• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Blak-Blakan! Kampus Ini Mengaku Beri Uang Mahasiswanya yang Ikut Demo UU Cipta Kerja

widoko
TS
widoko
Blak-Blakan! Kampus Ini Mengaku Beri Uang Mahasiswanya yang Ikut Demo UU Cipta Kerja
Di tengah kasus Corona yang masih menunjukkan puncak - puncak tertingginya, Indonesia dihebohkan dengan masalah baru lagi yakni pro kontra besar akibat pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja.


Demo Tolak UU Cipta Kerja di Gedung Sate Bandung (8/10) (Sumber: ayobandung.com)


Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja yang disahkan menjadi Undang-Undang oleh DPR RI Senin 5 Oktober 2020 tersebut memantik gelombang demo yang meledak di berbagai kota. Demo yang mulai di gelar 6 Oktober 2020 tersebut bahkan sempat berujung pada kericuhan di DKI Jakarta. Beberapa Halte Trans Jakarta di DKI sempat dibakar dan menimbulkan kerugian diperkirakan sampai puluhan miliar rupiah.


Salah Satu Halte yang Terbakar (Sumber: cnnindonesia.com)

Demo tidak hanya dilakukan oleh buruh atau pekerja. Tetapi juga ada pelajar dan mahasiswa di tengah - tengah aksi besar itu.


Marzuki Alie (Sumber: kompas.com)


Yang menarik, ternyata ada beberapa pihak yang memberikan dukungan terhadap mahasiswa yang ikut demo. Ada dosen yang memberikan nilai A kepada mahasiswanya yang ikut demo UU Cipta Kerja. Dan yang mengejutkan, ada pula rektor yang mengaku memberi uang kepada mahasiswanya yang ikut demo UU yang menghebohkan tersebut.

Wah benarkah, Universitas manakah gerangan?

Pemberian uang kepada mahasiswanya yang demo tersebut terjadi di Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang Sumatera Selatan. Kepastian pemberian uang tersebut disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Indo Global Mandiri, Marzuki Alie.

Menurut Marzuki Alie seperti dilansir Kompas.com, 09 Oktober 2020, tujuan UIGM memberikan uang kepada semua mahasiswanya yang ikut demo tersebut adalah sebagai uang makan. Menurut Sang Mantan Ketua DPR RI tersebut, dengan diberikan uang makan oleh kampus maka diharapkan mahasiswa tidak terpengaruh pada oknum-oknum yang memberi nasi bungkus dari luar.

Marzuki Alie memberikan kesempatan kepada semua mahasiswanya untuk memberikan kontribusi ke masyarakat, terlebih pada kebijakan yang dinilai tidak pro rakyat. Dengan begitu menurutnya pihaknya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkomunikasi pada ranah publik. Juga berpikir tentang masalah sosial negara dan bukan hanya di kampus saja.

 Pengesahan UU Cipta Kerja yang terkesan mendadak di tengah Pandemi Corona ini memang mengundang polemik besar. Pada sisi pemerintah memang diharapkan ada hal positif yang diharapkan yakni bisa menarik investasi dan bisa menyerap banyak tenaga kerja baru. Tetapi di sisi banyak buruh dan pekerja dikeluhkan, diantaranya berkaitan dengan tenaga kontrak, UMK, PHK dan pengurangan pesangon.

Pada sisi pendidikan juga ada pasal yang dipermasalahkan. Yakni pasal 65 yang memasukkan perizinan sektor pendidikan seperti perizinan pada badan usaha. Hal ini dikhawatirkan banyak pihak akan menjadikan komersialisasi pendidikan.

 Adanya penolakan besar-besaran UU Cipta Kerja ini harus menjadi instropeksi diri pada pemerintah dan DPR sebagai wakil rakyat bahwa UU yang menyangkut kepentingan masyarakat luas perlu banyak kajian dan pertimbangan yang lebih dalam dan seksama sehingga muncul produk hukum yang legitimate yang diterima semua pihak, baik pemerintah selaku regulator maupun masyarakat.

Dan dari sisi pendemo, unjuk rasa dan menyampaikan aspirasi memang dijamin undang - undang. Tetapi tindakan anarkis dan perusakan fasilitas umum sama sekali tidak dibenarkan.

Saat demo tidak berhasil, maka masih ada jalan yang ditempuh untuk mengubah UU melalui judicial review di MK. Semoga polemik UU Cipta Kerja ini bisa terselesaikan dan berakhir indah untuk semua...I]


Referensi:

1. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201008212211-92-556278/8-halte-terbakar-transjakarta-prediksi-rugi-rp48-miliar

2. https://regional.kompas.com/read/202...anya-yang-demo




kafir.resistant
kafir.resistant memberi reputasi
1
1.7K
30
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.