Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
203
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f81510e337f9309b44da166/benarkah-tradisi-quotbuang-ayamquot-bisa-mencegah-aral-saat-hajatan-pengantin
Buang Ayam adalah kegiatan adat atau tradisi yang telah turun temurun dilakukan sebagian masyarakat. Tradisi membuang sesaji berupa makanan, buah-buahan dan seekor atau sepasang unggas,
Lapor Hansip
10-10-2020 13:13

Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tradisi "Buang Ayam" pada hajatan pengantin

Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?


Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang Agan Sista di thread ane kali ini.


Hai, apa kabar, Sahabat Kaskus? Semoga hari ini tetap dalam keadaan sehat ya. Oh ya, tetap jalankan protokol kesehatan di masa pandemi ini, ya.

Oke, kali ini ane mau bahas soal tradisi "Buang Ayam" saat hendak melaksanakan hajatan pengantin.

Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?


Apa sih tradisi buang ayam itu? Jika Agan Sista pernah tinggal di sekitar daerah Jawa Tengah seperti ane, mungkin pernah melihat tradisi ini saat tetangga atau kerabat melaksanakan hajatan pengantin.

Buang Ayam adalah kegiatan adat atau tradisi yang telah turun temurun dilakukan sebagian masyarakat. Tradisi membuang sesaji berupa makanan, buah-buahan dan seekor atau sepasang unggas, biasanya sih yang ane lihat itu, kalo gak ayam, ya bebek. Sepengetahuan ane selama ini sih, itu. Seperangkat sesaji itu dibuang di jembatan atau sungai yang akan dilewati oleh rombongan pengantin. Baik rombongan dari pengantin pria saat melaksanakan hajatan di keluarga pengantin wanita atau sebaliknya ya, GanSist.



Tradisi ini pada sebagian masyarakat diyakini sebagai tolak bala agar dijauhkan dari aral dan rintangan saat melakukan prosesi hajatan pengantin. Agan Sista percaya? Kalo ane sendiri, terus terang gak percaya. Karena ane pernah menyaksikan sendiri kerabat yang hendak melakukan hajatan pengantin. Yuk cekidot cerita pengalaman ane.



Ane pernah menjadi salah satu rombongan dalam mengantarkan sepasang pengantin yang tak lain kerabat sendiri. Kebetulan ane satu kendaraan dengan keluarga sang pengantin. Saat itu kendaraan yang ane tumpangi bersama sang pengantin mendadak mengalami pecah ban. Alih-alih pecah ban, terdengar omongan bahwa tidak membuang sesaji di jembatan yang akan dilewati rombongan pengantin. Padahal sih, kerabat ane udah melakukannya. Jadi, menurut ane aral atau rintangan itu tidak ada hubungannya dengan tradisi "buang ayam" ya, GanSist.

Kalo ane sendiri sih, misalkan keluarga ane melakukan hajatan pengantin, solusinya berikut ini:

1. Berdoa demi kelancaran acara
2. Jaga kesehatan agar tetap fit saat menjalankan hajatan pengantin
3. Melakukan persiapan yang matang dari sarana dan prasarana yang akan mendukung pelaksanaan acara ( tempat, kendaraan dan peralatan lainnya)


Nah, di atas sekelumit tentang tradisi "Buang Ayam" versi ane, GanSist. Bagaimana dengan cerita GanSist tentang pengalaman saat menyaksikan hajatan pengantin? Yuk bagikan di sini secara santun dan pastinya santuy.

Cukup sekian, sampai jumpa lagi di thread ane berikutnya. Terima kasih dan Wassalam.

emoticon-Angel


Sumber: Opini pribadi
Gambar: Pinterest dan sumber tercantum di gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 37 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 13:13
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 13:14
Mengulas tradisi buang ayam pada hajatan pengantin versi ane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 13:14
Singgah Agan dan Sista.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 13:53
Jarang nemu tradisi buang ayam di sini


Diubah oleh uzunyzter
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 14:09
adatnya sih gitu bre
tapi kalo dipraktekin jaman now yg ada pala bocor berebut ayam...acara nikahan jd zonk emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 14:10
Baru tau ini sis, kasihan dong ya ayamnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 14:21
masih ada kok tradisi begitu, jadi dihitung dulu berapa jembatan yg akan dilalui.. di tiap jembatan ntar dilepas tu ayam.. ane bawa banyak banget krna dari ujung jateng ke ujung lainnya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 14:28
Di tempatku gak ada acara ginian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 14:42
Tempatku masih sering ada nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 14:44
Harusnya ayam entuh digoreng aja, jangan dibuang...
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 14:50
Mubazir ayam dibuang.. Lagian gak akan ada dampak apa2 melakukan itu malah bisa dosa kan syirik (cmiiw) , semua karena Allah semata. Ayam maupun buang atau keduanya tidak bisa memberikan manfaat yg di maksud. Kecuali di goreng, dipiara dsb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 15:07
Ayamnya sayang kalau dibuang... Dibikin ayam bakar ala @mamaproduktif ajah sis emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 16:03
Pernah liat. Tapi..aku ga percaya gituan... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 16:06
BUANG AYAM TUH PERINTAHNYE DUKUN BREE, CUMA ORG TOLOL YG MAU DIPERINTAH DUKUN...
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 17:02
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 17:08
Buang ayam kalo ayamnya diambil tetangga gimane ?
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 17:18
Klo di tempat suka tradisinya saweran penganten pake duit recehan gan emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 17:31
Tapi gatau napa seru aja baca soal mitos dan budaya begini begini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 18:50
Mending di kasih tetangga aja, klo dibuang ntar sapa yg kasih makan. Kasian ayamnya.... emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Tradisi "Buang ayam" Bisa Mencegah Aral Saat Hajatan Pengantin?
10-10-2020 18:55
Ane siap tangkap dari bawah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia