• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Rangka Tulang T-Rex Laku dijual seharga $ 31,8 juta Dolar pada Lelang di Chicago

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Rangka Tulang T-Rex Laku dijual seharga $ 31,8 juta Dolar pada Lelang di Chicago
Foto: forbes.com

Hewan purbakala spesiesmen Tyrannosaurus memecahkan rekor penjualan termahal pada lelang yang diselenggarakan pada hari Selasa (6/10) di Chicago. Dalam lelang tersebut juga ada pelelangan karya seni terkenal termasuk karya Picasso, Pollock dan Monet.

Banyak orang beranggapan jika fosil T-rex tersebut tidak akan laku terjual di acara lelang yang digagas Christie akan tetapi, banyak orang yang terkejut dengan nominal hasil lelang yang dihasilkan.

Satu fosil kerangka lengkap Tyrannosaurus atau dinosaurus T-Rex dijual seharga US $ 31,8 juta atau sekitar Rp.467.040.200.000 miliar pada lelang yang diselenggarakan oleh perusahaan lelang terkemuka Christie.

Foto: nytimes.com

Jumlah tersebut menjadikannya kerangka fosil hewan purba termahal yang pernah dijual ke publik. Ini memecahkan rekor sebelumnya dari fosil kerangka purba T-Rex bernama Sue yang dijual seharga US $ 8,4 juta atau sekitar Rp.120.298.200.000 miliar pada Oktober 1997 oleh perusahaan lelang Sotheby di Field Museum of Natural History di Chicago.

Kerangka tersebut yang tingginya 13 kaki dan panjang 40 kaki dan terdiri dari 188 tulang, telah dipelajari sejak penemuannya. Fosil dinosaurus T-Rex tersebut bernama "Stan". Jarang sekali ada para ahli paleontologi menemukan fosil Tyrannosaurus secara lengkap, sehingga fosil T-Rex ini sangat mahal penjualannya.

Selama masa dua dekade terakhir, para peneliti ahli berteori bahwa susunan tulang dibagian tengkorak Stan (T-Rex yang di lelang) dan posisi tulang leher yang menyatu menandakan bahwa Tyrannosaurus ini adalah seekor petarung sejati.

Foto: wikipedia.com

Keutuhan tulang fosil ini yang kemungkinan besar ia selamat dari serangan spesiesnya sendiri ketika di zamannya. Para ilmuwan juga memperkirakan jika dinosaurus ini memiliki berat sekitar hampir 8 ton ketika ia masih hidup, atau setara dua kali lipat dari berat gajah Afrika.

Beberapa anggota dari komunitas paleontologi juga berpendapat bahwa fosil dinosaurus T-Rex seperti Stan tidak boleh dijual kepada kolektor pribadi, mereka menjelaskan jika hal itu terjadi maka ada persaingan yang membuat biaya masuk museum semakin mahal.

Wah, harga yang cukup fantastis untuk sebuah fosil T-Rex namun, harga tersebut sangat setimpal untuk sebuah kerangka fosil yang memiliki nilai sejarah.


Referensi: T. Rex Skeleton Sells For $31.8 Million At Christie's Auction
indramamoth
rukminiirawan
goeltom25338186
goeltom25338186 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.7K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThreadβ€’82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.