Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
81
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f70b2c010d295212b606512/cara-ane-menanam-cabai-merah-dengan-memanfaatkan-karung-bekas
Saat Pandemi seperti ini, di rumah saja memang akan memberikan rasa jenuh apabila tidak diisi sesuatu yang bermanfaat. Momen bercocok tanam sepertinya menjadi solusi tepat untuk mengisi kebosanan tersebut. Dalam hal ini ane punya ide yakni menanam cabai merah. Selain bahannya mudah didapatkan, terdapat bahan-bahan pendukung seperti tanah, sekam bakar dan pupuk kandang. Persiapan menanam semakin le
Lapor Hansip
27-09-2020 22:41

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

icon-verified-thread
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Saat Pandemi seperti ini, di rumah saja memang akan memberikan rasa jenuh apabila tidak diisi sesuatu yang bermanfaat. Momen bercocok tanam sepertinya menjadi solusi tepat untuk mengisi kebosanan tersebut. Dalam hal ini ane punya ide yakni menanam cabai merah. Selain bahannya mudah didapatkan, terdapat bahan-bahan pendukung seperti tanah, sekam bakar dan pupuk kandang. Persiapan menanam semakin lengkap karena ane juga bisa memanfaatkan karung bekas beras yang tertumpuk di dapur.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Tanpa perlu berlama-lama lagi ane mulai menggunakan karung/goni sebagai wadah untuk tempat menanam cabai merah. Halaman belakang rumah yang cukup luas dapat dimanfaatkan untuk menempati karung berisi tanaman cabai.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Sebagai langkah awal tentu saja ane menakar terlebih dahulu penggunaan media tanam dengan pupuk kandang dengan rasio 4:1. Percampuran keduanya kemudian ane tempatkan pada karung yang telah disediakan sebelumnya. Wadah berisi campuran media tanam dan pupuk kandang ini dimaksudkan sebagai tempat persemaian.

Bibit ane dapat dari beberapa sisa cabai merah tua yang tidak digunakan untuk memasak kemudian biji cabainya ane sebar ke tempat persemaian. Masing-masing biji tersebut ane bagi ke beberapa karung yang telah berisi campuran media tanam dan pupuk kandang di dalamnya.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Setelah semua biji cabai merah disebarkan pada setiap karung berisi media tanam. Maka butuh waktu sekitar 7 sampai 10 hari untuk melihat pertumbuhannya. Tempat menyemai dalam hal ini sekaligus menjadi tempat budidaya karena sudah diatur sedemikian rupa.

Namun apabila ane mendapati bibit yang tumbuh secara bergerombol maka akan dipisah atau dipindahkan ke polybagdengan berisi media tanam dan pupuk kandang.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Pada proses pemindahan tentu saja ane lakukan pencabutan secara perlahan agar tidak merusak akar bibit cabai merah. Sebagai tips untuk menjaga kondisi tanaman cabai mudatersebut tetap terjaga, ane membongkar tanah persemaian dengan media tanam masih tetap menempel pada akarnya. Pada polybag ane lubangi media tanam secukupnya untuk menjadi tempat budidaya berikutnya bagi tanaman cabai yang dipindahkan dari tempat persemaian. Sebagai catatan, proses pemindahan bibit cabai ini ane lakukan hanya terhadap tanaman dengan kondisi tumbuh yang bergerombol saja.

Setelah semua tanaman cabai berada di tempat/karung budidaya maka hal yang berikutnya perlu diperhatikan adalah proses penyiraman. Kegiatan ini ane lakukan dalam rentang waktu 3 hari sekali dengan tujuan agar tanah di dalam karung budidaya tetap gembur dan memadat.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Sekian cara ane menanam tanaman cabai merah yang saat ini sudah semakin besar daunnya dan berharap menghasilkan banyak cabai merah untuk keperluan bumbu dapur. Bagi agan dan sista (pembaca)sekalian tidak salah bila mengikuti cara yang ane lakukan tanpa harus keluar biaya besar untuk bercocok tanam.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Sumber:Dokumentasi Pribadi dan Aktivitas Ane Bercocok Tanam.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Diubah oleh theoneta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nanangbfg dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
03-10-2020 11:42
Mantap ya gan, karung bekas kebetulan di rumah ane banyak kok emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
04-10-2020 01:41
Ada karung bekas mah asyik atuh buat bercocok tanam, ga cuma cabai marah aja kok emoticon-Leh Uga
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
04-10-2020 03:38
Quote:Original Posted By theoneta
Namun apabila ane mendapati bibit yang tumbuh secara bergerombol maka akan dipisah atau dipindahkan ke polybag dengan berisi media tanam dan pupuk kandang.
Pada proses pemindahan tentu saja ane lakukan pencabutan secara perlahan agar tidak merusak akar bibit cabai merah. Sebagai tips untuk menjaga kondisi tanaman cabai mudatersebut tetap terjaga, ane membongkar tanah persemaian dengan media tanam masih tetap menempel pada akarnya.


Utk menghidari pembongkaran, bisa menggunakan polybag dari daun pisang

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Pada usia 21 hari sudah bisa ditanam langsung beserta polybagnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ljl dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
04-10-2020 09:26
Quote:Original Posted By apr
Utk menghidari pembongkaran, bisa menggunakan polybag dari daun pisang

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Pada usia 21 hari sudah bisa ditanam langsung beserta polybagnya.


Behh keren ini solusinya, jadi ane ada solusi lain, ga hanya andalkan polybag plastik aja, btw gan itu bikinan sendiri ya?

Ane ada lihat juga yg pakai sabut kelapa.
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
04-10-2020 09:39
Quote:Original Posted By apr
Utk menghidari pembongkaran, bisa menggunakan polybag dari daun pisang

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Pada usia 21 hari sudah bisa ditanam langsung beserta polybagnya.


Nah iya gan ane kebetulan harus pindah pindahin ke polybag, cuma ini pengetahuan baru buat ane yang tadinya sekedar nyobain menanam sekarang sudah paham tekniknya. emoticon-Shakehand2
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
05-10-2020 12:21
Tanaman pedas begini aku takut menanamnya emoticon-Takut soalnya ga tahu caranya emoticon-Ngacir2
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
05-10-2020 23:10
Sekarang gimana gan keadaan tanaman cabainya? Sudah mulai menunjukkan hasil kah? emoticon-Wow
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
06-10-2020 14:39
Ane cuma punya polybag gan, apa ga masalah nih? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
07-10-2020 13:12
Tanam cabai merah sih oke-oke aja, apalagi masa pandemi begini, cukuplah buat makan juga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
07-10-2020 23:58
Cabai merah enak nih buat sambal ekstra pedas, kalo beli takut mahal mending tanam sendiri deh emoticon-Malu (S)
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
08-10-2020 11:25
Perlahan tapi pasti menanam ini menjadi lebih seru kalau dilakukan dengan sepenuh hati emoticon-Malu (S)
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
08-10-2020 11:53
Ternyata ada gunanya juga bercocok tanam pakai karung bekas emoticon-Malu (S)
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
08-10-2020 19:07
Seru juga sih menanam dengan teknik seperti ini, ane pun mau tapi lahan kurang mendukung emoticon-Sorry
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
09-10-2020 17:21
Wahh seru beut ini bisa menanam pakai bahan yang mudah ditemukan emoticon-Jempol
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
10-10-2020 00:08
Cabai mana dulu nih, soalnya ada juga cabai yang nempel di gigi. emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
10-10-2020 00:44
TS nya rajin menanam nih, patut diapresiasi 👍👍
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
10-10-2020 06:00
Nice share
Ini bisa ditiru nih, yg mau nanem cabe dirumah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coloridos dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
12-10-2020 06:55
Ane juga deh ntar mau nunjukkin bahwa ane juga bisa jadi pedagang emoticon-Cool

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
12-10-2020 07:55
Quote:Original Posted By tanamu

AZSNAGAS


Ini Apaan sih kamu share beginian? emoticon-Cape d...
Diubah oleh QloveDith
0 0
0
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
13-10-2020 23:15
Cabai merah berapa sekilo ya? Kan enak tuh gratis kalo punya tanamannya sendiri emoticon-Wow
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Daun Naik Daun
daun-naik-daun
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia