Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7c2e63c8393a763425210c/karyawan-kontrak-seumur-hidup-siapa-yang-mau
Akhirnya suara ketukan palu terdengar di ruang sidang RUU cipta kerja pun sudah sah menjadi sebuah Undang-Undang. Banyak buruh merasa rugi bila ternyata undang-undang itu tidak menguntungkan. Dimana Pasal 59 dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sudah dihapus, pasal ini memberikan syarat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu atau yang biasa disebut dengan PKWT. Ok saya kutip sekilas isi d
Lapor Hansip
06-10-2020 15:44

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

icon-verified-thread


Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

Akhirnya suara ketukan palu terdengar di ruang sidang RUU cipta kerja pun sudah sah menjadi sebuah Undang-Undang. Banyak buruh merasa rugi bila ternyata undang-undang itu tidak menguntungkan.

Dimana Pasal 59 dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sudah dihapus, pasal ini memberikan syarat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu atau yang biasa disebut dengan PKWT.

Ok saya kutip sekilas isi dalam pasal tersebut,

Quote:

Di pasal tersebut, UU Ketenagakerjaan melindungi pekerja atau buruh yang bekerja di suatu perusahaan agar bisa diangkat menjadi karyawan tetap setelah bekerja dalam periode maksimal paling lama 2 tahun, dan diperpanjang 1 kali untuk 1 tahun ke depan.

sumber kutipan



Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

Simplenya gini, bila ada karyawan kontrak pertama 2 tahun, bisa dikontrak lagi selama setahun lalu perusahaan punya pilihan bila karyawan ini loyal, baik, dan smart, serta dedikasinya untuk lancarnya perusahaan juga baik maka karyawan tersebut tidak bisa lagi dikontrak namun harus diangkat sebagai karyawan tetap karena karyawan seperti ini yang dicari oleh perusahaan.

Tapi sekarang ketika hal itu dihapus, maka karyawan bisa dikontrak seumur hidup. Apakah akan menguntungkan perusahaan? Jelas iya, tapi kalau karyawan yang smart ia tidak akan mau berlama-lama di satu perusahaan.

Bisa menjadi impostor dalam dunia bisnis, simplenya gini kamu kerja di bagian produksi sabun cuci dan sebagainya. Berapa banyak perusahaan yang bergerak di bidang itu? Di arus bawah antar karyawan dari bagian produksi hingga sales bisa saja mengambil ilmu dari perusahaan tersebut lalu menikung dari belakang ketika kontrak mereka habis.

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

Bisa membuat produksi ala UMKM, berwirausaha mandiri atau mengajukan lamaran pekerjaan ke pihak kompetitor dengan besaran gaji yang lumayan dibandingkan perusahaan awal.

Sudah pasti akan ada persaingan tidak sehat dimana orang terbaik dari perusahaan akan mencari keuntungan untuk dirinya sendiri sebagai jaminan di hari tua. Tidak ada lagi loyalitas tanpa batas, karyawan akan berusaha mendalami ilmunya untuk dijual ke perusahaan lain yang bisa menggaji dirinya lebih tinggi. Bila perusahaan cerdas karyawan seperti ini akan di ikat menjadi karyawan tetap, namun terkadang perusahaan juga punya strategi tersendiri dalam memainkan kebijakan, bisa saja karyawan sebelum pinter luar dalam sudah putus kontrak, iya toh?

Tapi yang jadi masalah sekarang ini bagian produksi hampir seluruhnya di kuasai oleh teknologi robot, mesin-mesin canggih banyak digunakan oleh pabrik besar alhasil tenaga kerja yang diperlukan penyerapannya semakin berkurang.

Mungkin pabrik skala middle low yang masih membutuhkan tenaga buruh dalam jumlah banyak.

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?



Hampir 80% karyawan buruh kerjanya monoton, sekarang ini pekerjaan mereka dari hari ke hari ya hanya pencet-pencet tombol, memeriksa barang istilahnya quality control dan bagian angkat-angkat barang serta pengiriman yang masih dijalankan oleh manusia karena saat ini pekerjaan itu belum bisa dilakukan oleh robot. Namun karyawan seperti inilah yang menderita, karena skillnya memang tidak ada untuk dijual secara lebih ke perusahaan lain, kecuali di perusahaan yang serupa.

Ente mau lulusan sarjana pun kalau jadi buruh pabrik, ya akan belajar ulang mengenai pengoprasian alat di pabrik seperti mesin moulding, atau mesin jahit dan mesin-mesin pabrik lainnya.

Jadi karyawan yang bekerja seperti ini hidupnya akan pas-pasan untuk kebutuhan hidup, jangan berharap lebih pada perusahaan toh sekolah tinggi-tinggi banyak ilmu yang dipelajari tidak dipakai ketika menjadi seorang buruh, untuk itu sekolahlah yang pinter dan jadilah rakyat yang menumbangkan para cukong asing dengan mengembangkan produk dalam negeri, bukan melamar sebagai buruh.

Dengan adanya UU ini akan tercipta rasa tidak aman, hidup akan sangat kompetitif maka karyawan dituntut untuk hidup lebih mandiri untuk hari tua. Alhasil putaran keluar masuk karyawan dimasa depan akan cepat, ini yang dinamakan cipta kerja.

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

Lantas bagaimana menurutmu? Mau, menjadi karyawan kontrak seumur hidup? Atau ada yang salah dalam UU cipta kerja yang digagas oleh DPR?

Saya, c4punk see u next thread

emoticon-I Love Indonesia

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 20:12
Pusing bat liat berita ini terus terusan ada huhuhu sedihhhh
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 22:12
maksudnya kontrak seumur hidup di satu perusahaan? sepertinya itu bukan hal yg buruk juga, terlebih masyarakat ga sedikit masih menggunakan konsep 'cari aman' 'zona nyaman' 'yg penting ada pemasukan per bulan utk makan dan sekolah anak'
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 22:23
Yg pgn tetap jd karyawN tetap semangat berjuang untuk kesejahteraan
Tp tak ada salahnya mencoba jd wirausaha

Pengalaman sy
10th jd karyawan pabrik garmen gaji cukup buat makan, kontrakan, sandang tanpa bs menabung.

3 th jd wirausaha bukan sombong bs beli mobil butut n motor dari hasil nabung.
Secara financial sehatlah yg penting berani n nekat
profile-picture
profile-picture
knoopy dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 23:31
Undang-undang Cipta Budak
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 23:32
Quote:Original Posted By hyu81
Yg pgn tetap jd karyawN tetap semangat berjuang untuk kesejahteraan
Tp tak ada salahnya mencoba jd wirausaha

Pengalaman sy
10th jd karyawan pabrik garmen gaji cukup buat makan, kontrakan, sandang tanpa bs menabung.

3 th jd wirausaha bukan sombong bs beli mobil butut n motor dari hasil nabung.
Secara financial sehatlah yg penting berani n nekat


Jadi konten kreator saja. Mau kaskus, youtube, porhub. Asal ada niat dan usaha pasti bisa ngasilin duit
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 00:10
Quote:Original Posted By hyu81
AlipBata jd youtuber gajinya brp ya..


Syaratnya mesti punya adsense, total watch time 4000 jam, subscriber 1000. Baru bisa dimonetize.

Berikut penghitungannya.
1000 views/ $1 = kira-kira 13 ribu rupiah
10.000 views/ $10 = kira-kira 130 ribu rupiah
100.000 views/ $100 = kira-kira 1,3 juta rupiah
1.000.000 views/ $1000 = kira-kira13 juta rupiah
10.000.000 views/ $10,000 = kira-kira 130 juta rupiah
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan hyu81 memberi reputasi
2 0
2
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 02:13
Semenjak temen sekaligus babeh ane dikantor diphk, ane nggak pernah mau diangkat pegawai tetap. Selalu minta perpanjang kontrak,
Tujuannya biar ane selalu nggak nyaman tiap akhir bulan. Karena itu ane beberapa bulan ini ikut les online.. ketambah korona gini.. selesai kontrak ini mau freelance aja. Cepat atau lambat, dengan cara menyakitkan atau tidak semua akan berakhir resign. Jadi mumpung momentumnya pas. Mulai bikin usaha sendiri. Cape hati ngedein mimpi orang.
Diubah oleh avsel
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan knoopy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 02:42
Kalo aku sih lebih memilih stop jadi buruh, lalu perlahan menjadi content creator-investor-entrepreneur akhi ukhti
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 05:06
Apa jd suruhan orang seumur hidup..?
emoticon-Cool
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 05:31
Kalau hanya kontrak seumuran dari ceprot sampai berjenggot ya tidak mau itu gan. Lebih bagus membangun bisnis mandiri kalau begitu. Tapi memang kita prihatin dengan kondisi dikeluarkannya uu tersebut. Maka sudah waktunya perubahan besar terjadi.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 07:44
Nunggu buruh2 berdasi yg kerja digedung2 tinggi sadar kalo mereka juga bakal kena dampaknya hehe
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 09:15
Tapi gan klo kita ulet dan kerja beneran tiba-tiba, ada yang gak suka sama kita. Udah dah kontrak diputus tanpa sebab, auto mokat dah! Klo jadi kartapkan perusahaan gak bisa semena-mena! Atau ponakan manager mana mau masuk, nggak ada yang kosong
Diubah oleh prettycantika
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 09:40
cara mengakali omnibus law :

1. jadi PNS

2. pindah kewarganegaraan (nikah sama bule, kerja di luar negeri)

3. jadi orang berprestasi berpendidikan super tinggi (minimal S2) agar tidak mudah di gantikan org lain

jika ente bukan golongan ketiga opsi diatas, maka terima nasib aja, jadi orang kontrakan seumur hidup yg masa tua nya ngemis2 duit bulanan sama menantu. kalo taktik ente kek gitu, mending banyakin anak dari sekarang, jd bisa pnya banyak menantu yg bisa ente palakin ntar d masa tua.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 09:49
jadi @ts maunya apa? karyawan tetap gitu? kalo semua jadi karyawan tetap antrian yg ada di belakang, anak2 yg baru lulus sekolah piye? tunggu si karyawan tetap ini pensiun? 30 tahun lagi mereka baru pensiun, antrian lulusan sma makin panjang dong?

justru dg omnibus law ini antrian di perpendek, lo yg dah selesai kontrak dah punya pengalaman kerja, dah sono usaha sendiri, buka sendiri, kasih kesempatan yg lain

di tambah dg banyaknya kemudahan makin banyak investor masuk, makin banyak pintu tol utk antrian lulusan sma ini

jadi mau lo apa @ts
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 10:39
lebih baik kontrak darah dengan mbah malam ini juga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
07-10-2020 16:03
Kalo ane sih ngeliatnya sederhana aja gan, dari uu tersebut sebenarnya pilihan ada di buruh dan pengusaha itu sendiri.. Klo si buruh ga mau cuma jadi karyawan kontrak ya belajar lebih dan tambahin skill sebanyak mungkin, tunjukkin kalo mereka punya value yg layak untuk dipertahankan.. Perusahaan juga kalo ngeliat ada karyawan yg potensial dan punya nilai lebih juga pasti mikir buat naikin statusnya ke karyawan tetap ketimbang ngebiarin jadi karyawan kontrak yang rawan atau punya potensi pindah ke perusahaan pesaing...

Kalo si buruh ngerasa ga cocok dengan status karyawan kontrak ya pindah aja atau coba untuk jadi pengusaha aja, jangan dibawa bingung.. Pilihannya kan sederhana, kalo mau ya ambil, ga mau ya tinggalin, ga ada paksaan untuk milih..

Kecuali kalo memang si buruh pengennya kliatan status, jabatan, gaji naik, hidup aman dengan pola kerja yang monoton tanpa ada upaya untuk mengembangkan diri ya lain soal, malah bikin kliatan ga punya daya saing... emoticon-Smilie

Kalo mau maju dan mapan kudu berani keluar dari zona nyaman sih setau ane, berani bersaing dan dan ngembangin diri.. Smoga pada bisa mikir ksana... emoticon-Angkat Beer
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
09-10-2020 15:55
Namanya jadi karyawan itu selama bos nya suka sama kita bisa bertahan tapi kalo bosnya ganti sama masukin orang2 baru ya sama aja walaupun kartap tetep ajah dibikin gk betah akhirnya resign.
0 0
0
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
12-10-2020 10:53
Mau kontrak per bulan juga silahkan aja. Asal kerjaan ada terus, emang selama ini yg pada kerja karyawan tetap kah?
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia