berlanjut? Demikian saat CR7 hengkang dari Manchester United.



Hai Agan Sista football lovers
emoticon-Bola
Beberapa hari yang lalu bursa transfer pemain sudah ditutup. Dari beberapa pemain yang pindah ke klub barunya di detik-detik penutupan bursa transer salah satunya adalah Edinson Cavani. Cavani pergi dari klub lamanya PSG menuju Manchester United dengan status free transfer. Bagi Cavani sendiri bermain di Liga Inggris merupakan pengalaman pertama pada karirnya. Uniknya pemain berusia 33 tahun ini, memakai nomor punggung keramat Manchester United yaitu nomor tujuh.



George Best / Sumber 1 & Sumber 2

Pemain yang memakai nomor punggung tujuh di Manchester United bukanlah pemain kaleng-kaleng. Deretan pemain bintang pernah mencicipi nomor tujuh di Manchester United. Beberapa diantaranya sukses membawa Manchester United meraih prestasi, namun sebaliknya adapula yang gagal bersinar.

Kisah sukses pada dekade 60-an yaitu George Best yang membawa Manchester United meraih trofi baik di Inggris maupun Eropa. Sampai akhirnya George Best meraih penghargaan Ballon D’or tahun 1968. Disamping itu kisah sukses lainnya adalah Bryan Robson yang berkarir di Manchester United pada tahun 1981 - 1994 dan sudah mempersembahkan total 11 gelar juara di berbagai kompetisi.

emoticon-Belgia
Berikut para pemain Manchester United bernomor tujuh sejak Premier League bergulir:


Eric Cantona
(1992 – 1997)


Sumber

Pemain ini sangat fenomenal bagi para pecinta sepak bola pada jamannya, masih teringat jelas aksi “Tendangan Kungfu”. Datang ke Manchester United dengan segudang prestasinya, Cantona sebelumnya bermain untuk Leeds. Prestasi yang membanggakan berhasil Cantona raih di musim pertamanya 1992/1993, pasalnya saat itu Manchester United sudah berpuasa gelar Liga Inggris selama 26 tahun.

Perolehan gelar juara lainnya juga turut disumbangkan kepada Manchester United yaitu 4x Liga Inggris, 2x Piala FA, 5x Piala Super Inggris atau yang sekarang dikenal dengan Community Shield. Cantona sendiri menyatakan pensiun bermain sepak bola di Manchester United pada tahun 1997.




David Beckham
(1997 – 2003)


Sumber

Sebelum memakai jersey nomor 7, Beckham sempat memakai nomor 28, 24, dan 10. Pada musim 1997/1998 pemain yang mempunyai tendangan bebas mematikan ini baru memakai nomor 7 pada jerseynya. Pemilihan nomor tujuh ini untuk menggantikan posisi Eric Cantona yang sudah gantung sepatu.

Prestasi Beckham bersama Manchester United saat itu terbilang sangat sukses, terutama saat meraih juara Liga Champions musim 1998/1999 mengingat gelar kedua itu didapatkan terakhir kali pada musim 1967/1968. Sementara sumbangan gelarnya kepada Manchester United yang lainnya adalah 6x Liga Inggris, 2x Piala FA, 1x Piala Intercontinental, 4x Piala Super Inggris. Pada tahun 2003 Beckham memutuskan hengkang dari Manchester United menuju klub Spanyol, Real Madrid.




Cristiano Ronaldo
(2003 – 2009)


Sumber

Pemain yang didatangkan dari Sporting Lisbon ini, awalnya ingin memakai nomor 28 seperti yang ia kenakan di klub lamanya. Namun Sir Alex Ferguson saat itu langsung memberikan nomor 7 kepada Ronaldo yang sudah ditinggalkan David Beckham. Ronaldo yang memiliki skill di atas rata-rata tersebut membuktikan kehebatannya bersama Manchester United.

Gelar juara yang sudah dipersembahkan ke Manchester United antara lain 3x Liga Inggris, 1x Piala FA, 2x Piala Liga, 3x Piala Super Inggris, 1x Liga Champions, 1x Piala Dunia Antar Klub. Di samping itu deretan prestasi individu juga Ronaldo peroleh saat bermain bersama Manchester United yaitu 1x Ballon D’or, 2x pemain terbaik Liga Inggris, dan 3x top skor di kejuaraan berbeda Piala FA, Liga Inggris, Liga Champions.

Performa Ronaldo di lapangan hijau semakin lama semakin meningkat drastis. Setelah 6 musim mendapatkan jasa Ronaldo, Manchester United akhirnya tak kuasa mendapatkan tawaran dari Real Madrid dengan nilai transfer tinggi saat itu. Awal musim 2009/2010, Ronaldo resmi bergabung dengan Real Madrid dengan status pemain termahal di dunia.




Michael Owen
(2009 – 2012)


Sumber

Cemerlang bersama Liverpool lalu pindah ke berbagai klub, akhirnya pada tahun 2009 Owen berlabuh ke Manchester United dengan status free transfer. Namun sayang karirnya bersama Setan Merah tidak sesuai harapan klub dan penggemarnya. Sering dibekap cidera membuat Owen jarang tampil di rumput hijau. Walaupun minim kontribusi, Owen masih mendapatkan gelar bersama Manchester United yaitu 1x Liga Inggris, 1x Piala Liga, dan 1x Piala Super Inggris.

Sampai akhirnya awal musim 2012/2013 Owen pindah klub ke Stoke City dengan status free transfer. Di Stoke City itu selama semusim bermain, Owen menyatakan pensiun dari kancah sepak bola di usia 33 tahun.




Antonio Valencia
(2012 – 2013)


Sumber

Datang dari Wigan Atheltic pada tahun 2009, Valencia pertama kali menggunakan jersey nomor 25. Baru setelah Owen hengkang tahun 2012, Valencia memakai nomor 7. Deretan prestasi gelar juara memang banyak Valencia persembahkan ke Manchester United, namun saat ia memakai nomor tujuh hanya 1x saja menjuarai Liga Inggris.

Uniknya pada musim berikutnya yaitu 2013/2014, Valencia mengganti nomor punggungnya kembali ke nomor 25. Bersama nomor 25, Valencia malah lebih banyak memberikan gelar kepada Setan Merah yaitu 1x Liga Inggris, 1x Piala FA, 2x Piala Liga, 6x Piala Super Inggris, dan 1x Piala UEFA.

Setelah 10 tahun membela Manchester United, Valencia pindah ke klub LDU Quito asal negaranya di Ekuador.




Angel Di Maria
(2014 - 2015)


Sumber

Nomor tujuh sempat kosong di musim 2013/2014, akhirnya datanglah pemain yang mau menggunakan nomor tujuh di musim berikutnya 2014/2015. Didatangkan dari Real Madrid, saat itu Di Maria merupakan pemain bintang dengan skill mumpuni. Akan tetapi nasib baik tidak berpihak kepada Di Maria bersama Setan Merah. Menjadi pemain inti tidak banyak yang bisa dilakukan oleh Di Maria. Alhasil tanpa gelar satupun Di Maria persembahkan untuk Manchester United.

Hanya semusim Di Maria berada di Old Trafford, Ia akhirnya pergi menuju tanah Perancis bersama PSG.




Memphis Depay
(2015 - 2017)


Sumber

Berstatus pemain muda berbakat berusia 20 tahun dari PSV Eindhoven, Memphis akhirnya dipinang oleh Manchester United pada tahun 2015. Mengganti posisi Di Maria yang hengkang dan mewarisi nomor 7 yang Memphis kenakan selama 2 musim bersama Setan Merah. Namun performa Memphis tidak sesuai dengan ekspetasi, sehingga Memphis sulit untuk bersaing dengan rekan setimnya untuk memperoleh posisi inti. Walaupun sedikit kontribusinya, Memphis bisa mendapatkan beberapa gelar yaitu 1x Piala FA, 1x Piala FA, dan 1x Piala UEFA.

Di musim berikutnya 2016/2017 kondisi Memphis semakin tidak menentu. Terlihat jarang dimainkan bahkan nyaris tidak ada daftar namanya di bangku cadangan. Akhirnya Memphis pindah ke Lyon pada pertengahan musim. Dengan begitu nomor 7 di Manchester United kosong untuk sementara waktu .




Alexis Sanchez
(2017 - 2019)


Sumber

Kekosongan pemain bernomor 7 akhirnya dipakai juga oleh Alexis Sanchez. Pemain berkebangsaan Chili ini datang ke Old Trafford setelah bermain cemerlang bersama Arsenal, tepatnya pada pertengahan musim 2017/2018. Sebagai pemain berposisi Attacker, Sanchez tampak tidak mampu menjaring gol sebanyak-banyak ke gawang lawan. Beberapa cidera juga menghantui pemain yang sempat merumput di Barcelona ini. Tragisnya, tidak ada satupun gelar Sanchez dapatkan bersama Manchester United.

Performa yang kurang baik membuatnya harus keluar dari Manchester United menuju ke Inter Milan pada Agustus 2019 dengan status pemain pinjaman. Artinya musim 2019/2020 Manchester United tidak mempunyai pemain bernomor 7. Sampai akhirnya di musim ini 2020/2021 Sanchez benar-benar dilepas dan menetap di Inter dengan status bebas transfer.




Edinson Cavani
(2020 - sekarang)


Sumber

Mengawali kompetisi yang tidak cukup baik, membuat Manchester United harus banyak berbenah di musim 2020/2021 ini. Salah satunya adalah mendatangkan pemain berpengalaman Edinson Cavani di posisi Striker. Lama membela dan menjadi pemain andalan di PSG, Cavani akhirnya sepakat menandatangani kontrak bersama Setan Merah dengan jersey bernomor 7.

Sangat menarik untuk disimak pemain Uruguay ini, apakah mampu mengangkat performa Manchester United saat ini? Sebaliknya, apakah kutukan masih berlanjut? Kita tunggu saja aksinya.



*****


Demikian thread ane yang membahas pemain bernomor 7 di Manchester United. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahun Agan Sista football lovers.
Terima kasih sudah membaca.
emoticon-terimakasih





10 Oktober 2020
Berdasarkan opini pribadi
Sumber Tulisan: Wikipediadan lainnya

Diubah oleh anjaultras 11-10-2020 00:22
tien212700
Elite.Forces
leonil
leonil dan 28 lainnya memberi reputasi
27
7.6K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.