Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
157
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9e173edc06bd3b478b4567/cocooking-ga-cuma-ayam-singkong-geprek-pun-ane-cobain-aslinyalo
Ane adalah penikmat ayam geprek, walaupun masih terbilang baru ayam geprek sudah banyak peminatnya nih gan, bahkan di wilayah ane sendiri khususnya di Kota Bandung warung ayam geprek sudah banyak membuka usaha dimana-mana.
Lapor Hansip
16-09-2018 15:41

[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Yoo.. Agan dan Sista, terima kasih sudah mampir di thread ane yang sederhana sekaligus ikut meramaikan event COC Cooking yang sedang berlangsung tahun ini. Ane adalah penikmat ayam geprek, walaupun masih terbilang baru ayam geprek sudah banyak peminatnya nih gan, bahkan di wilayah ane sendiri khususnya di Kota Bandung warung ayam geprek sudah banyak membuka usaha dimana-mana. Nah karena ayam geprek sudah sering ane rasakan, ingin sesekali ane menikmati versi makanan geprek lainnya. Salah satunya adalah singkong geprek gan emoticon-Big Grin. Makanan sederhana dan mudah didapatkan bahan utamanya membuat ane jadi punya niat bikin sendiri singkong geprek dengan dipandu oleh sang belahan jiwa ane yang cantiknya gak pernah minus emoticon-Malu (S). Kemampuan ane memasak memang biasa saja, tapi namanya mencoba dan bahan sudah tersedia, ane tidak mau melewatkan kesempatan untuk merealisasikannya.


Quote:

Tahap awal yang ane lakukan adalah menyiapkan bahan utama dan bahan pendukung lainnya. Singkong yang sudah tersedia lalu ane kupas dan potong menjadi beberapa bagian sesuai keinginan, setelah dipotong, lalu singkong dicuci bersih. singkong 300 gram, bawang putih 2 siung, garam 1 sendok makan, haluskan, lalu beri air sedikit, letakkan di sebuah wadah dan aduk rata bersama singkong, diamkan selama 30 menit agar bahan-bahan yang sudah dihaluskan tadi meresap. Lalu panaskan minyak goreng secukupnya, goreng singkong, kira-kira 2/3 bagian singkong matang, angkat, lalu berlanjut untuk digeprek, ane pakai ujung ulekan a.k.a mata cobek emoticon-Big Grin. Selesai digeprek, goreng kembali singkong tersebut hingga matang, angkat, kemudian tiriskan. emoticon-Smilie


Eitt... Itu belum selesai ya gan.. masih ada sausnya nih untuk melengkapi hidangan singkong geprek. Saus yang ane hidangkan ini adalah versi ane sendiri ya gan, agan bebas kok mau bikin saus versinya agan. Cara membuat saus versi ane ini adalah dengan menghaluskan cabe rawit sesuai keinginan, ane cukup menggunakan 5 buah cabe rawit, lalu 1 siung bawang putih dan sedikit garam. Panaskan air sebanyak 50 ml. Tidak lupa 50 gram gula merah dicampur dengan cabe rawit yang sudah dihaluskan tadi lalu masukkan ke dalam air yang sedang dipanaskan. Setelah mendidih, angkat, saring agar residu pada gula merah tidak tercampur. Singkong geprek beserta sausnya siap di hidangkan.

Nah ini gan penampakannya... emoticon-Big Grin

[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo






Quote:

Tambahan: Lebih Ramai dengan Ayam Kunyit Pedas Ala Ane

[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo


Quote:

Sebelumnya ane sudah bilang kalau ane penikmat ayam geprek, makanya kali ini ane menambahkan menu baru selain singkong geprek yang sudah dibuat sebelumnya. Menu yang ane olah kali ini bukan ayam geprek walaupun bahan dasarnya juga membutuhkan daging ayam. Resep membuat Ayam Kunyit Pedas ala Ane, pertama-tama ane potong ayam menjadi beberapa bagian dengan tujuan agar daging cepat matang ketika dimasak, ane sediakan daging ayam berukuran sedang setengah ekor, dengan bobot sekitar 450 gram, setelah dibersihkan, rendam dengan air cucian beras atau air asam jawa (bukan dengan air cuci pakaian ya gan?) emoticon-Big Grin.Hal ini ane lakukan untuk mengurangi bau dan rasa amis daging ayam tersebut, rendam daging ayam tersebut sekitar 30 menit.

Bumbu yang dihaluskan:

  1. Cabe rawit sebanyak 21 buah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 ruas jari kunyit
  4. 1 ruas jari jahe
  5. 3 butir kemiri


Haluskan bahan-bahan di atas dengan garam dan gula secukupnya.
3 siung bawang merah diiris tipis, 1 buah serai dimemarkan, 2 buah tomat sedang diiris tipis.

Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bawang merah hingga menguning, lalu masukkan bumbu halus. Sengaja bawang merah yang ane tumis lebih dahulu agar bumbunya beraroma wangi dan sedap. Setelah itu, masukkan ayam yang sudah direndam tadi, tambahkan air sebanyak 500ml, panaskan dengan api sedang, aduk setiap beberapa saat. Biasanya untuk 450 gram daging ayam, ane membutuhkan waktu memasak sekitar 25 sampai 30 menit, bila sudah hampir matang, coba cicipi rasanya, jika rasa kuah atau daging ayamnya kurang sedap, dapat ditambahkan dengan kaldu blok atau kaldu bubuk. Jika sudah dipanaskan selama 30 menit atau lebih, masakan ayam pedas siap dihidangkan dan disantap tentunya
emoticon-Big Grin.




profile-picture
profile-picture
d0dittt dan ngejleb memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
28-09-2020 18:03
Resep sederhana nih ga perlu sulit untuk menyiapkannya emoticon-Wow
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
28-09-2020 22:42
Ayam geprek ini nikmat, tapi kalo singkong geprek ane belum tahu emoticon-Matabelo
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
29-09-2020 11:27
PAs banget makan beginian saat ane santai , mau donk dibikinin emoticon-Ngakak
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
29-09-2020 15:08
Sedaapnya gitu melihat singkong geprek agak berbeda dari ayam geprek nih emoticon-Malu
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
29-09-2020 17:06
Ga cuma ayam tapi singkong geprek pun pengen juga ane makannya, bagi donk gan TS? emoticon-Sorry
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
30-09-2020 00:02
Pintar masak mah enak aja, singkong geprek pun bisa jadi aja emoticon-Malu (S)
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
01-10-2020 00:07
Lain kali gan TS kalo bikin beginian ya ajak ane donk, masa makan sendiri aja? emoticon-Mewek
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
01-10-2020 14:21
Sedappnya singkong geprek, Ipin mau donk akak emoticon-Ngacir2
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
01-10-2020 22:30
hmm... aromanya singkong geprek jelas bikin nagih emoticon-Wow
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
02-10-2020 10:48
Makan siang singkong geprek enak juga nih, ada yang mau bayarin? emoticon-Ngakak
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
02-10-2020 22:21
Berbagi singkong geprek enak juga nih, ane mau donk gan sini emoticon-Malu (S)
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
03-10-2020 11:47
Singkong geprek nih enak juga kayaknya hampir sama kayak ayam geprek emoticon-Cool
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
04-10-2020 01:47
Lihat gambar singkongnya malah ane jadi ngiler nih, bagi donk gan TS emoticon-Malu (S)
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
05-10-2020 23:17
Ane kebetulan cuma tahu ayam geprek doank, singkong mah lewat emoticon-Ngakak
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
06-10-2020 14:46
Cooking seru nih, apalagi kalau tahu cara memasak singkong geprek. Mulai tanam singkong emoticon-Leh Uga nih.
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
07-10-2020 13:13
Singkong geprek enaknya asyik banget emoticon-Malu (S)
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
07-10-2020 23:57
SIngkong geprek seenak ayam geprek ga sih gan? Penasaran soalnya ane emoticon-Ngakak
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
10-10-2020 00:13
Pasti enak makan beginian, ngapain juga buang buang duit beli yang mahal emoticon-Ngacir2
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
12-10-2020 08:05
Salah satu makanan yang ane sendiri belum pernah nyobain apalagi bikin sendiri emoticon-Mewek
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
13-10-2020 23:10
Quote:Original Posted By tanamu
Terkena Imbasnya Story 2


[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo





makin jadi emoticon-Marah dan ini anak NL ngapa rusuh dimari sih? emoticon-Cape d...
Diubah oleh luna lovegood
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia