News
Batal
KATEGORI
link has been copied
212
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7ffaedf4ae2f1586260760/bawa-buku-tan-malaka-saat-demo-mahasiswa-di-banten-diancam-1-tahun-4-bulan-penjara
Polisi menjadikan buku Tan Malaka berjudul Menuju Merdeka 100 Persen sebagai barang bukti menjerat mahasiswa yang ditangkap ketika menggelar aksi unjuk rasa di depan kampus UIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten pada Selasa (6/10). Mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Banten itu dikenakan Pasal 212 KUHP, dengan ancaman pidana paling lama 1 Tahun 4 Bulan penjara. "Buku (Tan Malaka) k
Lapor Hansip
09-10-2020 12:53

Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara

Past Hot Thread
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara

Polisi menjadikan buku Tan Malaka berjudul Menuju Merdeka 100 Persen sebagai barang bukti menjerat mahasiswa yang ditangkap ketika menggelar aksi unjuk rasa di depan kampus UIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten pada Selasa (6/10). Mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Banten itu dikenakan Pasal 212 KUHP, dengan ancaman pidana paling lama 1 Tahun 4 Bulan penjara.

"Buku (Tan Malaka) kita dapatkan saat kita melakukan penggeledahan tersangka OA. Kita kembangkan, yang bersangkutan kita kenakan pasal 212, menyembunyikan buku itu, salah satu objek penelitian," kata Wakil Direktur (Wadir) Reserse dan Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Banten, AKBP Dedi Supriadi, di Mapolda Banten, Kamis (8/10). Seperti dilansir Liputan6.com.

Dari total 14 orang yang diamankan Polda Banten, semuanya sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sebanyak delapan orang merupakan mahasiswa, empat orang pelajar SMA sederajat dan dua lainnya pedagang.

Mereka dijadikan tersangka lantaran melakukan pelemparan terhadap polisi yang sedang bertugas dan enggan membubarkan diri, usai diperingatkan berkali-kali.

"OA dikenakan Pasal 212 KUHP, dengan ancaman kurungan penjara selama 1,4 tahun," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi.

Hanya pelaku BS (18) yang ditahan lantaran terbukti melempar batu ke Kabag Ops Polda Banten, Kombes Pol Roem Ta'at, yang mengakibatkan bocornya kepala pejabat Polda Banten itu. BS dikenakan Pasal 351 KUHP, dengan masa hukuman lima tahun kurungan penjara.

"Berkas perkara pertama, BS, mahasiswa melempari batu, dikenakan pasal 351 KUHP, dengan ancaman kurungan penjara lima tahun," terangnya.

Pelaku lainnya, MN, RN, DR, NA, AK, FS, MZ, dan FF dikenakan Pasal 218 KUHP dengan masa hukuman penjara selama empat bulan. Kemudian pelaku RR, MI, MF, dan MM dikenakan Undang-undang (UU) nomor 04 tahun 1984 tentang wabah penyakit, dengan kurungan penjara maksimal satu tahun.

"NA dan MZ itu pedagang. Kemudian RR, MI, MF dan MM itu pelajar SMA sederajat," jelasnya.

Bagi yang tidak ditahan, mereka dikembalikan ke orangtua, sekolah dan kampusnya untuk dilakukan pembinaan. Namun tetap dikenakan wajib lapor dan proses hukumnya terus berjalan hingga ke meja hijau.

"Yang lain tidak dilakukan penahanan, karena (hukuman) di bawah lima tahun penjara. Tetap dilakukan proses hukum sampai pengadilan, dengan dikenakan wajib lapor, sudah dikembalikan ke orangtua dan civitas akademi untuk dilakukan pembinaan," ujarnya.

Untuk diketahui, pada Selasa (6/10), terjadi demonstrasi di depan kampus UIN SMH Banten. Aksi di mulai sekitar pukul 15.00 wib, kemudian bentrokan terjadi sekitar pukul 19.00 WIB hingga sekitar pukul 23.00 WIB.

https://m.merdeka.com/peristiwa/bawa...n-penjara.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 20:50
Lebih aman bawa buku hentai berarti yah akhi ukhti
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 20:56
iNi klo berita nya bener
kerdil banget ya
masa baca buku Tan Malaka aja dipenjara.
Dlu kami di kampus, buku Buku2 Marx kami baca kami pelajari, krn salah satu Teori Sosiologi klasik yg smpe sekarang masih relevant untk jadi pisau analisa..
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 21:18
Quote:Original Posted By akunbaik
Lah Tan Malaka bukannya salah satu pahlawan Nasional??
Masa bawa buku yang ditulis pahlawan Nasional aja gak bisa bahkan ditangkap
Gak ngerti aku tuh
emoticon-Bingung


Tan Malaka juga salah satu tokoh komunis gan
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 21:19
bukan salah bukunya.. barangkali tuh mahasiswa abis nugas atau bikin skripsi trus balik langsung join demo wkwk
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 22:44
Wew.. ditangkap yessss hmmmmm..
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 22:54
Opo nolo... berita kok setengah" emoticon-Cape deeehh emoticon-Blue Guy Bata (L)

Mosok aku kate ngoleki siji2 seh... "isine bukune opo" trus "isi pasale opo" mosok yo ngono seh gan? emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh yahyal010
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 23:03
Didalem bukunya ada narkoba kali makanya bawa buki ditangkapemoticon-Leh Uga
Ada ada aja nih polkis. Padahal di gramed banyak tuh di displaynyaemoticon-Ngakak
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 23:22
gak nyambung sekali penerapan pasal bawa buku, klo emng iya yg dicari peneribitnya sama penulis nya ,lagian cuma 1 bukti gak cukup langsung tembak tersangka ..masih lemah untuk dijadikan tersangka, btw mengenai buku2 komunis ajaran marxisme itu ada dimana2 mulai dari perpustakaan daerah ane pernah baca tentang karl marx sejarah idupnya sampe ideologinya bahkan ada buku pemimpin uni soviet tebel banget.dikampus juga tentang ekonomi ada mata kuliah yg berhubungan tentang marxisme diliat dari sudut ekonomi dan politik ..and itu juga dunia akademis mahasiswanya jadi polisi salah rumah hanya karena buku itu,, ruang akademis segala bidang ilmu dibuka tidak dikecualikan ingat ituu
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 23:26
harusnya bawa buku tan noesoedibjo
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
09-10-2020 23:51
Emang salahnya dimana baca bukunya tan malaka? Serius nanya
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 00:00
Dalam konteks mempelajari mustinya ndak bole ditangkap.

emoticon-Traveller
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 00:50
Quote:Original Posted By InRealLife
Media tukang pelintir.

Bawa buku Tan Malaka bukan pidana. Tapi mereka ditangkap juga karena dugaan pelanggaran pasal 212 KUHP "melawan petugas":

Pasal 212
Barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan melawan seorang pejabat yang sedang menjalankan tugas yang sah, atau orang yang menurut kewajiban undang-undang atau atas permintaan pejabat memberi pertolongan kepadanya, diancam karena melawan pejabat, dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Jadi pasal 212 KUHP tidak bisa memidanakan kepemilikan buku Tan Malaka, kecuali kalau buku itu dipakai untuk kekerasan, misalnya alat menggebuk petugas.


Wartawan nya guoblok sangadddhhh emoticon-Leh Uga
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 00:59
Masih takut sama yg kyk gitu ya? Ane baca Das Kapital, Madilog juga...smp sekarang ga jd PKI & bahkan menganggap komunisme itu sekarang jd barang yg absurd.
Diubah oleh cadelistomark2
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 01:12
kalo bawa buku richard dawkins yang god delusion gimana ya kira2??
di bakar kah atau di salib
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 01:44
anjay pasal 212 cocok buat kadrun 212
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 04:42
Ditangkep karena pelemparan, bukan karena bukunya.
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 07:59
Yang nanya kenapa bawa buku tan malaka trus ditahan? Coba baca dulu beritanya, jangan langsung komen. Itu cuma barang bukti. Itu orang kena pasal 212 KUHP.

Biasain baca sebelum komen
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 08:34
Quote:Original Posted By singawallah

Bagi yang tidak ditahan, mereka dikembalikan ke orangtua, sekolah dan kampusnya untuk dilakukan pembinaan. Namun tetap dikenakan wajib lapor dan proses hukumnya terus berjalan hingga ke meja hijau.


Paling di do, bukan pembinaan emoticon-Ngakak emoticon-Betty
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 08:43
padahal cuma bawa buku ya emoticon-Matabelo
0 0
0
Bawa Buku Tan Malaka Saat Demo, Mahasiswa di Banten Diancam 1 Tahun 4 Bulan Penjara
10-10-2020 10:26
knp bawa buku bisa ditangkap?

baca buku ttg komunis bkn berarti agan komunis, baca buku biografi hitler bkn berarti agan hitler, baca buku biografi bill gates bkn berarti agan bs jd bill gates.

anti komunis blh sj
tp jgn buta ilmu pengetahuan
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan nirankara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia