News
Batal
KATEGORI
link has been copied
291
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f804d180577a94e932c1b12/dibongkar-semuanya-oleh-orang-kadin-ketahuan-serikat-buruh-ikut-bahas-omnibus-law
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengungkapkan bahwa setidaknya ada enam konfederasi besar di bidang perburuhan yang ikut terlibat untuk membahas RUU Cipta Kerja (Omnibus Law Ciptaker) yang akhirnya disahkan DPR, Senin (5/10).
Lapor Hansip
09-10-2020 18:44

Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law

Past Hot Thread
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law


Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengungkapkan bahwa setidaknya ada enam konfederasi besar di bidang perburuhan yang ikut terlibat untuk membahas RUU Cipta Kerja (Omnibus Law Ciptaker) yang akhirnya disahkan DPR, Senin (5/10).

"Seingat saya ada enam konfederasi besar yang ikut membahas bersama kami pasal per pasal dari pagi sampai malam. Itu di bulan Juli," katanya, seperti dikutip, Detikcom, Jumat (9/10/2020). Baca Juga: Demo Omnibus Law Tumpah di Jakarta, PSBB Ketat Anies Bakal Berakhir Sia-sia

Lanjutnya, ia juga mengakui ada dua konfederasi besar yang mundur di tengah pembahasan yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pimpinan Said Iqbal dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) pimpinan Andi Gani Nena Wea.

Diketahui, kedua petinggi tersebut sudah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum RUU Omnibus Law Cipta Kerja disahkan DPR pada Senin 5 Oktober.

Dalam pernyataan resmi Kadin, para pengusaha meyakini UU Ciptaker akan membawa angin segar bagi dunia usaha lantaran memang sudah ditunggu-tunggu para pengusaha sejak lama.

Ia pun memberikan apresiasi kepada pemerintah dan DPR yang telah menyepakati pengesahan RUU Cipta Kerja untuk menjadi UU.

"UU tersebut mampu menjawab dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang menghambat peningkatan investasi dan membuka lapangan kerja, melalui penyederhanaan sistem birokrasi dan perizinan," ungkap dia dalam keterangan resmi, Senin (5/10).

"Juga kemudahan bagi pelaku usaha terutama UMKM, ekosistem investasi yang kondusif, hingga tercipta lapangan kerja yang semakin besar untuk menjawab kebutuhan angkatan kerja yang terus bertambah," katanya.

Lanjutnya, ia mengklaim dengan banyaknya investasi, maka lapangan perkerjaan akan semakin terbuka dan meluas.

Terlebih, dampak pandemi Covid-19, ekonomi ikut terdampak, termasuk penyediaan lapangan kerja. "Penciptaan lapangan kerja harus dilakukan, yakni dengan mendorong peningkatan investasi sebesar 6,6-7% untuk membangun usaha baru atau mengembangkan usaha eksisting, yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan konsumsi di kisaran 5,4-5,6%," ujarnya.

Menurutnya, ketika UU Cipta Kerja diterapkan maka akan meningkatkan daya saing Indonesia dan mendorong investasi masuk sehingga akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat yang akhirnya akan mempercepat pemulihan perekonomian nasional, apalagi di masa pandemi ini.

"Kejadian pandemi Covid-19 memberikan dampak kontraksi perekonomian dan dunia usaha yang sangat signifikan, RUU Cipta Kerja menjadi penting dan diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui program pemulihan dan transformasi ekonomi," katanya lagi.


SUMUR:
https://www.wartaekonomi.co.id/read3...as-omnibus-law

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryan Limanto dan 52 lainnya memberi reputasi
47
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 18:44
Wkwkww,
Dari sini keliatan kalo buruh sama mahasiswa yang ikut demo gobloknya to the max!

Pada betah amat ye di prank
emoticon-Ngakak (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 29 lainnya memberi reputasi
27 3
24
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 18:47
pada tanggung jawab itu petinggi buruh...jangan makan duit buruh doang...ganti rugi fasilitas umum yg di rusak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 37 lainnya memberi reputasi
37 1
36
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 19:01
mungkin uang demo lebih besar daripada uang duduk bahas omnibus law
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 15 lainnya memberi reputasi
14 2
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 19:06
Di berita yang diturunkan sama Tempo pada Jumat, 21 Agustus 2020 16:18 WIB. Antara DPR dan 16 perwakilan serikat buruh/serikat pekerja diberitakan sudah sepakat terkait klaster ketenagakerjaan dalam OL RUU Cipta Kerja. Kesepakatan tersebut dihasilkan dari pertemuan selama dua hari di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, pada 20-21 Agustus 2020.

16 perwakilan serikat pekerja/serikat buruh yang hadir dalam pertemuan saat itu:

1.Said Iqbal (KSPI)
2.Riden Hatam Azis (FSPMI)
3.Joko Heriono (SPN)
4.Mirah Sumirat (Aspek Indonesia) 5.Sunandar (FSP KEP KSPI)
6.Idris Idham (Farkes)
7.Hermanto Achmad (KSPSI)
8.Jinto (FSP TSK KSPSI)
9.R. Abdullah (FSP KEP KSPSI)
10.Ali Mansur (FSP RTMM)
11.Arif Minardi (FSP LEM KSPSI)
12.Indra Munaswar (FSPI)
13.Didi Supriadi (GURU)
14.Abdul Hakim (PPMI)
15.Tugino (FSP RTMM KSPSI)
16.Helmi Salim (FSP TSK KSPSI)

https://nasional.tempo.co/read/13780...uu-cipta-kerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 34 lainnya memberi reputasi
33 2
31
Lihat 67 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 67 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 19:25
dilema antara memberi insentif pengusaha agar tertarik mendirikan perusahaan (aturan pendirian perusahaan tidak terlalu merugikan pengusaha) atau meningkatkan kesejahteraan buruh/orang kecil tapi membuat pengusaha malas mendirikan perusahaan.

tidak mungkin memilih keduanya.

pengusaha malas mendirikan pabrik di indonesia kalau banyak aturan-aturan yang merugikan mereka, akhirnya lapangan-lapangan kerja pada dipindahin ke luar negeri yang aturannya lebih menguntungkan pengusaha:
https://kumparan.com/kumparanbisnis/...LbDkzERV2/full
Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 19:26
*Kepingin Tau Apa Itu OMNI BUS LAW*


Sabtu 14 December 2019

*Oleh : Dahlan Iskan*

Saya berdoa keras. Agar program Omnibus Law sukses. Agar Presiden Jokowi tidak hanya dikenang di bidang jalan tol --yang memang hebat itu.

Itulah konsolidasi terbesar di saat sulit melakukan ekspansi ekonomi. Yang memang lagi sulit.

Kata kuncinya: di saat tidak bisa melakukan ekspansi, lakukanlah konsolidasi.

Omnibus Law adalah konsolidasi besar-besaran.

Saya tahu program Omnibus Law itu berat sekali. Bahkan berani memulainya saja sudah hebat. Apalagi bisa melakukannya --dan siapa tahu sukses.

"Bus Omni" memang mengagetkan. Saat itu. Tahun 1820. Saat pertama kali dipakai di Paris. Kok ada kendaraan yang bisa dipakai mengangkut orang begitu banyak --pun dengan berbagai jenis barang milik penumpang. Apa saja bisa masuk. Semua bisa dimuat.

Paris pula yang pertama kali menggunakan istilah Omnibus. Bus jenis Omni.

Tapi baru menjadi istilah generik ketika dipakai di Amerika Latin. Di sana segala sesuatu yang bisa dimasuki apa saja disebut Omnibus.

Seorang yang sangat rakus makan disebut punya perut Omnibus.

Bus Omni lantas sangat populer. Itulah kendaraan besar "pengangkut berbagai jenis" keperluan.

Omnibus pun dipakai sebagai istilah generik. Apa pun yang bisa dipakai ramai-ramai disebut Omnibus.

Pun di bidang hukum.

Omnibus Law adalah satu paket hukum yang isinya berbagai jenis hukum.

Atau, satu UU yang di dalamnya melingkupi banyak UU terkait.

Maka UU seperti itu disebut Omnibus Law.

Misalnya UU Investasi. Yang, katakanlah, isinya sudah sangat bagus. Tapi bisa jadi UU Investasi itu sulit mencapai tujuan: meningkatkan modal masuk ke Indonesia.

Bisa saja investasi terhambat oleh UU yang lain. Misalnya UU Otonomi Daerah, UU Ketenagakerjaan, UU Lingkungan Hidup/Amdal, UU Bangunan/IMB. Dan banyak lagi.

Mengubah salah satu UU itu saja tidak menyelesaikan masalah. Bahkan bisa saja isinya bertabrakan lagi dengan UU lain.

Repotnya sama. Hasilnya tidak tuntas.

Maka dilakukanlah paket Omnibus Law. Semua UU yang terkait akan dijadikan satu. Akan diangkut dalam satu bus besar Omni: Omnibus Law.

Betapa besar pekerjaan itu. Betapa mendasarnya. Belum pernah yang seperti ini bisa dilakukan presiden siapa pun.

Di Amerika sudah lama pemerintah mengajukan paket RUU Omnibus Law: menyempurnakan banyak UU dalam satu payung.

Misalnya saat Amerika kesulitan mengatasi meningkatnya kriminalitas.

Saya bisa membayangkan betapa rumitnya pengajuan satu RUU Omnibus Law. Terutama menyusun RUU-nya.

Misalnya satu Omnibus Law itu akan diberi nama 'Cipta Lapangan Kerja'. Lebih dari 7 UU berada dalam satu bus itu. Total berisi lebih dari 1. 000 pasal.

Apalagi, saya dengar, pemerintah sekarang ini tidak hanya mengerjakan satu bus Omni.

Saya dengar pemerintah sedang menyiapkan pemberangkatan sekaligus 11 bus Omni.

Tiap bus akan ada namanya sendiri. Masing-masing bus mengangkut banyak UU terkait.

Dramatik.

Masing-masing bus punya sopir sendiri-sendiri --para Menko. Punya kernetnya sendiri --para menteri terkait. Punya ahli-ahli tekniknya sendiri --para Dirjen.

Juragan bus Omni tinggal memberi komando: kapan bus harus berangkat ke terminal.

Apakah harus berangkat satu persatu atau ke terminal ramai-ramai --konvoi 11 bus.

Kabarnya sang juragan bus, Presiden Jokowi, tegas: bus itu sudah harus tiba di terminal bulan depan.

Betapa banyak pekerjaan di kandang bus masing-masing sekarang ini. Betapa rumitnya menyingkronkan 1.000 pasal. Bisa jadi mereka tidak punya kesempatan libur akhir tahun. Apalagi jenis penumpang bus itu begitu beragam. Punya keinginan sendiri-sendiri. Ada yang ingin bawa kopi. Ada juga yang ingin bawa rendang. Bahkan ada yang tidak ingin berangkat --dengan alasan masuk angin.

Semua penumpang adalah jenis UU yang rewel-rewel.

Saya menunggu dengan berdebar: bus apa yang akan duluan berangkat ke terminal. Saya ingin memberikan handuk putih kepada Menko-nya. Untuk lap keringatnya yang berlelehan. Agar selamat sampai ke terminal.

Terminalnya ada di Senayan --di gedung yang atapnya seperti pantat wanita cantik sedang telungkup itu: DPR.

Masuk terminalnya mudah. Tinggal bayar karcis retribusi masuk terminal.

Tapi kita belum tahu: diapakan bus Omni itu di dalam terminal.

Saya juga tidak tahu apakah banyak preman di terminal itu.

Apakah preman-preman itu punya bos masing-masing: preman besar.

Misalnya preman khusus yang tugasnya mencopet penumpang. Yang menyedot bensin. Yang memalak sopir. Dan seterusnya.

Atau terminal itu sekarang sudah bersih dari preman. Sehingga bus Omni yang masuk ke situ segera diizinkan berangkat mengantar penumpang sesuai tujuan.

Koalisi besar di Senayan ternyata diperlukan. Agar ban bus Omni tidak digembosi di situ.

Bulan depan terminal itu akan sibuk sekali. Bayangkan: membahas satu UU saja ruwet. Apalagi ini akan membahas UU induk yang di dalamnya banyak UU bidang masing-masing.

Apalagi kalau 11 Omnibus Law benar-benar tiba di terminal dalam waktu berdekatan.

Periode kedua kepresidenan Jokowi ternyata benar-benar untuk membenahi hukum.

Dan membangun terminal.

*(Dahlan Iskan)*

https://www.disway.id/r/767/terminal-omni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryan Limanto dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:26
waktu ngebahas protes2 kyk kemarin ga?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:33
GW SIH BODO AMAT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:33
Yg atas enak yg bawah bekerja dan kepanasan emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:33
Nyimakemoticon-Cool
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:34
Serikat Buruh bisa aja salah, karena di awal udah ikut bahas, tapi ketika dari tengah hingga akhir, udah cabut gak ikutan lagi. Coba buktikan keikutsertaan Serikat buruh ketika pembahasan akhir!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:35
Boking tempat
profile-picture
profile-picture
ciebcyipit dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:35
Bagus juga tulisan dahlan
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:36
Yahh.. 😭😭😭😭 sekarang mereka kelimpungan ngerasain uang pesangon dikurangi
profile-picture
profile-picture
badass31 dan eyefirst2 memberi reputasi
1 1
0
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:37
Iya pas rapat yang dibahas apa tapi pas disahkan beda lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:39
Mereka mah sama aja kek dpr yg mengatas namakan rakyat. Tp kaga membela sama sekali.
Katanya malah ad yg bilang uud yg d bahas pendemo hoax.
Tp tidak diberi sangkalan dr berota hoax itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:41
Gimana gitu rasanya tercyduck, monggo silahkan klarifikasinya emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
konodioda dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:42
Ngikut bahas juga ya ternyata
emoticon-Traveller
0 0
0
Dibongkar Semuanya Oleh Orang Kadin, Ketahuan: Serikat Buruh Ikut Bahas Omnibus Law
09-10-2020 20:44
Pemerintah buka dialog terbuka apa susahnya si biar masyarakat gak simpang siur informasinya hadeehh emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Ketika Buruh Kembali Bergerak
untung-buntung-uu-cipta-kerja
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia