serbaserbi.com
TS
serbaserbi.com
Waspada! Beredar Link Palsu Pendaftaran Prakerja di WA
GIF

HAI AGAN DAN SISTA

emoticon-Hai

Sejak kemarin (10 Oktober 2020), ane banyak mendapat pesan berantai yang dikirim beberapa teman ke nomor ane. Bunyi pesan tersebut adalah sebagai berikut :

Quote:


Ane heran, dong. Kok ada pendaftaran prakerja tetapi tidak melalui laman/situs resmi kartu prakerja www.prakerja.go.id? Curiga, ane coba klik link yang beredar di WA tersebut. Setelah dibuka, pada laman pertama ane dihadapkan pada laman yang meminta kita untuk memasukkan nama dan nomor telepon.


Laman depan link https://prakerja.vip


Laman kedua dari https://prakerja.vip

Baru melihat halaman pertama dan kedua aja ane udah yakin kalau itu hoax, Gan. Soalnya selain tampilannya nggak meyakinkan, situs resmi pemerintahan jarang bahkan hampir tidak pernah meminta kita untuk meregistrasikan nama dan nomor telepon pertama kali.

Selain itu, ponsel ane pun mengirimkan notifikasi bahaya dari situs yang ane buka tersebut, sehingga ane buru-buru log out dari sana dan tak melanjutkan mengisi data yang diminta oleh situs tersebut.

Dari teman ane yang udah termakan hoax dari link ini, ia mengaku setelah mengisi nama dan nomor telepon, dia diminta untuk men-share link tersebut ke 20 kontak WhatsApp-nya. Itulah kenapa ia ngeshare link tersebut ke ane juga. Selanjutnya ia mengisi data diri yang lain dan menunggu notifikasi dari e-mail.

So, Gansis. Kita harus hati-hati dalam mengklik link atau situs hoax yang disebar lewat WA. Misal link yang mengatakan ada kuota 100 GB gratis, link hadiah adidas, link prakerja di atas, dan link-link lain.

Itu adalah tindakan pishing, Gansis! Tindakan ini dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data orang-orang yang mengklik link yang ia beri. Tentu saja tujuannya adalah untuk penipuan dan tujuan buruk lainnya.

Tak hanya di WA, di Facebook pun masih banyak beredar link-link pishing. Dulu ane pernah mengalami, yang mana setelah mengklik link tersebut, akun ane langsung dibajak, sandi akun ane diganti dan ia memposting program give away (yang ane yakin penipuan) melalui akun ane tersebut. Jadi kesannya, anelah yang melakukan penipuan.

So, hati-hati, ya, Gaes!


Halaman pertama situs resmi www.prakerja.go.id

Oh, iya untuk link prakerja tadi sudah dibuktikan 100% HOAX, ya! Pendaftaran prakerja gelombang 10 sudah berakhir pada 28 September kemarin dan belum ada informasi resmi dibukanya gelombang baru.

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : dokumen pribadi
Narasi : opini pribadi

Thanks for reading

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star






Diubah oleh serbaserbi.com 11-10-2020 09:48
indramamothtien212700eno.niken
eno.niken dan 25 lainnya memberi reputasi
26
6.2K
201
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.