News
Batal
KATEGORI
link has been copied
292
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7d2f0e0577a92181695ee9/jokowi-heran-ri-tak-bisa-tiru-korporasi-tani-malaysia-spanyol
Di depan jajaran menteri, Jokowi menegaskan kalangan petani dan nelayan perlu didorong untuk berkelompok dalam jumlah besar seperti layaknya sebuah korporasi yang bisa bermanfaat.
Lapor Hansip
07-10-2020 09:59

Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol

Past Hot Thread
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan korporasi petani dan nelayan dalam mewujudkan transformasi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Di depan jajaran menteri, Jokowi menegaskan kalangan petani dan nelayan perlu didorong untuk berkelompok dalam jumlah besar seperti layaknya sebuah korporasi yang bisa bermanfaat.

"Sehingga memiliki economic scale, sehingga diperoleh skala ekonomi yang efisien yang bisa mempermudah petani dan nelayan dalam mengakses pembiayaan, mengakses informasi, mengakses teknologi," kata Jokowi, Selasa (6/10/2020).

Jokowi mengaku telah berbicara tentang hal ini sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, kepala negara tak memungkiri, sampai saat ini belum ada model korporasi yang bisa berjalan dengan optimal.

"Memang kita melihat kelompok petani dan nelayan, tapi belum terbangun sebuah model bisnis yang memiliki ekosistem yang bisa di link-an, yang disambungkan, mungkin dengan BUMN dan swasta besar," katanya.

Jokowi kemudian meminta jajarannya fokus membangun maksimal dua model bisnis koperasi petani atau nelayan di sebuah provinsi. Model tersebut diharapkan bisa menjadi contoh konkret bisnis seperti apa yang bermanfaat bagi para petani dan nelayan.

"Karena belajar dari pengalaman, saya yakin akan banyak kelompok tani dan nelayan lain yang mau mengkopi, mau meniru kalau melihat ada contoh korporasi petani dan nelayan yang dilihat berhasil dan bisa mensejahterakan," katanya.
Baca: Pak Jokowi, Bujet Bikin Vaksin & Food Estate Sama-sama Rp68 T


Jokowi kemudian meminta peran perusahaan pelat merah, sektor swasta untuk memberikan pendampingan kepada para petani dan nelayan hingga model bisnis yang dirancang berjalan dengan baik.

Namun, eks Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak tahu betul kenapa model bisnis untuk para petani dan nelayan tak pernah terselesaikan. Padahal, kata dia, hal tersebut telah diinstruksikan dan menteri bisa mengambil contoh dari negara lain.

"Saya sudah perintahkan sebelumnya beberapa tahun lalu untuk melihat Felda di Malaysia, untuk melihat koperasi sapi di Spanyol. Model-model bagus seperti itu sebenarnya gampang kita tiru. Tapi saya tidak tahu sampai sekarang tidak bisa kita bangun satu atau dua contohnya," kata Jokowi.

"Dibangun ekosistem proses bisnisnya, disambung dengan sistem perbankan, disambungkan dengan inovator teknologi, dibenahi manajemennya. Saya kira kalau ini dilakukan tentu saja intervensi pengolahan hasil panen, mulai packing, branding, sampai strategi pemasaran," lanjutnya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...laysia-spanyol

Kalau beliau saja heran apa lagi inyong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 42 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 12:32
birokrasi e mumet...
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 12:32
Sebenarnya pertanian Indonesia itu mampu jauh lebih hebat dari negara lain
Sember daya Indonesia melimpah ruah
Kita perlu saling berkomunikasi dan bekerjasama dengan pemerintah serta orang yang terkait, gunakan bahan yang TOP (bibit TOP, tanah TOP, pupuk TOP)


Dari ane seorang petani
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 12:39
Ga usah heran pak. Disini orangnya malas-malas semua. Jagonya cuma mengkritik. Apalagi netizen sini. Isinya toxic semua. Kalau kritik jago banget. Tapi kalau dikritik ga senang.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 12:51
hahahahhaa koplak .... kan elu presidennya ? kan elu yang pilih menterinya ? kan elu yang jalanin roda pemerintahannya ?

Walah kok malah heran dewe ????!!!
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 12:51
Ane jg heran
Kok ya ga segera action
emoticon-No Hope
Diubah oleh shast777
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 13:06
Kalo Presiden "HERAN" ,,,
artinya dia paham ga sih kinerja MENTERI2nya itu?

Lah terus kerjanya sebagai Presiden itu apa?

Kira2 ga mampu kasi ke yg mampu ajalah, STANDARD Presiden kedepan perlu dikaji ulang nih ,,,
Masa kayak gini cuma bisa "HERAN" ,,,

Jgn UDD aja yg direvisi, STANDARD orang2 di Pemerintahan revisi KERAS ,,,
Ga mau gw yg mimpin NEGARA dari atas sampe bawah org ga KOPENTEN ,,,

Ini NEGARA bukan MAINAN ,,,


CATET ,,,
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 13:15
Terkaget aku terheran heraan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
alter. dan buzzerp memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 13:33
Memang sudah menjadi tugas pemimpin negara dan jajarannya untuk membentuk warga negara nya supaya bisa menjadi sepertinyg di harapkan.meskipun tidak sama tapi setidaknya bisa mirip.
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 13:34
KOCAKKKKKKK NI PRESIDEN
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 13:36
saya jga heran, uu cacat kok jadi...
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 13:49
Lah sama pak saya juga heran emoticon-Bingung emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 14:10
kaget dan terheran memang sudah jadi ciri khas dari bapak ini.
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 14:16
Mungkin nih, krn pak presiden hanya dapet info yg ABS aja, mirip kasus traktor ditarik lagi abis seremoni.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 14:19
Pemerintah harus bikin templatenya dan bikin pilot project, tp jangan lama2. Kalo dah dapet model yg bagus bisa pelan2 diimplementasikan.
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 14:34
bapak aja heran apalagi kita paakkk
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 14:59
Ane lebih heran kenapa sampeyan bisa jadi presiden emoticon-Ngakak
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 15:12
Gak usah heran,
Karena ente Presidennya Jok emoticon-Big Grin
0 0
0
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 15:31
gimana mau mencapai economic of scale, lah masyarakat masih tradisional keras di sektor pertaniannya. kebanyakan tani di Indonesia itu kan subsiten. jarang yang benar benar berorientasi output.emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 15:36
Btw, presiden ga ada omongan apa2 soal demo buruh skrg? Heran.
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Heran RI tak Bisa Tiru Korporasi Tani Malaysia-Spanyol
08-10-2020 15:38
heran terus emoticon-Ngakak
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
1 0
1
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia