Mr.Panda.
TS
Mr.Panda.
Review Lengkap Anime Movie Made In Abyss: Dawyn of The Deep Soul


Semua berawal sejak kemunculan seri pertama yang digagas sebagai kuda hitam, dan tidak disangka-sangka mampu "menggocek" banyak sekali para penggemar serial anime di seluruh penjuru dunia. Made In Abyss berhasil mematahkan perspektif dangkal jika animasi jejepangan hanya selalu identik dengan sajian khusus "anak kecil" saja. 


Kartun tetaplah kartun, mau apapun bentuknya kalau desain karakternya saja sudah mirip "pokemon" begini orang dewasa mana yang mau nonton? Hampir mustahil rasanya untuk mengatakan jika Made In Abyss  sangat membosankan untuk diterima oleh nalar orang dewasa. Alih-alih dihadapkan dengan visual lembut dan hangat, kalian justru harus mempersiapkan diri untuk bertarung dengan atmosfer kengerian dan rasa getir pada setiap detik kalian menjelajahi kedalaman Tanah Abyss.

Film dibuka dengan 4 episode special yang akan memperlihatkan sisi lain dari keseharian Maruruk dan Ozen The Immovable Waifu. Ya... walaupun hanya opsional bonus 4 episode ini memang lumayan cukup menghibur, terutama saat episode flashback memulai cikal bakal pertemuan Ozen dengan Maruruk, adegan klise tersebut sudah pasti bukanlah bagian dari plot yang penting sehingga tergantung kalian boleh langsung melewatkannya atau tidak. 


Quote:



Bergeser pada segi cerita, film ini sendiri akan mengambil potongan time-line dari seri pertamanya, yaitu sejak Reg dan Riko memutuskan menerima Nanachi (yang sukses bikin kita nangis bombay), sebagai anggota baru di tim ekspedisi mereka untuk melanjutkan perjalanan menuju ke lapisan kelima Tanah Abyss (The Sea of Corpses). 

Ngomong-ngomong film ini lompat dari Season Pertama langsung masuk ke Movie 3, dan memang pada fragment Movie 1 & 2 cuma hasil rekapan dari 13 episode Season pertama saja. Durasinya kurang lebih 1 jam 40 menit dan tidak termasuk 4 episode special. Terhitung cukup ringkas apabila dibandingin seri sebelumnya, patut disayangkan sebab world building di sini itu nggak main-main. 

Harusnya (sebagai penonton kurang ajar) saya ingin sekali minta diajak jalan-jalan melancong di tanah Abbys. Jujur deh, nonton Made In Abyss sensasinya mirip seperti kalian main game open world bertema fantasi, lebih hidup kalau kita yang mengeksplore dan berinteraksi langsung dengan lingkungannya ketimbang hanya menonton animasi kartun mirip "pokemon" ini.


Selain itu komposer musik yang masih digarap oleh si tangan dingin Kevin Penkin,  tentu ide gilanya sanggup menciptakan tone musik dunia fantasi yang luar biasa indah.  Pendek kata, dari segi grafik dan alur sama sekali tidak ada yang berubah kualitasnya, kalian yang sempat menonton Season pertamanya tidak perlu was-was apabila Made in Abbyss Movie 3: Dawn Of The Deep Soul mengalami downgrade di sana-sini. 


Quote:



Fokus certita akan menitikberatkan pada pengenalan dua karakter baru, yaitu hubungan antara ayah-anak Prushka dan Bondrewd. Saya sebetulnya nggak mau spoiler, tapi berhubung kehadiran Bondrewd di sini akan membuat Mr. Tucker di Full Metal Achemist jadi kagak ada serem-seremnya mending sekalian aja dibahas.

Masih inget kan Mr. Tucker di FMA Brotherhood? Peneliti sinting setingkat Mr. Tucker aja sudah "terlalu" berani bereksperimen untuk menggabungkan seekor anjing dengan anaknya sendiri, lalu memperangkap senyuman gadis polos dalam bentuk mahluk jadi-jadian Chimera. Bonderwd lebih sakit lagi.

Pada seri Season pertama, Bondrewd diceritakan sebagai delver peluit putih yang hatam betul asam manis seluk beluk lapisan kelima, dan juga sekaligus peneliti yang entah berantah sudah menghabiskan berapa jumlah nyawa anak-anak tidak berdosa. Kutukan Abyss benar-benar akan sangat menyiksa keadaan fisik dan mental seseorang. 


Quote:



Tidak perlulah saya bragging sekejam apa Bondrewd ini dibanding Mr. Tucker, kalian yang sempat mengingat tragedi "gumpalan daging" yang menimpa Nanachi & Mitty di Season Pertama akan kembali dibuat bergidik ngeri. 

Hebatnya, film ini akan menggali sisi humanisme serta keterkaitan etika sains pada sebuah proyek eksperiment, yang sejatinya kalau dipikir-pikir "ya memang harus begitu" aturan mainnya. 

Kita ambil contoh sejarah masa lalu dimana kontroversi awal mula pengembangan penelitian senjata nuklir memang akan selalu ada sisi positif-negatifnya, layaknya dua mata pisau kehadiran Bondrewd akan melahirkan sosok villain berjiwa antagonis sekaligus protagonist.


Quote:



Desain karakternya menurut saya cukup kece, mirip kamen rider bukan sih... Helm full face lol emoticon-Big Grin

Ya intinya, karakter ini bener-bener sakit deh, best Villain sepanjang sepak terjang dunia anime per tahun 2020. Jangan heran, kalau nanti kalian akan sangat menikmati petarungan epic antara Reg dan  timnya melawan kamen rider  Bondrewd.

Walaupun masih banyak kekurangan minor dari segi durasi yang menurut saya porsinya terlalu pendek, Made In Abyss Movie 3: Dawn Of The Deep Soul tetaplah sajian berkelas yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. 

Dorongan penasaran dan keingintahuan manusia untuk mengupas setiap misteri di Tanah Abyss, rasa-rasanya akan terasa begitu masuk akal, sama halnya seperti saat nalar kita menerima desain pembuatan lingkungan dan jalan logika departemen para hunter (Hunter x Hunter), eksistensi mahluk kasap mata (Mushishi), atau bahkan penjelajahan para Survival Corpse (Shingeki no Kyojin) yang kaya akan balutan fiksi namun tetap mengakar pada ilmu sains. 


Quote:



Lagi-lagi akhirnya Made In Abyss mampu membengkokan statment jika anime tidak hanya  untuk pasar anak-anak/remaja saja. Meskipun pada paruh-paruh pertengahan pace film akan bergerak sedikit tidak "sabaran", beruntung berkat semua goresan seni dan elemen distrubing yang begitu kental pada film ini berhasil menutupi kekurangan itu semua. 

Boleh setuju boleh tidak, Made In Abyss Movie 3: Dawn Of The Deep Soul adalah salah satu anime movie yang wajib kalian tonton pada tahun 2020.





 





kakbimstien212700Uncle.Turtle
Uncle.Turtle dan 28 lainnya memberi reputasi
27
9.5K
57
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.