• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pizza Dahulu Makanan Yang Merakyat, Aslinya Juga Bukan Dari Italia Loh!

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Pizza Dahulu Makanan Yang Merakyat, Aslinya Juga Bukan Dari Italia Loh!




Siapa yang suka makanan Italia? Pasti makanan khas mereka dikenal banyak orang terutama Pizza. Makanan gurih dan renyah dengan berbagai toping di dalamnya.

Eh, tapi kamu tahu ga sih! Kalau pizza itu dimasa lalu adalah makanan rakyat kecil karena bahan-bahannya mudah untuk di dapat.

Makanan ini dahulu familiar di Mesir dan Babel kuno. Karena bahan dasarnya yang mudah, maka banyak di konsumsi oleh semua masyarakat bahkan bisa dibilang adalah makanan kasta merakyat, bukan makanan yang biasa dihidangkan untuk raja di masa itu.



Bahkan menurut sejarah pizza dengan bahan dasar tepung gandum, ragi serta minyak zaitun dibuat menyerupai roti bundar dan tipis yang dinamakan plakuntos adalah makanan yang sering juga dibuat pada zaman Yunani kuno.

Ketika masa Romawi kuno roti pipih ini mulailah diberikan topping rempah, bisa dibilang ini adalah asal muasal dari pizza yang ada saat ini dinamakan focaccia.

Berjalannya waktu, roti pipih ini dibuat dengan rasa yang lebih nikmat dengan topping yang kaya rasa. Pertama kali yang membuat pizza yang terkenal adalah penjual roti asal Napoli yang bernama Raffaele Esposito, namun sejarawan menganggap roti pipih yang dibuat dengan toping seperti itu sudah dibuat oleh pedagang kaki lima di Napoli.





Berhubung Raffaele Esposito membuat pizza untuk Raja Italia Umberto I dan Ratu Margherita ditahun 1889, maka namanyalah yang dikenal sebagai pembuat pizza pertama kali disinilah roti pipih itu diberikan topping yang seperti saat ini kita rasakan yaitu dengan tomat segar, keju mozzarella, dan daun basil tentu saja hal itu menambah kaya rasa. Pizza dengan sajian topping seperti itu dinamakan pizza margherita, diambil dari nama sang Ratu.

Walau makanan ini sudah ada lama, tapi pizza memang berawal dari Napoli dan tentu saja saat ini Pizza pun berkembang menjadi banyak topping. Bahkan makanan inipun disukai oleh bangsa kolonial seperti di Australia dan Amerika, hingga masuk juga ke wilayah Asia dan Afrika.





Di Amerika sendiri pizza disajikan lebih banyak keju, bahkan menjadi populer disana dengan saus tomat dan menjadi makanan siap saji yang banyak dibeli oleh warga Amerika terutama di kota besar seperti New York.

Pizza pun sering digunakan dalam serial film jagoan Amerika seperti Spiderman dan Kura-Kura Ninja, di Indonesia sendiri Pizza menjadi makanan siap saji dengan kasta yang berbeda lebih diatas dengan Masakan Padang yang lebih merakyat apalagi ada yang dijual serba Rp 10.000 di banyak perumahan kecil, walau ada juga sih Restoran Padang dengan harga mewah dan harganya bisa bersaing dengan pizza di Indonesia.



Semoga informasi ini dapat berguna ya gan, sudah makan pizza hari ini? Atau lebih nikmat orek tempe gitu? Saya c4punk see u next thread.


emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








Diubah oleh c4punk1950... 03-10-2020 12:42
turkusuma
bedypop
tien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
5.6K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.